Sponsors Link

Saat Buang Air Kecil Terasa Sakit : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Buang air kecil merupakan proses pembuangan limbah dari tubuh. Proses ini dibutuhkan agar tubuh bisa tetap beraih dan terbrbas dari zat-zat sisa metabolisme. Namun mungkin beberapa orang mengalami gejala saat buang air kecil terasa sakit sehingga tubuhnya terasa tidak nyaman. Berikut beberapa penyebabnya.

ads

Penyebab

Penyebab rasa sakit ketika buang air kecil berhubungan dengan sistem ekskresi dan reproduksi, antara lain sebagai berikut.

  1. Infeksi saluran kemih

Salah satu penyakit yang menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil adalah infeksi saluran kemih. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri yang masuk ke saluran kemih melalui uretra. Infwkai saluran kemih dapat menyerang organ-organ di saluran kemih, termasuk kandung kemih dan ginjal. Wanita lebih rentan mengalami hal ini daripada pria. Tentunya infeksi saluran kemih perlu untuk segera diatasi dengan baik agar tidak mengganggu kelancaran sistem ekskresi. Karena Infeksi Saluran Kemih Jika Tidak Diobati juga bisa menyebabkan masalah ginjal yang lebih parah. Selain rasa sakit ketika buang air kecil, mungkin saja akan muncul gejala lain seperti anyang-anyangan dan menurunnya volume urine.

  1. Batu saluran kemih

Selain infeksi, pwnyakit lain yang bisa menyebabkan gejala saat buang air kecil terasa sakit adalah batu saluran kemih. Batu Saluran Kemih terjadi jika ada tumpukan material di sisa air kencing yang tidak tuntas, atau karena kandungan urine yang tidak tepat sehingga material tersebut akan mengeras dan membentuk batu yang menyumbat saluran kemih. Akibatnya muncul rasa sakit saat buang air kecil. Gejala lainnya adalah penurunan volume urine karena adanya sumbatan.

  1. Batu ginjal

Sama halnya dengan batu saluran kemih, Penyakit Batu Ginjal juga bisa menjadi penyebab dark rasa sakit ketika buang air kemih. Batu ginjal terbentuk di ginjal dan disebabkan oleh penumpukan senyawa tertentu dari hasil sisa metabolisme di ginjal. Sehingga batu akan menyumbat proses ekskresi dan menyebabkan batu ginjal. Batu ginjal pada ukuran kecil mungkin bisa disembuhkan dengan mengonsumsi air yang banyak. Namun untuk ukuran yang besar, perlu dilakukan perlakuan medis seperti operasi.

  1. Peradangan pada organ intim

Selain karena permasalahan sistem ekskresi, permasalahan pada organ intim juga bisa menyebabkan rasa sakit ketika buang air kecil. Misalnya jika terdapat peradangan pada kelenjar prostat pada pria. Atau jika terdapat peradangan pada vagina bagi wanita. Peradangan ini bisa menyebabkan gejala saat buang air kecil terasa sakit.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Cara mengatasi jika terdapat gejala rasa sakit ketika buang air kecil tentu dengan melakukan pemeriksaan medis secara lengkap agar bisa mengetahui penyebabnya. Jika penyebabnya adalah infeksi, maka pengobatan bisa dilakukan dengan obat-obatan yang sesuai. Namun jika penyebabnya adalah batu di sistem ekskresi, maka pengobatan perlu dilakukan sesuai dengan ukuran batu di sistem ekskresi tersebut. Jika ukuran batu sudah besar, kemungkinan Jenis Operasi Batu Ginjal akan dilakukan untuk mengangkatnya. Sehingga pemeriksaan ke dokter harus dilakukan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai saat buang air kecil terasa sakit yang perlu diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,