Sponsors Link

6 Penyebab Saat Buang Air Kecil Keluar Cairan Putih

Sponsors Link

Urine adalah limbah dari tubuh yang diolah di ginjal dari proses penyaringan darah. Urine yang sehat menandakan bahwa tubuh juga sehat. Namun mungkin ada kondisi dimana urine terlihat bermasalah. Mislanya kondisi saat buang air kecil keluar cairan putih. Memang ada beberapa Faktor Perbedaan Warna Urine yang dapat mempengaruhinya. Apa yang menyebabkan hal tersebut? Berikut beberapa kondisi yang dapat menjadi kemungkinan penyebabnya.

ads
  1. Penyebab yang normal

Bagi kalangan wanita, mungkin kondisi tersebut dikarenakan keputihan atau cairan dari vagina, namun keluarnya bersamaan dengan waktu buang air kecil. Seperti yang diketahui bersama keputihan memang kerap kali terjadi, terutama berkaitan dengan siklus menstruasi. Cairan ini bisa berwarna bening atau seperti susu. Kadang juga berwarna kekuningan.

Hal serupa bisa terjadi kepada pria dimana kadang pria juga mendapatkan hal yang serupa. Kadang akan keluar cairan kental ketika buang air kecil. Seringkali terjadi saat sedang kelelahan. Selama tidak ada gejala yang mencurigakan, maka hal tersebut masih normal.

  1. Infeksi saluran kemih

Penyebab saat buang air kecil keluar cairan putih lainnya berhubungan dengan penyakit di saluran kemih, salah satunya adalah infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang menginfeksi di area kandung kemih, uretra, ureter, atau bahkan ginjal. Gejala yang umum terjadi adalah demam, rasa sakit saat buang air kecil, dan perubahan kebiasaan buang air kecil. Namun kadang juga bisa menyebabkan keluar lendir ketika buang air kecil. Bahaya Infeksi Saluran Kemih Jika Tidak Diobati bisa menyebabkan gangguan di ginjal jangka panjang.

  1. Penyakit kelamin

Masalah ketika buang urine keluar lendir juga bisa terjadi karena penyakit kelamin. Beberapa yang dimaksud adalah gonore dan klamidia. Pada gonore, lendir yang keluar berwarna kuning gelap atau kekuninang gelap di dalam urine. Sedangkan pada klamidia lendir yang keluar akan berwarna putih keruh. Selain itu warna urine juga bisa menjadi keruh atau berubah menjadi tidak normal.

  1. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome merupakan ganggyan di usus dimana usus tidak normal kinerjanya selama 6 bulan atau lebih. Penyakit ini juga bisa menyebabkan munculnya lendir ketika buang air. Lendir juga bisa keluar bersama feses ketika buang air besar.

  1. Batu ginjal

Gangguan atau Penyakit Batu Ginjal juga bisa menjadi penyebab saat buang air kecil keluar cairan putih. Batu ginjal terjadi saat ada sisa limbah yang mengendap di ginjal dan lama kelamaan menjadi keras. Batu ginjal ukuran besar bisa menyebabkan luka atau iritasi pada organ dalam sehingga dapat menjadikan lendir keluar ketika buang air kecil. Bahkan bisa disertai dengan keluarnya darah.

Sponsors Link

  1. Kanker kandung kemih

Selain Penyakit Ginjal, Kanker kandung kemih merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang organ kandung kemih. Kandung kemih adalah organ yang menyimpan urine sebelum dikeluarkan dari tubuh. Kanker Kandung Kemih ini juga bisa menyebabkan lendir keluar saat buang air kecil.

Itulah beberapa penyebab saat buang air kecil keluar cairan putih. Jika hal tersebut terjadi kepada Anda disertai munculnya gejala-gejala yang tidak biasa, sebaiknya periksakan ke dokter. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,