Sponsors Link

6 Sayuran untuk Penderita Ginjal Bocor Paling Sehat

Sponsors Link

Baik dalam keadaan sehat ataupun sakit, sayuran adalah sesuatu yang penting untuk tubuh kita. Pada umumnya, sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk tubuh kita karena mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti antioksidan, antiinflammasi, mineral dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, bahkan pada penderita ginjal pun diperbolehkan untuk memakan sayuran yang baik untuk kesehatan ginjal saat mengalami kebocoran atau sayuran untuk penderita ginjal, baik ginjal bocor dan lain sebagainya.

ads

Akan tetapi karena kondisi ginjal yang mengalami kebocoran, maka tentu saja tidak semua sayuran bisa dimakan oleh penderita ginjal. Beberapa sayuran seperti misalnya sayuran yang mengandung kadar potassium cukup tinggi sebaiknya dihindari karena dapat mengakibatkan meningkatnya risiko pembentukan batu ginjal, apalagi bila penderita telah memiliki riwayat ginjal bocor.

Atas beberapa alasan di atas itulah, kita harus mengetahui jenis-jenis sayuran yang enak dimakan sekaligus sehat dan ramah untuk ginjal yang mengalami kebocoran. Dengan demikian kita bisa memilih jenis-jenis sayuran apa saja yang bisa kita makan ketika menderita ginjal bocor untuk mempercepat penyembuhan ginjalmu yang mengalami kebocoran, atau ketika kita mengalami berbagai masalah ginjal yang lain. Mengetahui hal tersebut tidak kalah penting dari mengetahui penanganan batu ginjal, cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor, gejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria.

Apa saja sayuran untuk penderita ginjal yang baik? Berikut ini kita berikan beberapa jenis sayuran untuk penderita ginjal yang pada umumnya bisa dimakan oleh para penderita ginjal. Tentu saja konsultasi dengan dokter sebelum memakan sayuran-sayuran di bawah ini sangat disarankan. Jadi, apa saja sayuran bagi para penderita ginjal itu? Simak di bawah ini ya!

1. Bawang merah dan bawang putih

Dua jenis sayuran yang mungkin sangat sering digunakan sebagai bumbu banyak masakan khas Indonesia ini ternyata mengandung manfaat yang sangat banyak untuk tubuh kita. Dalam bawang merah dan bawang putih, terdapat senyawa flavonoid, antioksidan, quercetin yang dapat membantu mengurangi terjadinya berbagai jenis penyakit tubuh termasuk misalnya penyakit jantung. Selain itu, bawang merah dan bawang putih ini juga memiliki kalium yang rendah, sehingga sangat baik dan ramah untuk ginjal yang sedang mengalami gangguan kesehatan.

Selain memiliki manfaat di atas, bawang merah dan bawang putih juga di yakini dapat mencegah proses oksidasi darah yang berbahaya untuk tubuh. Pada dasarnya dapat kita simpulkan bahwa dua sayuran ini sangat baik untuk ginjalmu yang sedang mengalami masalah kebocoran.

2. Paprika merah

Sayuran yang baik untuk penderita ginjal bocor berikutnya adalah paprika merah. Paprika merah ini merupakan salah satu sayuran yang bisa membantu sistem tubuh dalam melawan berbagai macam penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuh kapan saja. Salah satu penyakit yang berbahaya dan dapat dibantu kesembuhan atau pencegahannya dengan mengonsumsi paprika merah secara rutin adalah penyakit ginjal dan juga beberapa jenis kanker seperti kanker payudara.

Sponsors Link

3. Brokoli

Sayuran berikutnya yang bisa dimakan oleh para penderita ginjal pada umumnya adalah sayuran brokoli. Sayuran ini memang termasuk satu di antara beberapa sayuran yang memiliki banyak khasiat atau manfaat untuk tubuh.

Warna hijau pada sayuran brokoli mengisyaratkan tingginya kandungan klorofil serta banyaknya jumlah vitamin dan mineral dari berbagai jenis. Para penderita ginjal atau orang pada umumnya akan terbantu kesehatan ginjalnya apabila mereka mengonsumsi sayuran brokoli dengan rutin.

Kita bisa memakannya mentah-mentah atau setelah diolah menjadi sayur tertentu. Akan tetapi perlu diperhatikan untuk tidak memberikan terlalu banyak garam ketika memasak brokoli menjadi sayur tertentu karena dapat memperberat kinerja ginjal dan sistem tubuh pada umumnya, sehingga malah menyebabkan kinerja tubuh menurun.

ads

4. Wortel

Pada umumnya, wortel dikenal sebagai salah satu sayuran yang mengandung kadar vitamin A cukup banyak. Selain mengandung vitamin A yang tinggi, wortel juga berkhasiat untuk mencegah hipertensi dan merupakan salah satu sayuran yang tepat untuk ginjal yang sedang mengalami kebocoran. Selain itu, wortel juga disebut mampu menurunkan risiko diabetes sehingga bagi orang yang mengonsumsi wortel secara rutin, besar kemungkinan risiko terkena diabetes juga semakin rendah.

Wortel dapat kamu konsumsi secara rutin dengan cara memakannya secara mentah-mentah atau bisa juga menjadikannya sebagai sebuah masakan seperti sayur sop. Ketika kamu memutuskan untuk memakan wortel dengan cara memasaknya memakai bumbu-bumbu tertentu, maka kamu harus memastikan bahwa bumbu-bumbu yang kamu gunakan untuk memasak sayur wortel itu bukanlah bumbu-bumbu yang berbahaya untuk ginjal seperti misalnya garam yang terlalu berlebihan.

5. Kembang kol

Sayuran untuk penderita penyakit ginjal bocor berikutnya adalah kembang kol. Sayuran ini lebih sering digunakan sebagai salah satu sayuran pelengkap dalam sayur tertentu, walaupun sebenarnya khasiatnya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Kembang kol memiliki banyak manfaat karena memiliki sifat antiinflammasi dan antioksidan sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dan oksidasi yang mungkin muncul di dalam tubuhmu. Dalam jangka panjang, konsumsi kembang kol secara rutin dapat membantu mengembalikan kesehatan organ-organ tertentu dalam tubuh yang mengalami kerusakan. Kandungan seratnya yang tinggi juga sangat baik untuk memerangi berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung.

6. Seledri

Sayuran yang satu ini mungkin telah sering dipakai sebagai bumbu atau penyedap di berbagai masakan yang kita makan. Paling sering kita menemui seledri adalah pada soto, bakso atau bubur ayam yang bisa dibeli di pinggir jalan. Selain itu, seledri juga bisa digunakan sebagai pelengkap berbagai jajanan pasar.

Pada dasarnya, seledri adalah salah satu sayuran yang banyak manfaatnya untuk tubuh kita, salah satunya adalah mampu menjaga kesehatan tubuh dan mampu membersihkan ginjal dari berbagai macam kotoran. Beberapa kandungan di dalam seledri cukup banyak dan beragam, seperti misalnya vitamin B1, vitamin B6, vitamin C dan lain sebagainya. Selain itu sayuran yang satu ini juga memiliki dapat berperan sebagai diuretik yang dapat membantu dalam menjerat atau mengumpulkan air dan racun sehingga meningkatkan jumlah produksi urine menjadi lebih banyak dan lebih mudah.

Itulah beberapa sayuran untuk penderita ginjal. Selain mengetahui jenis-jenis sayuran yang baik untuk penderita ginjal, kamu juga perlu mengetahui hal lain tentang penyakit ginjal yang bisa membantumu dalam mencegah atau mengatasi masalah ginjal. Apa saja yang perlu kamu ketahui? Berikut ini kita sampaikan beberapa informasi penting yang perlu kamu ketahui untuk menjaga ginjalmu.

Sponsors Link

Ciri-ciri atau Gejala Penyakit Ginjal

Hal lain yang perlu kamu ketahui pertama kali tentang ginjal adalah apa saja ciri-ciri atau gejala yang akan ditampakkan oleh penyakit yang menyerang organ yang satu ini ini. Beberapa ciri-ciri ginjal sakit bahkan bisa membantumu dengan baik untuk mencegah bertambah parahnya penyakit ginjal yang mungkin kamu derita. Lantas apa saja ciri-ciri atau gejala ginjal yang sakit tersebut? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Berkurangnya volume urine yang diproduksi oleh ginjal
  • Terjadinya infeksi karena adanya peradangan di daerah perut
  • Berkurangnya nafsu makan secara drastis
  • Munculnya busa pada air kencing
  • Terjadinya sesak nafas karena penimbunan cairan pada rongga tubuh yang ada di sekitar paru-paru
  • Pembengkakan pada lutut dan buah zakar pada pria
  • Tubuh terlihat menggelembung karena terjadi akumulasi cairan pada jaringan-jaringan tubuh
  • Terjadi proteinuria atau adanya protein di dalam urine

Penyebab Ginjal Sakit

Salah satu hal penting yang perlu kamu ketahui tentang ginjal adalah apa yang menyebabkan penyakit ginjal sehingga bisa menyerang ginjal kesayanganmu. Berikut ini adalah beberapa penyebab ginjal yang harus kamu hindari agar kamu bisa mengatasi permasalahan ginjal yang mungkin menyerangmu. Apa saja penyebab ginjal sakit yang bisa menyerang ginjal kita tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Terjangkit penyakit diabetes, baik pada anak-anak, orang dewasa, ataupun orang tua
  • Kurangnya asupan protein harian untuk tubuh
  • Terjangkit penyakit malaria, baik pada orang dewasa, anak-anak, ataupun orang tua
  • Kebiasaan atau kesalahan dalam mengonsumsi obat-obatan, yaitu mengonsumsi obat-obatan melebihi batas dosis yang wajar
  • Terjadinya perubahan pada sistem imun sehingga sistem imun menyerang bagian dalam ginjal
  • Terjadinya peradangan pada ginjal
  • Memakan makanan penyebab sakit ginjal
  • Kurang memakan makanan yang baik untuk ginjal

Itulah beberapa informasi tentang ginjal yang bisa kamu dapatkan dari artikel sayuran untuk penderita ginjal kali ini. Jangan lupa untuk selalu menerapkan cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal yang tepat agar kamu bisa menjaga kesehatan ginjalmu setiap waktu dan terhindar dari berbagai macam penyakit ginjal yang mungkin kamu alami.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran