Sponsors Link

Sering Kencing dan Sakit Pinggang : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Ada berbagai penyakit yang menyebabkan banyak gejala pada tubuh. Salah satunya yang berhubungan dengan ginjal dan saluran kemih. Jika terjadi gangguan pada organ-organ di saluran kemih, seringkali akan muncul gejala yang berkaitan dengan urine, seperti sering kencing dan sakit pinggang. Maka sebaiknya Anda waspada jika mengalami gejala serupa, karena itu bisa menjadi indikasi Gejala Awal Penyakit Ginjal. Berikut ini ada beberapa kemungkinan penyakit yang bisa menyebabkan gejala sering buang air kecil disertai sakit pinggang.

ads

Penyebab

Beberapa penyakit yang bisa menjadi kemungkinan muncul gejala sakit pinggang yang disertai dengan sering kencing antara lain sebagai berikut.

  1. Infeksi saluran kemih

Penyakit Infeksi Saluran Kemih merupakan sebuah penyakit infeksi yang menyerang saluran kemih. Wanita lebih potensial untuk menderita penyakit ini daripada pria. Penyakin infeksi saluran kemih terjadi jika muncul peradangan di saluran kemih yang disebabkan oleh aktivitas bakteri. Berikut beberapa gejala yang mungkin terjadi.

  • sering kencing dan sakit pinggang
  • buang air kecil yang tidak tuntas
  • urine berwarna keruh
  • urine berbau

Jika Anda mengalami gejala di atas, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Walau infeksi saluran kemih bisa disembuhkan secara tuntas, akan tetapi penyakit ini juga berbahaya jika tidak segera diobati. Salah satunya bisa menyebabkan bakteri naik ke ginjal dan meradang di sana.

  1. Infeksi ginjal

Infeksi Ginjal juga merupakan sebuah penyakit yang bisa menyebabkan gejala sering kencing dan sakit pinggang. Penyakit ini adalah akibat infeksi saluran kemih jika tidak diobati secara tuntas. Penyebabnya adalah bakteri dari saluran kemih yang berhasil mencapai ginjal dan meradang di sana. Sehingga menyebabkan ginjal terinfeksi bakteri.

Gejala yang muncul juga tidak jauh berbeda dengan gejala pada infeksi saluran kemih. Namun seringkali disertai juga dengan demam, diare, kehilangan selera makan, mual dan muntah, serta selalu merasa kelelahan. Penyakit ini perlu untuk segera diatasi, mengingat ginjal adalah organ tubuh yang vital juga dan mempengaruhi metabolisme tubuh secara keseluruhan.

  1. Batu ginjal

Berbeda dengan infeksi ginjal, Penyakit Batu Ginjal lebih disebabkan pada keberadaan partikel batu ginjal yang menyumbat saluran kemih. Batu ginjal itu sendiri bisa terbentuk pada tubuh melalui endapan senyawa hasil metabolisme tubuh yang lama kelamaan akan mengeras dan mengkristal. Kebanyakan batu ginjal diderita oleh dorang dewasa.

Gejala dari batu ginjal ini sendiri berbeda-beda setiap penderita, tergantung dari ukuran batu ginjal itu sendiri. Jika ukuran batu ginjal masih kecil mungkin tidak ada gejala serius yang diderita. Akan tetapi jika ukuran batu ginjal sudah besar, gejala sering kencing dan sakit pinggang bisa terjadi. Selain itu, batu ginjal yang mengiritasi organ di dalam tubuh juga bisa menyebabkan pendarahan di dalam, sehingga menjadikan gejala kencing berdarah (hematuria).

Sponsors Link

  1. Batu kandung kemih

Penyakit lain yang mirip dengan batu ginjal dan menyebabkan gejala yang juga mirip adalah batu kandung kemih. Batu kandung kemih juga terbentuk dari endapan senyawa sisa metabolisme tubuh yang mengkristal dan mengeras. Kondisi ini akan menyebabkan saluran kemih tersumbat dan menyebabkan rasa sakit juga frekuensi buang air kecil yang terganggu, yaitu merasa Kandung Kemih Cepat Penuh namun ada rasa tidak nyaman saat buang air kecil.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Jika Anda mengalami gejala sering kencing dan sering juga merasakan sakit pinggang, jangan anggap remeh gejala tersebut, karena beberapa kemungkinan penyakit di atas terjadi kepada Anda. Berikut beberapa cara menanganinya yang perlu dilakukan.

  • Segera periksakan diri ke dokter. Ini sangat penting karena pemeriksaan fisik lengkap dengan tes darah dan juga tes urine memang perlu untuk dilakukan. Tujuannya tentu untuk mengetahui penyebab dari penyakit yang menyebabkan gejala tersebut.
  • Untuk mencegah perkembangbiakan bakteri di saluran kemih, mengonsumsi air putih secara cukup juga bisa dilakukan. Dengan demikian, bakteri akan luruh dan terbilas secara teratur bersamaan dengan keluarnya urine.
  • Beristirahatlah secara cukup dan tetap jaga asupan nutrisi setiap hari untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat akan mampu meningkatkan pertahanan tubuh dari bakteri.
  • Jangan menahan air kencing. Air kencing yang ditahan-tahan justru bisa menjadi ruang perkembangbiakan bakteri di saluran kemih.
  • Patuhi semua rekomendasi dokter.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai sering kencing dan sakit pinggang yang perlu diketahui. Segeralah berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah ini untuk mengetahui penyebab dan pengobatan yang tepat. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,