Sponsors Link

6 Penyebab Sering Buang Air Kecil Malam Hari dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Jika dalam keadaan normal, manusia bisa tidur selama 6 hingga 8 jam tanpa harus bangun karena ingin buang air kecil. Akan tetapi jika sering buang air kecil malam hari sudah terjadi lebih dari 2 kali melebihi frekuensi buang air kecil normal, maka ini pertanda jika orang tersebut mengalami nokturia atau nocturnal polyuria yang berarti ingin buang air kecil ketika malam saat sedang tidur. Nokturia sebenarnya bukan tergolong dalam sebuah penyakit, namun kondisi ini dianggap sebagai gejala dari kondisi kesehatan tertentu yang mendasari. Untuk itulah penyebab sering buang air kecil malam hari sebaiknya diketahui dengan pasti mulai dari sekarang agar tindakan terbaik bisa dilakukan secepatnya.

ads

Segmen Nokturia

Penyebab ingin buang air kecil saat malam hari yang membuat seseorang sering terbangun untuk buang air kecil ini secara umum terbagi menjadi 3 segmen, yakni:

  • Segmen pertama: Gaya hidup yang tidak benar dan menjadi jenis paling ringan.
  • Segmen kedua: Karena efek samping dari mengkonsumsi beberapa jenis obat obatan.
  • Segmen ketiga: Bisa terjadi karena masalah kesehatan yang mendasari sering buang air kecil malam hari bisa terjadi.

Penyebab Nokturia

Sebenarnya, nokturia atau keinginan untuk buang air kecil ketika tidur malam hari bisa disebabkan karena banyak hal yang dibedakan dalam tiga segmen seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Agar lebih jelas, berikut akan kami berikan beberapa penyebab umum dari nokturia tersebut.

  1. Gaya Hidup

Salah satu penyebab sering buang air kecil dan haus ketika malam hari adalah karena kebiasaan yang sering dilakukan yakni minum cairan dalam jumlah berlebihan ketika akan tidur malam hari. Gaya hidup lain yang bisa menyebabkan nokturia adalah sering minum minuman yang mengandung kafein yang biasanya dikonsumsi malam hari untuk menghilangkan kantuk. Minuman berkafein tersebut mengandung diuretik yakni bisa meningkatkan produksi urin yang membuat seseorang memiliki kelebihan urin dalam kandung kemih. Untuk mengatasinya, anda hanya perlu menghindari minuman berkafein dan jangan minum terlalu banyak saat akan tidur.

  1. Pertambahan Usia

Seiring dengan pertambahan usia, maka kapasitas dari kandung kemih juga akan mengalami penurunan dan ciri ciri kandung kemih bermasalah bisa terjadi. Umumnya ini juga disertai dengan produksi hormon antidiuretik yang semakin berkurang dimana hormon tersebut bertugas untuk mengendalikan sekresi cairan pada organ ginjal. Selain itu, kemampuan otot kandung kemih juga akan semakin berkurang sehingga ini yang menyebabkan lansia sering buang air kecil ketika malam hari.

  1. Diabetes Militus

Diabetes militus atau DM adalah salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti sebab juga bisa menyebabkan sering buang air kecil ketika malam hari serta ada perbedaan urine normal dan diabetes. Ini bisa terjadi karena kadar gula tinggi penderita diabetes militus bersifat menarik air ke dalam urin. Inilah yang menyebabkan penderita DM lebih sering buang air kecil termasuk ketika sedang tidur. Untuk mengatasi hal ini, maka penderita diabetes militus harus menurunkan level gula darah hingga batas normal untuk mengurangi keinginan buang air kecil malam hari.

  1. Diabetes Insipidus

Diabetes insipidus adalah penyakit yang terjadi karena penurunan hormon antidiuretik yang bertugas untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga membuat kandung kemih cepat penuh. Dengan berkurangnya ADH tersebut, maka ginjal akan kesulitan dalam mengatur pengeluaran cairan dari urin sehingga produksi urin akan berlebihan dan penderita sering buang air kecil termasuk malam hari. 

Sponsors Link

  1. Efek Samping Obat Obatan

Beberapa jenis obat juga menjadi penyebab sering buang air kecil malam hari seperti jenis diuretik yakni Furosemid atau Hidrochlorotiazide yang biasanya dikonsumsi untuk mengatasi gagal ginjal kronis atau gagal jantung. Obat ini akan bekerja pada ginjal dengan cara meningkatkan pengeluaran natrium, air dan juga klorida sehingga produksi urin akan lebih banyak dari biasanya.

  1. Masa Kehamilan

Ketika wanita sedang dalam masa kehamilan, maka juga sering ingin buang air kecil saat malam hari atau disebut juga dengan kandung kemih overaktif. Pada saat rahim sudah mulai membesar, maka ini akan menekan beberapa organ yang ada disekitarnya termasuk juga kandung kemih. Tekanan tersebut yang kemudian membuat ibu hamil sering ingin buang air kecil termasuk pada malam hari.

Sponsors Link
>
, , ,