Sponsors Link

Sering Kencing Badan Lemas : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Buang air  kecil dan kondisi urine bisa menjadi indikator pertama bahwa di dalam tubuh sedang ada gangguan. Demikian pula dengan kondisi sering buang air kecil. Sering buang air kecil memang bisa menjadi kondisi yang wajar, seperti misalnya saat cuaca sedang dingin atau ketika terjadi pada ibu hamil. Akan tetapi, waspadalah jika kondisi sering kencing badan lemas terjadi. Karena itu bisa menjadi salah satu gejala awal dari beberapa jenis penyakit.

ads

Penyebab

Sering buang air kencing dalam dunia medis disebut dengan poliuri. Seseorang bisa dikatakan sedang mengalami poliuri jika kencing lebih dari 8 kali dalam sehari, atau air kencingnya melebihi 1 – 1,8 litre per hari. Poliuri itu sendiri bisa disebabkan oleh beberapa jenis penyakit. Apalagi yang disertai dengan badan terasa lemas. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang memiliki gejala badan lemas disertai dengan sering buang air kecil.

  1. Infeksi saluran kemih

Kemungkinan penyebab dari kondisi sering kencing badan lemas yang pertama dan sering terjadi adalah penyakit infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih merupakan penyakit infeksi yang sering kali disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri bisa masuk ke saluran kemih karena proses cebok saat buang air kecil dan besar yang tidak sempurna atau salah.

Namun infeksi saluran kemih ini juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti iritasi saat berhubungan seksual, iritasi karena batu ginjal, dan sebagainya. Gejala yang muncul bisa berupa sering buang air kencing, tubuh lemas, demam, muncul darah pada urine, dan mungkin juga Sering Kencing dan Sakit Pinggang. Sebaiknya segera periksakan ke dokter karena Infeksi Saluran Kemih Jika Tidak Diobati juga cukup berbahaya bagi kesehatan jangka panjang.

  1. Diabetes

Penyebab sering kencing badan lemas yang juga paling sering terjadi kedua selain infeksi saluran kemih adalah diabetes. Diabetes mungkin sudah sangat sering kita dengar. Penyakit ini ditandai dengan kadar gula pada darah yang terlalu tinggi. Gejala dari diabetes yang paling umum adalah sering buang air kecil. Selain itu penderita juga akan lebih cepat merasa kelelahan, sering merasa haus, sering merasa lapar, luka yang tidak kunjung sembuh, pandangan yang kabur, massa otot berkurang, dan sebagainya.

Diabetes yang menyebabkan gejala sering buang air kecil ini menjadikan tubuh akan terus menerus berusaha membersihkan glukosa yang berlebihan dalam darah. Hal itu memicu organ-organ di saluran kemih untuk bekerja lebih keras dari biasanya untuk menyaring darah. Sehingga urine yang dihasilkan juga akan lebih banyak daripada orang normal. Berhati-hatilah jika terkena diabetes, karena Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik juga sangat erat.

Sponsors Link

  1. Penyakit ginjal

Beberapa penyakit ginjal memang selalu menunjukkan gejala yang berkaitan dengan urine dan darah. Ada banyak penyakit ginjal yang menyebabkan perubahan pada urine dan menyebabkan anemia. Kesemua itu pada akhirnya akan meciptakan kondisi tubuh yang menderita sering kencing dan badan lemas. Beberapa penyakit ginjal yang bisa diderita seseorang dengan gejala di atas adalah batu ginjal, infeksi ginjal, bahkan Gagal Ginjal Kronis.

Demikianlah beberapa kemungkinan penyakit yang menyebabkan gejala sering kencing badan lemas.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Kondisi tersebut memang tidak nyaman. Apalagi jika muncul gejala lain seperti rasa sakit, demam, dan sebagainya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut.

  • Periksakan ke dokter. Tentu cara ini harus segera dilaksanakan. Lakukan pemeriksaan lanjutan mengenai gejala tersebut, seperti pemeriksaan fisik, tes urine, tes darah, dan sebagainya. Hal ini penting untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang sedang Anda derita.
  • Jangan menahan air kencing. Walau mungkin kondisi sering buang air kencing menyebabkan Anda malas untuk ke kamar mandi, namun sebaiknya jangan pernah untuk menahan buang air kencing. Karena Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama juga bisa menyebabkan berbagai penyakit di saluran kemih dan ginjal.
  • Jaga kebersihan organ intim. Hal ini juga penting. Karena kebanyakan penyebab infeksi saluran kemih adalah proses cebok yang salah atau kebersihan organ intim yang tidak dijaga dengan baik. Maka menjaga kebersihan sangat penting untuk dilakukan.
  • Hindari menggunakan pakaian dalam yang ketat. Ini juga perlu untuk dilakukan agar tidak menyebabkan iritasi pada organ intim. Sebaiknya gunakan celana dalam yang longgar dan teruat dari bahan yang berkualitas.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai sering kencing badan lemas yang perlu diketahui. Segera tanggap jika ada kondisi tidak nyaman pada tubuh. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,