Sponsors Link

Saat Buang Air Kecil Keluar Darah : Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Buang air kecil adalah sebuah rutinitas yang memang harus dilakukan. Karena proses buang air kecil adalah proses pembuangan limbah dari tubuh. Urine bisa juga dijadikan deteksi dini apakah ada masalah atau tidak di dalam tubuh. Salah satu contohnya jika ada gejala saat buang air kecil keluar darah atau Urine Berwarna Merah. Berikut beberapa penyebabnya.

ads

Penyebab

  1. Infeksi saluran kemih

Salah satu hal yang menyebabkan kencing bercampur darah atau hematuria adalah infeksi saluran kemih. Gangguan ini disebabkan oleh infeksi bakteri E. coli di dalam saluran kemih. Seringkali terjadi kepada wanita karena saluran kemih wanita lebih pendek dan lebih dekat dengan anus. Gejalanya adalah perubahan pada urine dan munculnya rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil. Jika tidak segera diatasi, Penyakit Infeksi Saluran Kemih bisa menyebabkan urine bercampur darah.

  1. Batu ginjal

Selain infeksi saluran kemih, penyebab saat buang air kecil keluar darah adalah batu ginjal. Batu ginjal bermula dari adanya endapan-endapan senyawa tertentu di ginjal dari proses pembentukan urine. Endapan tersebut lama kelamaan akan menumpuk dan mengeras menjadi batu di dalam ginjal. Batu itu akan menjadi sumbatan di ginjal atau saluran kemih. Jika batu tidak berhasil keluar sementara ukurannya terus membesar, batu ginjal bukan hanya bisa menyumbat urine namun juga bisa melukai saluran kemih dari dalam. Dan hal tersebut bisa menyebabkan Ciri ciri Batu Ginjal Awal keluar darah ketika buang air kecil.

  1. Kanker ginjal

Kanker ginjal juga bisa menjadi penyebab dari keluar darah ketika buang air kecil. Kanker ginjal terjadi saat ada perkembangan sel atau jaringan yang tidak terkendali sehingga menyebabkan berbagai gangguan. Biasanya terjadi pada orang di atas usia 50 tahun dan laki-laki lebih berpotensi daripada wanita. Salah satu gejala dari kanker ginjal adalah Hematuria atau kencing bercampur darah.

  1. Pembengkakan prostat

Pada laki-laki, saat buang air kecil keluar darah juga bisa terjadi karena pembengkakan prostat. Jika prostat membengkak maka uretra dan kandung kemih akan menjadi tertekan sehingga sulit buang air kecil. Kadang pembengkakan prostat juga bisa menyebabkan gejala buangvair kecil bercampur darah.

  1. Kanker prostat

Masalah pada prostat lainnta yang bisa menyebabkan kencing diaertai darah adalah kanker prostat. Kanker ini penyebabnya belum diketahui secara pasti namun bisa dipengaruhi oleh genetika dan faktor penuaan.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Jika terjadi gejala buang air kecil disertai darah, maka Tips Mencegah dan Mengatasi Hematuria yang pertama harus dilakukan adalah segera diperiksakan ke dokter. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui penyebabnya. Jika sudah diketahui penyebabnya maka akan lebih mudah melakukan penanganan medis. Maka dari itu jika Anda mengalami masalah tersebut, jangan menunda pemeriksaan karena ini merupakan salah satu gejala penyakit dalam.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai saat buang air kecil keluar darah yang perlu diketahui. Jika terjadi kepada Anda sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,