Sponsors Link

11 Sayuran untuk Pembersih Ginjal yang Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Fungsi ginjal yang paling utama adalah menyaring darah dan membersihkan darah dari sisa-sisa metabolisme yang sudah tidak terpakai lagi. Jika ginjal sudah tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik lagi, maka itu adalah tanda awal ginjal bermasalah yang wajib diwaspadai. Jika ginjal tidak dirawat dengan baik, maka akan sangat rawan terkena berbagai macam penyakit ginjal seperti batu ginjal, infeksi ginjal, ginjal bengkak, dan yang paling parah adalah gagal ginjal yang terbagi menjadi 2 jenis yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.

ads

Perlu dilakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat sehingga tidak sampai terjadi penurunan pada fungsi ginjal. Salah satunya adalah dengan cara meringankan kerja ginjal. Seperti yang telah disebutkan, kerja ginjal yang paling utama adalah membersihkan darah dari sisa-sisa kotoran di dalam tubuh. Untuk itu, perlu mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal seperti berbagai macam sayuran pembersih ginjal. Apa saja jenis sayuran untuk pembersih ginjal yang baik untuk dikonsumsi?

1. Paprika merah

  • 1/2 cangkir paprika merah mengandung 1 mg sodium, 88 mg potassium, 10 mg fosfor

Paprika merah adalah sayuran dengan kandungan potassium rendah tapi kaya akan rasa. Namun bukan itu saja yang menjadi alasan mengapa sayuran ini baik untuk membersihkan ginjal. Sayuran ini adalah sumber vitamin C dan vitamin A, vitamin B6, folic acid, dan serat. Paprika merah juga baik untuk ginjal karena mengandung lycopene, yaitu zat anti oksidan yang mampu memerangi sel kanker.

Paprika merah dapat dikonsumsi sebagai makanan ringan atau sebagai bumbu penyedap makanan utama.

2. Kubis

  • 1/2 cangkir sayur kubis mengandung 6 mg sodium, 60 mg potassium, 9 mg fosfor

Sayur kubis kaya akan kandungan phytochemicals, yaitu senyawa kimia yang ada dalam buah dan sayur yang bisa memerangi radikal bebas agar tidak menyerang kesehatan tubuh. Kandungan phytochemicals juga diketahui mampu melindungi tubuh dari sel kanker dan gangguan pada jantung.

Sayuran ini mengandung banyak vitamin K, vitamin C, dan serat. Juga vitamin B6 dan folic acid. Selain ekonomis dan mudah didapat, kubis juga rendah akan kandungan potassium, yang menjadikannya makanan pembersih ginjal yang baik.

3. Kembang kol

  • 1/2 cangkir kembang kol kukus mengandung 9 mg sodium, 88 mg potassium, 20 mg fosfor

Berasal dari spesies yang sama dengan kubis, kembang kol kaya akan kandungan vitamin C dan merupakan sumber serat dan folat yang baik untuk tubuh. Sayuran ini juga sumber dari indoles, glucosinolates, dan thiocyanates, yakni senyawa kimia alami yang baik untuk memecah sel kanker, membantu membersihkan racun dari dalam tubuh yang bisa merusak sel membran dan DNA. Inilah mengapa sayuran kubis sangat baik dikonsumsi untuk membantu membersihkan ginjal.

Sponsors Link

4. Kale

Sayur yang berwarna hijau tua ini adalah sumber vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan ginjal. Kale kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, mineral, karotenoid, dan flavonoid. Tidak hanya baik untuk ginjal saja, sayur kale juga bisa meningkatkan kesehatan mata dan memiliki sifat anti kanker yang sangat baik.

Kale juga memiliki kandungan vitamin K yang tinggi, oleh karena itu buat Anda yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memakan sayur ini. 

ads

5. Bawang putih

  • 1 siung bawang putih mengandung 1 mg sodium, 12 mg potassium, 4 mg fosfor

Bawang putih adalah salah satu bumbu dasar yang harus ada di setiap makanan. Kandungan yang ada di dalam bawang putih di antaranya adalah sulfur yang menyebabkan baunya menyengat. Bawang putih kaya akan kandungan flavonoid, terutama quercetin, sebuah zat anti oksidan yang kuat dan mampu mengurangi resiko penyakit jantung serta melindungi tubuh dari banyak sel kanker.

Bawang putih rendah akan potassium dan tinggi akan kandungan kromium, yaitu sebuah mineral yang membantu mempercepat proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein sehingga membuat kerja ginjal menjadi jauh lebih ringan.

6. Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang tumbuh dengan baik di dataran tinggi. Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan berbagai macam cara, mulai dari diolah menjadi sup, dipanggang, atau diblender menjadi jus. Berbagai kandungan vitamin yang ada di dalam asparagus sangat baik untuk kesehatan ginjal. Misalnya vitamin B, asam folat, dan asam amino yang mampu merangsang ginjal untuk membuang zat sisa metabolisme tubuh secara maksimal. Kandungan lain adalah serat dalam asparagus yang mampu mengikat zat pemicu kanker.

7. Buncis

Sayur buncis adalah salah satu jenis sayuran yang sangat terkenal di Indonesia. Sayur ini biasanya menjadi campuran sop yang lezat. Dibalik bentuknya yang kecil, sayuran ini mempunyai segudang manfaat yang baik untuk kesehatan ginjal. Buncis menjadi salah satu sayuran untuk pembersih ginjal yang wajib dikonsumsi karena kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B11, vitamin K, vitamin C, dan serat alami. Kandungan lain dalam buncis adalah mangan, magnesium, potassium dan fosfor dalam jumlah minimal. Selain membantu meringankan kerja ginjal, sayur buncis juga baik untuk kesehatan jantung dan menstabilkan kadar gula dalam darah.

8. Seledri

Daun seledri adalah salah satu jenis makanan yang bisa membersihkan organ ginjal secara alami. Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam seledri di antaranya adalah vitamin A, B1, B2, B6, dan vitamin C. Juga ada kandungan potassium folat, magnesium, kalsium, zat besi, fosfor, natrium, asam amino esensial, dan serat.

Untuk dapat bekerja dengan maksimal, sebaiknya konsumsi seledri dengan cara di jus dan minum secara rutin. Seledri juga menjadi salah satu makanan pencuci ginjal yang wajib dikonsumsi.

9. Jamur

Jamur adalah salah satu sayuran lezat yang banyak digemari. Di dalam sayuran yang bentuknya mungil ini terdapat banyak kandungan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Berbagai kandungan yang ada di dalam jamur antara lain adalah vitamin B, vitamin C, vitamin D, selenium, dan serat pangan yang juga berfungsi untuk mencegah tumbuh kembang sel kanker di dalam tubuh. Terdapat beberapa jenis jamur yang baik untuk dikonsumsi. Misalnya adalah jamur shiitake, enoki, maitake, dan jamur tiram.

Sponsors Link

10. Brokoli

Sayur brokoli sangat baik sebagai makanan pencuci ginjal yang wajib dikonsumsi. Mengonsumsi sayur brokoli dapat menetralisir semua racun yang ada di dalam tubuh. Sayur ini mampu bekerja sebagai anti oksidan yang menjaga kesehatan tubuh. Kandungan di dalam sayur brokoli antara lain adalah vitamin C, serat, dan folat.

11. Biji labu kuning

Labu kuning atau labu siam adalah salah satu sumber makanan sehat untuk ginjal, terutama bagi seseorang yang menderita penyakit batu ginjal. Bagian yang paling baik dari sayur labu kuning adalah biji labunya. Biji labu bahkan bisa dijadikan camilan ringan yang sehat. Kandungan di dalam biji labu kuning di antaranya adalah vitamin E, asam folat, fosfor, magnesium, zat besi, mangan, tembaga, vitamin K, vitamin B6, thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotheat, dan tokoferol. Kombinasi berbagai nutrisi tersebut dapat menghindarkan tubuh dari serangan penyakit.

 

Itulah berbagai jenis sayuran untuk pembersih ginjal yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Ginjal adalah salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh. Jangan sampai ginjal bermasalah, karena ginjal yang bermasalah bisa menjadi tanda awal dari ginjal rusak. Jaga dengan baik ginjal Anda agar bisa menjalankan kerjanya dengan baik dan kesehatan tubuh pun tidak terganggu.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran