Sponsors Link

Sering Kencing di Cuaca Dingin : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Buang air kecil adalah mekanisme dari tubuh untuk mengeluarkan limbah sisa metabolisme. Proses Terbentuknya Urine atau air kencing itu sendiri diproduksi di organ ginjal yang lalu akan diteruskan menuju saluran kemih. Frekuensi kencing setiap orang tentu berbeda-beda tergantung kondisi fisik dan kesehatan dari masing-masing orang. Namun, mungkin hampir semua orang akan merasakan beser atau sering buang air kencing saat cuaca dingin. Mengapa hal itu terjadi? Berikut beberapa penjelasannya.

ads

Penyebab

Saat hawa dingin menerpa tubuh, memang akan terjadi perubahan pada tubuh. Ini adalah mekanisme tubuh untuk bertahan hidup atau beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Salah satunya adalah menjadi lebih sering buang air kecil. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhinya.

  1. Tekanan darah yang meningkat

Salah satu pengaruh cuaca dingin pada tubuh adalah menyebabkan tekanan darah meningkat. Tekanan darah ini meningkat terjadi akibat adanya pembatasan aliran darah pada tubuh, untuk mencegah pelepasan panas yang berlebihan. Dengan demikian tubuh diharapkan akan tetap merasakan panas.

Namun, karena tekanan darah yang meningkat ini, tubuh pun akan mengirimkan signal pada organ ginjal untuk melakukan proses produksi urine sehingga volume urine bisa menjadi meningkat, atau frekuensi buang air kecil yang menjadi meningkat. Anda pun akan mengalami sering kencing di cuaca dingin.

  1. Ketiakseimbangan kadar air tubuh

Saat suhu lingkungan turun, maka suhu tubuh mau tidak mau juga akan turun. Hal ini akan mengganggu fungsi protein pada tubuh, yaitu aquaporin. Protein aquaporin itu sendiri adalah protein yang bertugas untuk menjaga keseimbangan cairan di sel tubuh. Ketika suhu dingin, protein aquaporin itu akan menahan masuknya air ke sel tubuh.

Namun proses yang dilakukan oleh aquaporin itu direspon oleh tubuh sebagai tanda bahwa cairan dalam tubuh meningkat, sehingga perlu untuk dikeluarkan. Hal ini akan membuat ginjal dan saluran kemih bekerja untuk membuang kelebihan cairan sebagai urine. Maka Anda merasakan kondisi sering kencing di cuaca dingin tersebut.

  1. Hubungan ginjal dengan kulit

Penyebab selanjutnya adalah berkaitan dengan Hubungan Antara Ginjal dan Kulit sebagai sama-sama organ ekskresi. Saat cuaca dingin, aliran darah yang menuju kulit akan dibatasi. Pori-pori kulit akan menciut. Tujuannya adalah untuk mencegah pelepasan panas yang terlalu banyak dari tubuh, sehingga tubuh bisa menjaga kehangatan dari dalam. Akan tetapi, kondisi ini menyebabkan keringat tidak keluar.

Tidak keluarnya keringat ini menyebabkan tubuh merespon dengan menggantikan jalan keluar keringat menjadi mengeluarkan cairan dari sistem kemih manusia. Sehingga cairan di dalam ginjal dan saluran kemih akan lebih banyak saat cuaca sedang dingin, jika dibandingkan saat cuaca sedang panas dan tubuh bisa berkeringat.

Sponsors Link

  1. Sensor urgensi

Sensor urgensi merupakan sensor yang mendesak yang menyebabkan seseorang tidak bisa menahan air kencing. Namun kondisi ini sangat wajar saat kondisi dingin. [ada sebuah studi yang dilakukan di Whittington Hospital Londin, terdapat hasil yang menunjukkan bahwa cuaca yang dingin, kelelahan, air, dan juga kecemasan berlebihan, dapat meningkatkan risiko sensor urgensi tersebut.

  1. Otot kandung kemih lebih aktif

Studi lain mengatakan bahwa lingkungan atau cuaca yang dingin dapat mempengaruhi otot kandung kemih. Otot kandung kemih bisa menjadi lebih aktif dari biasanya, sehingga signal ingin buang air itu menjadi lebih sering terasa akibat Kandung Kemih Cepat Penuh. Bukan hal mustahil jika sering kencing di cuaca dingin akan terjadi.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Walau kondisi sering buang air kecil saat cuaca sedang dingin itu normal dan wajar, bahkan memang seperti itulah mekanisme tubuh beradaptasi dengan lingkungan sekitar, namun mungkin ada beberapa orang yang terganggu dengan kondisi tersebut. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi gejalanya.

  • Jaga kehangatan pada tubuh Anda.
  • Jika Anda merasa kedinginan yang sangat, bahkan hingga menggigil, ada baiknya melakukan gerakan-gerakan sederhana agar tubuh mendapatkan kehangatan.
  • Mengonsumsi makanan dan minuman hangat juga bisa membantu menghangatkan tubuh. Salah satu makanan yang direkomendasikan adalah makanan pedas. Makanan pedas mungkin akan membantu Anda memproduksi keringat, sehingga cairan tidak akan banyak yang dikeluarkan dari urine.
  • Hindari kafein. Walau minuman berkafein hangat sangat menggoda selera di cuaca yang sedang dingin, minuman berkafein justru akan menyebabkan Anda sering buang air kecil. Selain itu Pengaruh Kafein pada Ginjal juga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.
  • Jangan pernah menahan air kencing. Walau frekuensi buang air kecil meningkat di suhu dingin, tetaplah buang air kencing tepat pada waktuny, karena Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama juga dapat menyebabkan berbagai gangguan serius.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai sering kencing di cuaca dingin yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup