Sponsors Link

15 Sayur yang Aman untuk Penderita Batu Ginjal yang Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Nefrolitiasis atau yang sering di kenal dengan penyakit batu ginjal adalah sebuah kondisi dimana adanya endapan material yang menyerupai batu terdapat di dalam ginjal. Komponen material tersebut terbentuk dari zat – zat sisa di dalam darah yang di sekresi oleh ginjal di dalam tubuh. Sekresi dari zat sisa yang mengalami penumpukan ini lama kelamaan berubah dan mengkristal seiring dengan berjalannya waktu.

ads

Inilah mengapa anda harus mengetahui beberapa makanan yang menyebabkan batu ginjal. Pada umumnya penyakit ini banyak di temukan pada pria dibandingkan dengan jumlah kasus yang menyerang wanita. Biasanya penyakit ini menyerang dewasa muda berumur sekitar awal 30-an hingga 60 tahunan.

Batu ginjal, atau zat sisa yang mengendap dapat terbentuk akibat adanya beberapa penyakit yang menjadi faktor pemicu atau makanan yang mendasari terjadinya endapan zat yang mengkristal. Hal inilah yang mendasari kenapa ada makanan yang di hindari penderita batu ginjal. Batu ginjal sendiri memiliki beragam jenis. Jika ukuran batu ginjal yang di miliki masih relatif kecil, ini akan menyebabkan minim gejala bahkan batu ginjal tersebut dapat keluar dengan sendirinya melalui pembuangan urin.

Jika batu ginjal terbentuk lebih besar daripada ukuran saluran ureter, maka akan menimbulkan beberapa gejala. Karena iritasi maupun luka sanat mudah terjadi akibat gesekan dari batu ginjal dengan diding dari saluran ureter. Inilah penyebab terjadinya kencing darah. Batu ginjal juga bisa menyebabkan adanya infeksi dan pembengkakan akibat adanya batu ginjal yang menyangkut di dalam saluran pembuangan urin, uretra ataupun ureter.

Dan jika keadaan semakin parah biasanya akan di lakukan penanganan operasi, setelah penanganan ini berlangsung maka harus menghindari beberapa pantangan setelah operasi batu ginjal. Dan jika anda adalah salah seorang yang menderita penyakit batu ginjal, maka sebaiknya melakukan terapi diet dan memperhatikan beberapa menu makanan untuk penderita batu ginjal tersebut :

Sayur yang Aman untuk Penderita Batu Ginjal

1. Kubis

Selain baik untuk kesehatan ginjal kubis juga memilki beragam manfaat kesehatan yang lainnya seperti : memperlancar metabolisme, ini dikarenakan fungsi dari vitamin E yang di miliki oleh kubis. Vitamin E juga berperan sebagai perbaikan jaringan dan juga sel di dalam tubuh.

Zat atau senyawa glutamine yang dimiliki kubis dapat mengobati penyakit sariawan jika di konsumsi secara teratur. Kandungan beberapa mineral baik dan sulfur di dalam kubis juga berfungsi sebagai detoks untuk tubuh atau zat pembersih. Cara mengkonsumsi kubis bagi para penderita batu ginjal tidaklah sulit. Anda bisa meminum jus kubis tanpa gula atau rebusan kubis bersama masakan lainnya.

2. Wortel

Sayuran yang sering di kenal dalam manfaatnya untuk kesehatan mata ini juga sangat baik untuk kesehatan ginjal, mengkonsumsi wortel dapat menjaga ginjal dan akan otomatis mengurangi beban kerja dari ginjal anda. Tingkat keasaman yang terjadi di dalam organ tubuh dapat di turunkan dan di netralkan oleh wortel, karena wortel memiliki kandungan alkali yang tinggi.

Sponsors Link

Zat pektin yang terdapat di dalam wortel juga baik dalam mengurangi dan menurunkan kadar kolesterol jahat atau kadar LDL di dalam darah anda, sehingga berbagai penyakit yang berhubungan dengan kardivaskuler dapat di cegah. Cara mengolah wortel untuk pasien batu ginjal adalah dengan cara membuat jus wortel tanpa ada tambahan pemanis mauun gula.

3. Tomat

Tomat merupakan salah satu buah untuk batu ginjal yang baik untuk di konsumsi. Tomat memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tomat juga kaya akan anti oksidan yang akan berfungsi sebagai pembantu untuk membersihkan ginjal dan membuang zat sisa racun di dalam tubuh. Tomat mengandung senyawa flavonoid yang bisa menurunkan dan mencegah timbulnya batu ginjal sekaligus mengatur kadar protein di dalam tubuh. Cara mengkonsumsinya cukup dengan membuat jus tomat atau memakannya secara mentah.

ads

4. Temulawak

Temulawak adalah rempah yang bagus untuk kesehatan ginjal karena berfungsi sebagai penurun kolesterol, penetral racun dan penghilang nyeri sekaligus sebagai antibakteri dan antioksidan. Temulawak jika di iringi dengan pemakaian minyak atsiri sangat bagus untuk menaikkan produksi dari pankreas agar bisa membantu dalam mengurangi adanya pembengkakan jaringan. Anda hanya tinggal membersihkan dan merebus temulawak dan meminum air saringannya.

5. Bok Choy

Sayuran sejenis dari kubis – kubisan ini sangat kaya akan kandungan folat, vitamin A, vitamin C dan vitamin D. Bok choy adalah salah satu sayuran yang sangat bagus untuk kesehatan ginjal dan keseimbangan cairan, karena sayur bok choy memiliki kandungan kalsium yang banyak. Bok choy juga mengandung senyawa glucosinolates yang sangat bagus dan bisa mencegah kanker payudara dan kanker prostat. Bokchoy dapat di konsumsi dengan cara menumisnya.

6. Pare

Siapa yang tidak mengenal sayuran yang pahit satu ini? Walaupun rasanya mungkin kurang bersahabat dengan lidah kebanyakan orang, namun pare memiliki segudang manfaat kesehatan. Selain berfungsi membantu kinerja dan membersihkan ginjal, pare juga berfunsi untuk mengoptimalkan kinerja hati, limpa dan juga memiliki efek untuk penurun panas. Pare juga sagat baik untuk pengobatan disentri, susah buang air kecil dan juga peradangan di daerah selaput mata. Rebus dan minumlah airr saringan rebusan pare untuk mendapatkan khasiatnya.

7. Sweetener Stevia

Mungkin masih banyak orang yang tidak terlalu mengetahui tentang sayuran satu ini. Stevia merupakan sebuah tanaman yang memiliki daun hijau yang berasal dari dataran amerika selatan. Tumbuhan ini sebenarnya memang telah menjadi tanaman obat semnjak berabad yang lalu. Stevia merupakan bahan dasar pemanis alami selain tebu maupun aren. Senyawa yang di kandung di dalam sayuran ini sangat bermanfaat dalam mengatasi kerusakan ginjal. Anda cukup merebusnya dan meminum air saringannya.

8. Seledri

Siapa yang tidak mengenal seledri? Seledri merupakan bumbu dapur yang sering di gunakan dalam berbagai menu masakan. Daun seledri mengandung banyak sekali mafaat kesehatan, terutama dalam pembersihan dan menjaga kesehatan ginjal. Daun seledri memiliki kandungan asam amino, folat, vitaminC, B1, B2, B6, zat besi, fosfor, magnesium dan potassium. Senyawa – senyawa tersebut sangat aktif dalam memperbaiki ginjal dan mengatasi kerusakan jaringan.

9. Jamur

Jamur merupakan sayuran yang baik dan ramah bagi kesehatan ginjal. Beberapa penelitian menyatakan adanyanya hubungan konsumsi jamur dengan erbaikan kesehatan ginjal. Cara mengkonsumsinya cukup dengan menyayur jamur tersebut.

10. Bawang

Baik bawang putih, bawang merah dan bawang bombay merupakan sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Bawang juga merupakan anti radang dan anti inflamasi yang bagus di konsumsi. Bawang hanya perlu anda jadikan lalapun untuk mendapatkan khasiatnya.

11. Lobak 

Walaupun jenis lobak apalagi lobak putih masih kurang populer di kalangan masyarakat indonesia, namun, lobak merupakan salah satu sayur yang aman untuk penderita batu ginjal. Lobak putih ini memiliki fungsi sebagai penghancur dari batu ginjal yang terbentuk oleh endapan sekresi. Efektif untuk pencegahan infeksi ginjal dan memperbaiki peradangan di daerah saluran kemih. Caranya hanya dengan menumis lobak tersebut.

Sponsors Link

12. Kacang Merah

Sayuran berupa kacang merah ini sangat efektif dalam membantu proses detoksifikasi daerah ginjal. Sangat aman untuk penderita penyakit batu ginjal dan anda hanya perlu merebus dan meminum air saringannya rutin setiap harinya.

13. Kemangi

Kemangi merupakan sebuah pembesih di daerah ginjal yang dapat anda konsumsi dalam jangka waktu yang lama. Cobalah mengkonsumsi minuman jus kemangi yang dicampur dengan beberapa tetes madu untuk mengatasi masalah batu ginjal.

14. Kholrabi

Sayuran bewarna ungu dan merah yang menyerupai lobak ini juga merupakan sayuran yang baik untuk oenderita batu ginjal. Dimana pengolahannya cukup dengan meminum air rebusan yang telah di saring.

15. Koshiabura

Sayuran yang menyerupai daun singkong ini memiliki fungsi baik dan merupakan sayur yang aman untuk penderita batu ginjal. Termasuk kedalam jenis sayuran gunung, dan baik untuk kelancaran sistem pencernaan dan juga kaya akan anti oksidan. Cara mengkonsumsinyapun cukup mudah yaitu dengan menumis daun koshiabura tersebut.

Demikianlah 15 sayur yang aman untuk penderita batu ginjal yang bisa anda jadikan pedoman dalam mengatasi dan penanganan penyakit batu ginjal.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman