Sponsors Link

Saat Buang Air Kecil Terasa Panas : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Buang air kecil merupakan kegiatan yang rutin dilakukan untuk membuang limbah sisa metabolisme dari saluran kemih. Buang air kecil menghasilkan urine yang diolah di ginjal. Urine sehat menandakan tubuh yang sehat. Namun mungkin ada beberapa kondisi yang menyebabkan buang air kecil menjadi tidak nyaman dan hal tersebut bisa jadi adalah gejala dari sebuah penyakit. Misalnya kondisi saat buang air kecil terasa panas.

ads

Penyebab

Jika terjadi sensasi panas atau terbakar ketika buang air kecil, mungkin beberapa hal berikut ini adalah penyebabnya.

  1. Infeksi saluran kemih

Salah satu penyebab yang umum dari rasa panas ketika buang air kecil adalah Penyakit Infeksi Saluran Kemih. Infeksi saluran kemih adalah jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang saluran kemih. Entah itu infeksi saluran kemih bawah atau atas. Bakteri ini biasanya adalah jenis bakteri E. coli yang berpindah dari anus ke saluran kemih.

Infeksi saluran kemih seringkali terjadi kepada wanita karena saluran uretra lebih pendek dan lebih dekat dengan anus. Pada awalnya mungkin infeksi hanya terjadi di uretra atau kandung kemih. Namun jika tidak diobati bisa menjalar ke ginjal dan menjadikan Infeksi Ginjal. Gejalanya salah satunya adalah rasa sakit atau terbakar ketika berkemih, demam, dan perubahan pada urine.

  1. Batu ginjal

Selain infeksi saluran kemih, saat buang air kecil terasa panas juga bisa terjadi karena batu ginjal atau batu saluran kemih. Penyakit Batu Ginjal merupakan hasil pengerasan material di dalam ginjal yang mengendap dalam kurun waktu lama. Batu ginjal seringkali terjadi kepada pria daripada wanita.

Sebenarnya gejala batu ginjal bisa bervariasi tergantung dari ukuran batu ginjal itu sendiri. Jika ukurannya kecil, mungkin tidak banyak Ciri ciri Batu Ginjal Awal yang muncul. Namun jika ukuranya sudah besar, maka batu ginjal bisa menyumbat urine. Selain itu bisa juga menyebabkan luka dan peradangan di organ dalam. Sehingga bisa jadi menciptakan rasa panas ketika buang air kecil.

  1. Penyakit kelamin

Selain yang berkaitan dengan saluran kemih dan ginjal, rasa panas ketika buang air kecil juga bisa disebabkan oleh penyakit kelamin. Entah itu dari penyakit menular seksual, penyakit infeksi di organ vital, dan sebagainya.

Cara Mengatasi

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi saat buang air kecil terasa panas.

Sponsors Link

  • Perhatikan gejala dengan seksama karena gejala yang ada bisa membantu proses diagnosis ketika berkonsultasi dengan dokter.
  • Ketahui juga beberapa Perbedaan Urine Normal dan Abnormal agar bisa mengantisipasi jika kondisi urine tidak normal supaya bisa melakukan pemeriksaan secepatnya.
  • Segera konsultasikan dengan dokter jika terjadi gejala ini untuk bisa mengobatinya dengan tepat sasaran.
  • Hindari membeli obat-obatan sendiri di apotek sebelum mengetahui penyebabnya.
  • Jaga kebersihan diri. Bersihkan organ vital secara benar setelah buang air besar, buang air kecil, dan setelah berhubungan seksual.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai saat buang air kecil terasa panas yang perlu diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Agar mengetahui penyebabnya lakukan pemeriksaan ke dokter mengingat kemungkinan penyebabnya juga bermacam-macam.

Sponsors Link
>
, , ,