Sponsors Link

Sering Buang Air Kecil Jernih : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Air seni atau urine merupakan sebuah zat limbah dari sisa metabolisme yang memang harus dibuang dari tubuh. Proses Terbentuknya Urine pada tubuh dilakukan di sistem kemih yaitu ginjal yang akan diteruskan ke kandung kemih. Urine pada manusia seringkali bisa menunjukkan sesuatu kondisi pada tubuh. Maka, seringkali warna urine berubah-ubah. Kadang kuning bening, dan kadang kuning pekat. Kondisi sering buang air kecil jernih pun mungkin juga akan dialami oleh beberapa orang. Berikut beberapa penjelasan mengenai Hal ini.

ads

Penyebab Urine Jernih

Urine adalah hasil penyaringan dari darah di ginjal yang akan dibuang oleh tubuh. Warna Urine Sehat pada dasarnya adalah kuning. Namun warna urine kuning ini pun bisa jadi berbeda-beda. Ada yang kuning jernih dan ada yang pekat. Jika Anda mengalami gejala sering buang air kecil jernih, kemungkinan besar penyebabnya adalah bahwa Anda sudah cukup minum air. Atau dengan kata lain, kebutuhan cairan tubuh Anda sudah terpenuhi dengan baik.

Berbeda dengan Urine Berwarna Kuning pekat, yang mana itu menandakan bahwa kebutuhan cairan pada tubuh kurang dipenuhi dengan baik. Maka dari itu, sebenarnya tidak perlu ada yang dicemaskan jika hal ini terjadi kepada Anda. Karena semua itu adalah proses yang normal yang terjadi di ginjal dan metabolisme tubuh. Selama tubuh tetap sehat, tidak ada gejala lainnya seperti rasa sakit, rasa tidak nyaman, tubuh lemas, dan sebagainya, kondisi sering buang air kecil jernih adalah normal.

Penyebab Sering Buang Air Kecil

Perlu diketahui jika frekuensi buang air kecil pada manusia juga berbeda-beda, tergantung dari kondisi fisik masing-masing orang. Akan tetapi frekuensi buang air kecil yang normal adalah 4 sampai 8 kali dalam satu hari. Jadi jika Anda merasa sering buang air kecil jernih namun masih dalam batasan kurang lebih 4 – 8 kali, itu masih dalam batasan normal.

Jika Anda merasa sering sekali buang air kecil, bahkan mungkin lebih dari 10 kali dalam sehari, bisa jadi gak-gak di bawah ini penyebabnya.

  • Berada di lingkungan yang dingin. Seperti yang diketahui bahwa cuaca seringkali memang mempengaruhi kinerja metabolisme tubuh. Salah satunya adalah tubuh yang menjadi lebih sering buang air di cuaca yang sedang dingin. Dan ini adalah mekanisme yang wajar.
  • Kandung kemih hiperaktif. Beberapa orang memang mengalami hal ini, dimana otot pada kandung kemih lebih aktif dengan membuat kontraksi secara tiba-tiba sehingga penderitanya merasa sering buang air kecil jernih.
  • Perubahan hormon. Wanita akan lebih sering mengalami hal ini. Misalnya saat menstruasi atau saat kehamilan. Perubahan hormon dalam tubuh juga sering menyebabkan urine lebih banyak diproduksi sehingga wanita hamil akan lebih sering buang air kecil. Selain karena perubahan hormon, wanita hamil yang sering buang air kecil juga disebabkan oleh kandung kemih yang tertekan karena janin yang semakin berkembang.
  • Efek samping obat. Beberapa jenis obat juga bisa menyebabkan gejala sering buang air kecil. Dan bisa juga air kecil itu berwarna jernih karena penderitanya yang juga menjaga asupan air secara cukup setiap harinya. Beberapa obat yang bisa menyebabkan rasa sering buang air kecil adalah sejenis obat antihipertensi.
  • Penyakit. Beberapa penyakit juga bisa mengindikasikan gejala sering buang air. Beberapa penyakit yang dimaksud antara lain infeksi saluran kemih, Diabetes Insipidus, batu ginjal, pembesaran prostat, diabetes melitus, dan juga gangguan syaraf.
Sponsors Link

Kapan Harus ke Dokter?

Walau pada dasarnya sering buang air kecil jernih relatif tidak berbahaya, namun ada beberapa penyakit yang bisa menunjukkan gejala sering buang air. Sehingga Anda tetap perlu waspada dan memperhatikan kondisi kesehatan Anda. Segera hubungi dokter jika:

  • Urine semakin lama semakin pekat
  • Hematuria
  • Urine volumenya berkurang
  • Sakit kepala atau pusing
  • Mata berkunang-kunang
  • Demam
  • Muncul rasa tidak nyaman pada tubuh, misalnya sakit pada organ intim, punggung, atau perut bagian bawah
Sponsors Link

Cara Mengatasi

Jika keluhan dari kondisi sering buang air kecil jernih cukup mengganggu keseharian Anda, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Hubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, mulai dari pemeriksaan fisik, pemeriksaan urine, pemeriksaan darah, dan sebagainya. Jika memang ada penyakit pada tubuh Anda, dokter yang menangani akan lebih menjelaskan penyebabnya kepada Anda.
  • Jika penyebabnya adalah kandung kemih yang terlalu aktif, Anda bisa melakukan beberapa latihan untuk melatih otot kandung kemih, seperti melakukan senam kegel.
  • Hindari minuman keras, kafein, makanan pedas, dan makanan-makanan yang mengandung banyak.air. Namun tetap jaga asupan cairan tubuh Anda secara cukup yaitu 8 gelas per hari.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai sering buang air kecil jernih yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,