Sponsors Link

Sakit Ginjal Boleh Minum Kopi ? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk organ ekskresi. Dimana limbah dari tubuh akan dibuang bersama urine. Limbah tersebut berasal dari proses metabolisme tubuh, yaitu yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Orang yang sakit ginjal akan mengalami gangguan sistem ekskresi tersebut. Dimana Proses Terbentuknya Urine tidak lagi akan berjalan lancar. Sehingga ada banyak limbah di dalam tubuh yang tidak bisa dikeluarkan dengan semestinya.

ads

Hal tersebut membuat penderita Penyakit Ginjal perlu untuk mengatur pola makan agar penumpukan limbah tidak semakin parah dan mempengaruhi fungsi ginjal. Namun mungkin ada beberapa orang yang bertanya apakah orang yang sakit ginjal boleh minum kopi? Berikut jawabannya.

  1. Gagal ginjal perlu membatasi asupan cairan

Hal pertama yang perlu diketahui mengenai gagal ginjal adalah bahwa pasien gagal ginjal sebaiknya tidak minum banyak cairan. Mengapa Gagal Ginjal Tidak Boleh Banyak Minum? Karena jika konsumsi cairan bertambah secara berlebihan sementara pembuangan urine tidak lancar, hal ini akan membuat tubuh semakin kelebihan cairan.

Sehingga salah satu teori non medikamentosa atau terapi non obat dengan orang memiliki masalah ginjal seperti ini bisa membantu meredakan gejala. Setidaknya, bisa membantu mengontrol kadar cairan yang ada di tubuh dan hal ini akan menurunkan beban kerja ginjal itu sendiri.

Maka dari itu, aturan pembatasan cairan pada tubuh pasien gagal ginjal perlu diberlakukan sesuai dengan yang direkomendasikan dokter. Termasuk kopi. Pembatasan kopi perlu dilakukan karena kopi juga termasuk cairan dan bisa menyumbang kadar cairan pada tubuh.

  1. Berkaitan dengan kafein

Pertanyaan apakah sakit ginjal boleh minum kopi perlu dikaji juga berdasarkan Pengaruh Kafein pada Ginjal. Perlu diketahui bahwa kafein juga memiliki manfaat jika dikonsumsi pada kadar yang sesuai. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, kafein bisa menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh. Terutama pada orang yang sebelumnya sudah memiliki gangguan ginjal.

Kafein pada kopi dikhawatirkan bisa menjadikan Fisiologi Ginjal semakin memburuk. Terutama bagi pasien gagal ginjal dengan sindrom metabolik. Sindrom metabolik yang dimaksud misalnya pada pasien gagal Ginjal Kronis yang memiliki riwayat diabetes dan hipertensi.

Hal ini tentu tidak direkomendasikan karena hipertensi dan diabetes bisa mempengaruhi fungsi ginjal juga. Bahkan hipertensi dan diabetes adalah penyebab utama gagal ginjal kronis yang sering tidak disadari oleh kita. Oleh karena itu konsumsi kopi sebaiknya tidak dilakukan pada orang-orang dengan fungsi ginjal yang sudah terganggu.

Sponsors Link

Dari penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa mengonsumsi kopi sebaiknya tidak dilakukan bagi orang dengan sakit ginjal karena kafein bisa mempengaruhi fungsi ginjal. Selain itu orang yang menderita gagal ginjal memang perlu memperhatikan konsumsi cairan yang masuk ke dalam tubuhnya untuk mencegah pembengkakan atau penumpukan cairan (edema) pada tubuh.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai sakit ginjal boleh minum kopi atau tidak yang perlu diketahui. Jika Anda memiliki penyakit ginjal dan memiliki kebiasaan minum kopi, sebaiknya tanyakan pada dokter mengenai kondisi tersebut. Tanyakan pula batas minum kopi dalam sehari pada dokter yang bersangkutan agar Anda bisa mengatur pola makan dan minum secara lebih bijak lagi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman