Sponsors Link

10 Sayuran Untuk Penderita Batu Ginjal yang Dianjurkan

Sponsors Link

Sayuran merupakan makanan alami yang baik untuk kesehatan. Selain untuk menjaga tubuh tetap sehat, sayuran juga berperan dalam melawan penyakit. Salah satunya adalah penyakit batu ginjal. Penyakit batu ginjal muncul ketika batu yang terbentuk di dalam ginjal karena penggumpalan zat-zat yang tidak dapat disaring oleh ginjal menyumbat ureter. Adapun gejala awal penyakit batu ginjal yang sering terjadi diantaranya adalah rasa sakit ketika buang air kecil. Gejala batu ginjal pada wanita dapat berbeda dengan gejala batu ginjal pada pria. Meskipun berbeda, namun sayuran tetap dapat bermanfaat baik bagi pria dan wanita untuk mencegah, meredakan dan bahkan menyembuhkan penyakit batu ginjal.

ads

Sebagian besar sayuran memiliki jumlah kalori yang rendah. Sehingga mengkonsumsinya dapat membantu dalam mengendalikan berat badan agar dapat terhindar dari obesitas. Obesitas merupakan salah satu penyebab batu ginjal pada pria. Jika kita dapat menjaga berat badan ideal atau mengurangi berat badan berlebih maka resiko terkena penyakit batu ginjal dapat berkurang. Menurut penelitian dari universitas Maryland, meningkatkan asupan antioksidan dari sayur-sayuran juga berperan dalam mencegah dan meredakan gejala batu ginjal. Berikut adalah Sayuran Untuk Penderita Batu Ginjal yang perlu diketahui.

1. Kubis

Kubis merupakan sayuran yang umum ditemukan di Indonesia. Sayuran ini memiliki kandungan oksalat yang rendah. Oksalat sendiri adalah salah satu dari jenis-jenis batu ginjal. Mengkonsumsinya dapat mencegah pembentukan batu ginjal dari kalsium oksalat.

2. Timun

Sayuran Untuk Penderita Batu Ginjal lainya adalah timun. Timun merupakan salah satu dari banyak sayuran yang memiliki kandungan oksalat yang rendah. Idealnya kita tidak mengkonsumsi lebih dari 40-50 miligram oksalat per hari. Kandungan oksalat pada timun tidak banyak sehingga mampu mengurangi resiko pembentukan batu ginjal.

3. Kacang Polong

Serupa dengan timun dan kubis, kacang polong juga memiliki kandungan oksalat yang sangat rendah. Universitas Pittsburg berdasarkan penelitiannya merekomendasikan penderita batu ginjal untuk memilih mengkonsumsi sayuran yang kandungan oksalatnya tidak lebih dari 2 miligram per porsi. Kacang polong adalah salah satu sayuran yang memiliki kandungan oksalat dibawah 2 miligram.

4. Wortel

Meskipun kandungan oksalatnya tidak serendah kubis, kacang polong maupun timun, wortel juga termasuk Sayuran Untuk Penderita Batu Ginjal yang baik untuk dikonsumsi. Kandungan oksalatnya berada dalam kisaran 2 hingga 10 miligram per porsi yang masih dalam batas wajar.

5. Kacang Merah

Kacang merah dikenal sebagai sumber magnesium yang baik bagi kesehatan tubuh. Magnesium yang terkandung di dalamnya berperan dalam meredakan penyakit batu ginjal karena dapat melarutkan batu ginjal yang sudah terlanjut terbentuk.

Sponsors Link

6. Daun Seledri

Daun seledri dipercaya mampu membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsinya secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit batu ginjal.

7. Artichoke

Artichoke merupakan Sayuran Untuk Penderita Batu Ginjal lainnya yang baik untuk dikonsumsi. Tumbuhan yang memiliki nama latin Cynara cardunculus ini dapat dikonsumsi ketika masih menjadi tunas atau sebelum mekar. Arthicoke merupakan sayuran yang tinggi serat, sehingga mampu mengurangi resiko pembentukan batu ginjal.

8. Sawi Hijau

Sawi hijau merupakan sayuran tinggi serat lainnya. Sayuran yang tinggi serat dapat dikonsumsi sebagai alternatif atau pilihan lain untuk protein selain mengkonsumsi daging. Sehingga konsumsi daging dapat dikurangi. Kemungkinan terkena obesitas atau batu ginjal pun dapat berkurang.

9. Jelai

Tumbuhan yang memiliki nama latin Hordeum vulgare ini merupakan sejenis tumbuhan serealia. Jelai merupakan tumbuhan yang masuk ke dalam kategori padi-padian. Jelai adalah salah satu tumbuhan yang mengandung serat yang tidak dapat larut dalam air (insoluble fiber). Serat ini berguna untuk mengurangi kalsium di dalam urin.

10. Gandum Hitam

Selain jelai, gandum hitam juga memiliki kandungan serat tinggi yang tidak larut dalam air. Serat ini menyatu dengan kalsium di dalam usus. Sehingga kalsium keluar melalui feses dan bukannya urin. Pergerakan serat di dalam usus juga cepat. Sehingga kalsium tidak sempat terserap.

Adapun sayuran lainnya yang baik untuk penderita batu ginjal yaitu:

  • Brokoli
  • Selada romaine
  • Asparagus
  • Kembang kol
  • Bawang bombai
  • Labu
  • Paprika
  • Timun jepang
  • Jamur
Sponsors Link

Sayuran yang Perlu Dihindari

Tidak semua sayuran baik untuk batu ginjal. Ada juga sayuran-sayuran yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Biasanya karena kandungan oksalatnya yang tinggi, yaitu lebih dari 10 miligram per porsi. Sayuran-sayuran tersebut yaitu:

  • Bayam
  • Kedelai dan produk turunannya seperti tahu
  • Kentang
  • Lobak
  • Okra
  • Tomat terutama sausnya
  • Teh hitam
  • Soba

Itulah beberapa sayuran untuk penderita batu ginjal yang baik untuk dikonsumsi. Sebagian besar sayuran yang ada di daftar ini baik untuk dikonsumsi karena kandungan oksalatnya yang rendah. Sehingga baik untuk penderita batu ginjal. Karena sebagian besar kandungan batu ginjal adalah kalsium oksalat. Namun, tidak semua sayuran memiliki kandungan oksalat yang rendah. Ada juga sayuran yang memiliki kandungan oksalat lebih dari 10 miligram per porsi yang patut kita batasi pengkonsumsiannya.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran