Sponsors Link

10 Sayuran Pembersih Ginjal yang Kotor Super Ampuh

Sponsors Link

Selain merupakan organ vital di dalam tubuh, ginjal juga merupakan organ yang tidak pernah berhenti bekerja. Peranan ginjal sangatlah penting yaitu dalam menyaring zat – zat racun yang tentunya berbahaya bagi tubuh, membuang kotoran dan menyaring senyawa garam. Tentunya akan membuat adanya meberapa masalah dan disfungsi ginjal karena ginjal tidak pernah beristirahat dan juga di tambah dengan seringnya mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

ads

Sama seperti halnya beberapa organ vital lainnya di tubuh, ginjal juga memiliki beberapa pantangan yang berupa makanan maupun minuman yang seharusnya tidak banyak di konsumsi agar tidak menyebabkan kerusakan ginjal. Jika telah terkena dampak maka seseorang pastinya mengetahui salah satu atau beberapa dari etiologi gagal ginjal. Dan dialisis, atau prosedur ccuci darah adalah salah satu metode penanganan gagal ginjal yang sudah lumayan parah. Metode ini terbilang cukup mahal dan makin lama akan membutuhkan penanganan yang lebih sering. Inilah mengapa penderita penyakit ginjal akan secara otomatis mencari berbagai alternatif, sepeti beberapa sayuran pembersih ginjal.

Karena sebenarnya banyak makanan pembersih ginjal yang bekerja secara alami dalam pembersihan ginjal dan juga tak kalah efektif dengan metode pengobatan medis. Walaupun memang pada tahapan yang lebih lanjut para pasien gagal ginjal akan tetap di haruskan untuk melakukan prosedur cuci darah rutin. Namun, tidak ada salahnya mencoba dan mencantumkan 10 nama sayuran pembersih ginjal berikut kedalam menu harian anda:

1. Seledri

Seledri merupakan salah satu sayuran yang sangat bermanfaat dalam pembersihan ginjal. Seledri sangat mudah di temukan di pasaran dan merupakan alternatif murah bagi penderita penyakit ginjal dalam membantu membersihkan ginjal yang mengalami disfungsi tersebut. Sebenarnya seledri bisa di masak dengan bahan makanan lain, menjadi lalapan mentah, di jadikan jus maupun diolah sendiri.

Jika anda ingin mendapatkan manfaat lebih maka sebaiknya mengolahnya tanpa campuran bahan masakan yang lain seperti berikut ini : Cuci seledri hingga bersih, kemudian lakukan pemotongan sledri menjadi bagian – bagian kecil dan rebus di dalam air lebih kurang selama 8 hingga 10 menit. Kemudian ambil airnya dengan cara menyaring kembali daun seledri. Anda bisa menggunakan minuman ini setiap hari 1 gelas secara teratur. Maka ramuan ini akan membantu membersihkan ginjal dengan cara mengeluarkan zat sisa dan racun melalui urin. Selain bagus untuk kesehatan ginjal, seledri juga bagus untuk pencegahan berbagai penyakit seperti alergi, hipertensi, xeroftalmia atau mata kering, batuk dan reumatik.

2. Peterseli

Petroselinum cripsum atau peterseli merupakan sejenis sayuran hijau yang kaya akan kandungan zat besi. Selain baik untuk pembersih ginjal perteseli ini juga sangat bagus untuk pengobatan beberpa sel – sel ganas kanker, seperti kanker payudara dan berbagai jenis tumor, agar tidak berkembang dan membunuhnya. Kandungan super yang di miliki oleh peterseli dapat menjadi sebuah senyawa yang bisa menjaga sistem tubuh yang sehat, membantu dalam menjaga pembuluh darah dan sangat efektif untuk pemeliharaan dan pengobatan jantung.

Sama halnya dengan seldri, menggunakan peterseli untuk kesehatan ginjal adalah dengan cara meminum air rebusannya setiap 1 gelas setiap harinya. Rutin meminum ramuan peterseli akan membantu dalam membuah racun, memlancarkan sekresi garam dan menjaga kesehatan ginjal.

Sponsors Link

3. Touge

Kecambah atau touge ini memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Selain merupakan sayuran yang sangat baik untuk menjaga fertilitas, ternyata tauge juga merupakan bahan dan sayuran alami yang berguna sebagai pembersih ginjal.Cara mengkonsumsi tauge pun tidaklah sulit. Anda bisa memakannya secara mentah dengan menjadikan cemilan, atau merebusnya sebentar. Tauge memiliki kandungan zat – zat yang befungsi sebagai pelindung kesehatan tubuh. Tauge juga bisa membantu detoksfikasi, menurunkan kadar lemak darah, pembersihan saluran ginjal dan melindungi ginjal dari kerusakan lebih lanjut.

ads

4. Paprika Merah

Paprika merah sangat di sarankan agar di konsumsi oleh penderita ginjal di bandingkan dengan jenis paprika lainnya. Paprika merah juga termasuk kedalam salah satu sayuran dan buah untuk batu ginjal yang di sarankan oleh banyak pakar ahli gizi. Karena pada penderita penyakit ginjal, mereka sangat di sarankan menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi, mengandung komponen yang berbahaya bagi ginjal seperti tinggi akan asupan garam atau gula dan makanan olahan yang akan menyebabkan adanya kerusakan lebih lanjut dan menggangu keoptimalan fungsi dari ginjal yang sudah mengalami berbagai kelainan tersebut.

Dibandingkan dengan paprika jenis lain, paprika merah adalah yang memiliki kadar kalium yang lebih rendah. Inilah mengapa paprika merah sangat baik untuk pembersihan ginjal, cara mengkonsumsinyapunsangatlah sederhana. Anda tinggal mengolah dan memasaknya dengan berbagai bahan makanan sehat lainnya menjadi menu masakan.

5. Brokoli

Siapa yang tidak kenal dengan sayuran hijau yang satu ini. Brokoli sangat bermanfaat dalam kesehatan dan pembersihan ginjal. Bahkan rutin mengkonsumsi brokoli akan menurunkan resiko terkena penyakit ginjal. Brokoli kaya akan serat, vitamin C dan folat. Brokoli sangat bermanfaat dalam menangani dan menetralisir berbagai bahan yang bersifat toksik di dalam tubuh. Cara mengkonsumsinya dengan menjadikan sayuran brokoli sebagai tumis, di ebus dan menjadikannya sebagai salad.

6. Terong

Sayuran lain yang sangat bermanfaat dalam pembersihan ginjal adalah terong. Terong adalah sayuran yang kaya akan kandungan fosfor, magnesium, potassium dan kalium. Ini merupakan sayuran yang efektif dalam menjaga kesehatan jantung dan ginjal. Penyajian sayuran terongpun tidaklah sulit. anda bisa mengolahnya menjaditerong bakar maupun di goreng dan menjadikannya sambal terong.

7. Labu Siam

Banyak manfaat kesehatan lainnya yang di miliki oleh labu siam selain sebagai pembersih ginjal, salah satunya adalah membantu dalam penanganan kasus batu ginjal. Batu ginjal dapat berkembang karena adanya pengkristalan yang dibiarkan hingga berkembang menjadi batu ginjal di dalam tubuh. Namun hal ini dapat di cegah dengan cara mengkonsumsi labu siam. Daun labu siam adalah obat yang ampuh untuk terapi hipertensi. Untuk proses pengolahannya cukup sederhanya yaitu dengan menpersiapkan labu siam secukupnya, rebus hingga air ebusan mendidih, kemudian minumlah air rebusan tersebut setiap hari 2 atau 3 gelas per harinya.

8. Lobak Putih

Lobak putih merupakan sayuran yang kaya akan kandungan potassium, asam askorbat dan asam folat. Ini merupakan jenis sayuran yang bisa membantu dalam mengahdapi batu ginjal. Kandungan dari pottassium yang di miliki oleh lobak putih ini berguna untuk pengeluaran kalium di dalam sekresi urine. Hal ini tentunya sangat berguna dan bermanfaat demi membantu fungsi ginjal dalam menjalankan tugasnya. Selain hal tersebut lobak putih juga kaya akan kandungan robivlafin,vitamin B6 dan magnesium. Cara mengkonsumsi lobak baik yang di anjurkan bagi penderita ginjal adalah dengan cara menjus lobak ini tanpa tambahan banyak gula.

Sponsors Link

9. Kubis

Kubis merupakan jenis sayuran sehat yang di anjurkan untuk para penderita penyakit ginjal. Sayuran kubis di yakini mampu dalam mebersihkan, memperbaiki dan menjaga kesehatan ginjal. Kubis sangat kaya akan kandungan vitamin C, kaya serat dan vitamin K. Selain menjaga kesehatan ginjal, kubis juga efektif dalam menjaga kesehatan dari sistem kardiovaskular. Agar efektig, kubis dapat di jadikan lalapan atau direbus dahulu sebelum di konsumsi.

10. Mentimun

Sayuran yang seringkali di jadikan lalapan ini sangat ampuh dan seringkali di jadikan sebagai makanan pembersih ginjal. Selain kemapuannya dalam membersihkan ginjal mentimun juga memiliki manfaat kesehatan lain seperti menurunkan kadar kolesterol, menjaga pencernaa, menghilangkan racun, melawan kanker, menjaga kesehatan gusi, oenghancur batu ginjal dan membantu menurunkan berat badan.

Mentimun juga merupakan sayuran yang mengandung mineral seperti kalium, zat besi, fosfor, provitamin A, vitamin V1, vitamin C dan kalsium. Cara mengkonsumsi mentimunpun sangatla mudah, bisan menjadikannya sebagai lalapan atau memotong mentimun dan menghaluskannya dengan blender dan menjadikannya sebagai jus.

Demikianlah 10 sayuran pembersih ginjal yang baik untuk dikonsumsi para penderita penyakit ginjal dan sebaiknya juga di iringi dengan berbagai minuman pembersih ginjal. Penanganan secara medis juga tentunya harus di iringi dengan konsumsi dan pola makan yang sehat agar ginjal tetap terjaga kesehatannya.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman