Sponsors Link

10 Sayuran untuk Ginjal Bocor (#Anjuran Untuk Dikonsumsi)

Sponsors Link

Sayuran adalah salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk tubuh kita. Secara umum banyak zat yang baik untuk tubuh, dari antioksidan, antiinflammasi, mineral dan lain sebagainya yang sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh manusia. Sayuran untuk ginjal bocor merupakan jenis sayuran yang sangat penting untuk dikonsumsi saat anda menderita ginjal bocor.

ads

Namun demikian, pada penderita ginjal bocor, tidak semua sayuran dapat dimakan. Beberapa makanan seperti makanan yang tinggi potassium sebaiknya dihindari karena dapat mengakibatkan peningkatan kadar batu ginjal dalam tubuh, terutama bila anda sudah menderita batu ginjal sebelumnya. Oleh karna itu, anda harus memilih jenis-jenis sayuran yang selain enak juga baik dan ramah untuk ginjal anda. Sehingga dengan memakan sayuran tersebut, anda juga akan sembuh dalam jangka waktu yang relatif sebentar.

Berikut ini beberapa sayuran untuk ginjal bocor yang cocok untuk dimakan oleh para penderita ginjal bocor. Dengan mengonsumsi sayuran di bawah ini maka kemungkinan besar ginjal bocor anda akan membaik.

Baca juga:

1. Seledri

Seledri adalah salah satu sayuran yang sering dipakai oleh banyak orang untuk bumbu atau penyedap di berbagai masakan yang kita makan. Biasanya, kita sering menemui seledri pada semangkuk soto yang kita beli di pinggir jalan. Selain itu, seledri juga dipakai untuk membuat masakan atau jajanan lain yang banyak di jual di pasar. Namun tahukah anda bahwa seledri mengandung khasiat yang baik untuk ginjal anda? Termasuk apabila anda sedang mengalami kebocoran ginjal?

Seledri merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat. Selain sebagai pelengkap masakan di dapur, anda juga dapat memanfaatkan seledri untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Di dalam seledri terkandung banyak manfaat lain seperti mampu membersihkan ginjal dari berbagai kotoran yang mengganggu kinerjanya. Kandungan yang ada di dalam seledri cukup banyak dan beragam, seperti vitamin B1, vitamin B6, vitamin C dan lain sebagainya. Selain itu seledari juga memiliki sifat diuretik yang dapat mengikat air dan racun sehingga membantu produksi urin lebih banyak.

2. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman obat yang sudah umum kita kenal dalam pengobatan tradisional. Selain untuk pengobatan, kunyit juga lazim dipakai dalam memasak sebagai penyedap masakan tertentu. Sayuran yang berwarna oranye kekuning-kuningan ini juga sering dibuat untuk jamu tradisional, yang biasa di minum oleh kakek dan nenek kita.

Sponsors Link

Kunyit mengandung senyawa yang bernama kurkuminoid. Senyawa kurkuminoid tersebut sangat baik untuk mengobati beragam penyakit. Selain kurkuminoid, di dalam kunyit juga terkandung fosfor, zat besi, kalsium, dan senyawa lain yang dapat membantu pembersihan organ ginjal anda. Selain itu kunyit juga dapat membantu proses pembersihan hati. Kunyit juga mampu membantu detoksifikasi ginjal sehingga mengurangi beban kerja ginjal. Manfaat lain yang tidak kalah penting adalah kunyit dapat membantu mencegah inflamasi sehingga membantu penyembuhan iritasi dan peradangan pada ginjal. Dengan demikian, apabila ginjal anda mengalami kebocoran dikarenakan iritasi pada bagian dinding ginjal, meminum kunyit akan membantu ginjal anda untuk sembuh dengan lebih cepat.

3. Jahe

Jahe adalah tanaman yang mengandung banyak khasiat. Pada umumnya, orang menggunakan jahe untuk menghangatkan badan dengan cara menyeduhnya pada air lalu meminum air tersebut. Jahe juga sering digunakan untuk penyedap rasa pada masakan, atau bahkan menjadi bumbu inti dari beberapa masakan tertentu. Khasiat jahe yang mampu menghangatkan badan inilah yang membuat dirinya menjadi tanaman favorit pada saat musim dingin atau musim penghujan untuk menghangatkan badan peminumnya.

Selain dapat menghangatkan badan, menyembuhkan masuk angin, dan beberapa penggunaan lainnya, jahe juga dapat membantu membuat ginjal lebih sehat dan bekerja lebih maksimal. Anda dapat memanfaatkan jahe dengan cara merebus satu ruas jahe kemudian meminum air rebusan tersebut bersamaan dengan gula batu murni atau gula jawa. Lebih baik anda tidak menggunakan gula pasir.

ads

4. Tauge

Tauge, atau biasa juga disebut dengan kecambah atau ganteng adalah salah satu sayuran yang banyak dipakai dalam masakan. Dimulai dari nasi pecel, oseng-oseng, sayur, dan lain sebagainya. Khasiat dari tauge memang salah satunya adalah menyehatkan badan.

Salah satu bentuk dari manfaat mengonsumsi tauge itu antara lain adalah tauge dapat membantu membersihkan ginjal serta menghindari pembentukan ginjal. Dengan demikian, apabila anda sedang menderita ginjal bocor, tauge akan membantu mengurangi tingkat racun yang ada di dalam ginjal anda serta membantu melawan batu ginjal bila di dalam ginjal anda teradpat bibit-bibit batu ginjal.

Bila anda tertarik untuk memakan tauge sebagai salah satu menu sayuran dalam diet batu ginjal anda, sebaiknya anda mengonsumsinya dalam keadaan mentah setelah anda dengan air bersih.

5. Kubis

Kubis adalah salah satu sayuran yang baik untuk ginjal. Secara umum, kubis mengandung vitamin C, B6, vitamin K, dan juga kalium. Dengan memakan kubis, keadaan ginjal anda dapat menjadi sehat dan juga terhindar dari berbagai bahaya lainnya. Namun patut diingat bahwa kandungan kalium dapat berakibat negatif pada ginjal anda bila anda mengonsumsinya terlalu banyak. Sebelum mengonsumsi kubis, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

6. Bawang merah dan bawang putih

Bumbu paling favorit untuk masakan apapun ini juga mengandung banyak khasiat untuk tubuh kita. Di dalam bawang merah dan bawang putih, banyak terdapat flavonoid, antioksidan, quercetin yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Bawnag merah dan bawang putih juga rendah kalium sehingga sangat baik untuk ginjal anda.

Kedua bawang ini di yakini dapat mencegah proses oksidasi darah. Di dalam bawang ini banyak zat flavonoid, quercetin dan antioksidan yang mana mengurangi resiko penyakit jantung dan juga sanga rendah akan kalium sehingga baik untuk ginjal.

7. Paprika merah

Paprika merah adalah salah satu jenis sayuran yang dapat membantu anda untuk melawan berbagai penyakit berbahaya yang bisa muncul di dalam tubuh anda. Antara lain, paprika merah dapat membantu meringankan penyakit ginjal serta mencegah kanker (seperti kanker payudara) untuk tumbuh.

8. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat. Warna hijaunya menunjukkan kandungan klorofil yang tinggi serta banyak vitamin dan mineral lainnya. Dengan memakan brokoli, ginjal anda dapat terbantu dengan cukup baik. Anda bisa memakannya dalam kondisi mentah atau dibuat sayur. Namun ingat, apabila anda membuat sayur jangan memberikan terlalu banyak garam yang bisa memperberat kinerja ginjal anda. Saat ginjal bocor anda dapat memanfaat brokoli untuk membantu menyembuhkan ginjal anda sembari meringankan beban kerjanya.

9. Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran dengan kadar vitamin A yang banyak. Selain itu, wortel juga mampu mencegah hipertensi serta merupakan salah satu sayuran yang tepat untuk para penderita ginjal bocor. Wortel juga mampu mengontrol diabetes sehingga ginjal yang sudah bocor tidak akan menjadi lebih parah karena potensi diabetes juga ikut berkurang.

Sponsors Link

Untuk mengonsumsi wortel, anda dapat melakukannya dengan cara memakannya secara mentah atau menjadikannya sebagai sebuah masakan dalam bumbu tertentu, seperti sayur sop misalnya. Namun demikian, harus anda sadari bahwa pemakaian bumbu-bumbu tertentu dalam membuat sayur dapat menyebabkan sayur itu buruk untuk ginjal, misalnya sayur yang mengandung terlalu banyak garam saat proses memasaknya.

10. Kembang kol

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang juga sering dibuat sebagia bahan masakan. Kembang kol sebenarnya merupakan sebuah sayuran yang memiliki sifat antiinflammasi dan antioksidan sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dan oksidasi. Pada jang panjang, hal itu akan berdampak pada kembalinya fungsi organ-organ tertentu yang mengalami kerusakan. Kandungan serat yang tinggi di dalamkembang kol juga baik untuk memerangi diabetes dan penyakit jantung.

Itulah 10 sayuran untuk ginjal bocor yang baik untuk anda konsumsi apabila anda menderita ginjal bocor. Penanganan yang lebih serius, seperti mengonsumsi obat dari dokter juga mungkin anda perlukan apabila kondisi ginjal bocor anda sudah semakin parah. Namnu demikian, secara umum anda dapat mengonsumsi 10 sayuran untuk ginjal bocor di atas. Selamat merawat kesehatan ginjal anda!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran