Sponsors Link

Benarkah Sakit Ginjal tidak Boleh Makan Pisang ? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Orang dengan penyakit ginjal tentunya perlu melakukan beberapa perubahan dalam hidupnya sebagai Cara Mengatasi Penyakit Ginjal agar bisa meringankan gejala yang muncul. Salah satunya dengan menjaga pola makan menjadi pola makan yang sesuai. Diet pada Gagal Ginjal ditentukan pada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi dan makanan yang perlu dihindari. Salah satu makanan yang sering dihindari adalah pisang.

ads

Benarkah orang yang sakit ginjal tidak boleh makan pisang? Berikut beberapa penjelasannya.

Pisang dan Penyakit Ginjal

Pada dasarnya orang yang sakit ginjal memang perlu menjaga asupan makanannya. Namun setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda satu sama lain. Sehingga melarang atau merekomendasikan makanan tertentu harus ditetapkan oleh dokter yang benar-benar mengetahui permasalahan dan kondisi masing-masing pasien. Jika ada yang mengatakan orang yang sakit ginjal tidak boleh makan pisang, maka hal ini perlu ditanyakan atau didiskusikan lagi dengan dokter yang lebih mengetahui penyakit pasien.

Pisang Kaya Potasium / Kalium

Pendapat bahwa orang yang sakit ginjal tidak boleh makan pisang muncul dari kandungan di dalam buah pisang itu sendiri. Seperti yang diketahui bersama, pisang adalah buah yang kaya akan potasium atau kalium. Potasium atau kalium pada pisang sebenarnya penting bagi kesehatan tubuh karena berfungsi untuk mengatur denyut jantung yang normal, menjaga keseimbangan elektrolit, pH, dan cairan tubuh.

Sedangkan organ yang berfungsi mengatur kadar potasium adalah ginjal. Sehingga tinggi atau rendahnya kadar potasium dalam tubuh memang akan berhubungan dengan organ ginjal. Jika ginjal sedang terganggu, bisa jadi seseorang memiliki kecenderungan kadar potasium yang tinggi, atau justru sebaliknya. Sedangkan jika kadar potasium dalam darah terlalu tinggi dan terlalu rendah, akan berbahaya bagi tubuh.

Kadar potasium dalam darah yang normal adalah 3,5 dan 5,5 mEq/L. Sementara itu, beberapa pasien penyakit ginjal memiliki kadar potasium atau kalium yang tinggi dalam darah. Jika sudah tinggi, tentu saja konsumsi pisang tidak direkomendasikan dan pisang sebaiknya dihindari.

Namun, tidak semua penderita ginjal memiliki masalah dengan potasium atau kalium. Sehingga larangan makan pisang tidak bisa dipukul rata kepada setiap penderita sakit ginjal. Masing-masing perlu diketahui dari pemeriksaan yang akurat dan rekomendasi dari dokter yang bersangkutan.

Tips

Pendapat bahwa mengonsumsi pisang dilarang bagi orang yang sakit ginjal memang ada benarnya, namun tidak semua penderita ginjal memiliki kecenderungan yang sama. Sehingga berikut beberapa tips bagi penderita ginjal.

Sponsors Link

  • Periksakan diri ke doter secara lebih menyeluruh agar mengetahui kecenderungan gejala sakit ginjal yang Anda derita.
  • Konsultasikan juga dengan dokter mengenai jenis makanan apa saja yang sebaiknya dihindari dari hasil pemeriksaan tersebut. Jika dokter memang merekomendasikan untuk tidak makan pisang, maka sebaiknya memang jangan makan pisang.
  • Perhatikan Pantangan Makanan Penderita Ginjal yang diberikan oleh dokter tersebut dan tetap lakukan pengobatan sesuai dengan yang direkomendasikan dokter.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai apakah orang yang sakit ginjal tidak boleh makan pisang? Ketahui juga beberapa Ciri Ciri Sakit Ginjal Awal agar bisa lebih waspada dengan kondisi tubuh. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan