Sponsors Link

7 Ramuan Tradisional Untuk Ginjal Bengkak Paling Ampuh

Sponsors Link

Semua orang pasti menginginkan untuk memiliki ginjal yang sehat dan dapat berfungsi dengan sempurna. Dengan memiliki ginjal yang sehat, maka kita juga akan memiliki tubuh yang sehat. Beberapa manfaat dari ginjal yang sehat antara lain adalah lancarnya produksi air kencing, mudahnya racun keluar dari tubuh kita, serta tingginya kadar gizi yang bisa kita serap dengan sempurna ke seluruh tubuh. Sedangkan ketika kita mengalami sakit ginjal, akan ada banyak dampak negatif yang akan kita rasakan. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui beberapa cara mengobati sakit ginjal, termasuk mengetahui ramuan tradisional untuk ginjal bengkak.

ads

Telah kita ketahui bahwa ada banyak jenis penyakit ginjal yang berpotensi untuk kita alami. Beberapa penyakit tersebut antara lain penyakit batu ginjal, ginjal bocor, ginjal bengkak, ginjal kotor, radang ginjal, infeksi ginjal, sampai kanker ginjal. Salah satu penyakit yang membahayakan tubuh kita adalah ginjal bengkak. Oleh karena itu kita perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi penyakit ini, dan juga mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal yang bisa kita terapkan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Beberapa kendala dalam proses mengatasi sakit ginjal bengkak biasanya adalah biaya yang mahal dan penebusan obat yang lama apabila kamu mengandalkan pengobatan dari rumah sakit misalnya. Oleh karena itulah, cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi ginjal bengkak adalah dengan cara memanfaatkan ramuan tradisional untuk ginjal bengkak. Dengan ramuan tradisional untuk ginjal bengkak ini kamu dapat mengobati batu ginjal secara mandiri. Akan tetapi kamu harus ingat bahwa pengobatan ini harus dengan sepengetahuan doktermu.

Lalu apa saja ramuan tradisional atau resep tradisional yang bisa kamu gunakan untuk mengobati penyakit ginjal bengkak? Silakan simak di bawah ini.

1. Air rebusan akar alang-alang

Akar alang-alang adalah salah satu jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi ginjal bengkak. Tanaman ini mudah ditemukan di berbagai tempat karena kemampuannya untuk tubuh, seperti di halaman rumah, di pekarangan rumah dan lain sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan tanaman ini untuk dijadikan sebagai ramuan untuk mengatasi ginjal bengkak dengan cara merebusnya dengan air bersih, kemudian meminum air rebusan tersebut kurang lebih sekitar dua sampai tiga kali sehari pada pagi dan sore hari.

Akar alang-alang mengandung senyawa kalium yang sangat tinggi, oleh karena itulah kista dan atau batu ginjal yang bisa menghalangi bergeraknya urine di sepanjang saluran kandung kemih akan dapat dihancurkan sehingga aliran urine akan lancar dan bisa mengurangi pembengkakan ginjal. Akan tetapi kandungan oksalat yang tinggi inilah, kamu tidak bisa meminum ramuan ini terlalu sering karena akan memacu kerja ginjal beberapa kali lipat.

2. Air rebusan daun kumis kucing

Kumis kucing merupakan tanaman yang mengandung berbagai zat bermanfaat untuk ginjal. Beberapa di antaranya antara lain adalah glikosida orthosiphon, saponin, dan lain sebagainya, walaupun perlu kamu ingat bahwa tanaman ini juga mengandung kalium dalam kadar yang cukup tinggi. Berbagai macam senyawa tersebut dapat membantu melarutkan pembentukan batu ginjal, sehingga mampu membantu penyembuhan ginjal ketika sedang bengkak karena terdapat batu ginjal di saluran kemih atau di dalam ginjal itu sendiri. Dengan demikian batu ginjal yang telah terbentuk dapat hancur dengan sendirinya dan kemudian mengalir melalui saluran ureter.

Ramuan kumis kucing juga memiliki manfaat untuk melarutkan senyawa oksalat, garam fosfat, dan lain sebagainya yang merupakan penyebab utama munculnya batu ginjal. Oleh karena inilah, pembentukan batu ginjal dapat dicegah sehingga kamu bisa terhindar dari batu ginjal dan ginjal bengkak.

Sponsors Link

3. Air rebusan kulit manggis

Manggis adalah salah satu tanaman yang telah banyak dikenal dalam dunia pengobatan tradisional. Tanaman manggis, baik dari segi buahnya atau[un kulitnya memang memiliki banyak manfaat yang jarang dimiliki oleh buah lainnya. Salah satu manfaatnya adalah dalam membantu kita mengatasi penyakit ginjal bengkak.

Daun dan kulit manggis adalah salah satu bagian dari tanaman manggis yang dapat kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan ginjal dan mengobati ginjal secara alami. Salah satu kandungan pada manggis adalah senyawa xanthone yang memiliki kemampuan mengatasi sel-sel kanker pada ginjal dan kandung kemih. Oleh karena itulah buah manggis dapat membantumu untuk menjaga kesehatan ginjal sekaligus mengatasi berbagai macam masalah ginjal.

Kamu bisa memanfaatkan buah manggis dengan cara merebus daun manggis atau kulit buah daun manggis kemudian meminum air rebusan tersebut sebanyak dua kali sampai tiga kali sehari. Apabila kamu ingin lebih berkhasiat, kamu juga bisa memakan buah manggis sebagai bentuk penanganan yang lebih lanjut.

ads

4. Uva Ursi

Tanaman berikutnya yang dapat dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional untuk ginjal bengkak adalah sebuah tanaman yang bernama uva ursi. Tanaman ini mungkin jarang dikenali oleh sebagian besar orang, akan tetapi tanaman ini nyatanya memiliki kemampuan atau manfaat yang baik untuk mengatasi berbagai macam penyakit ginjal.

Uva ursi pada dasarnya merupakan salah satu jenis tanaman yang telah lama dikenal sangat baik dalam dunia pengobatan herbal dan traidisional untuk menjaga atau mengatasi masalah kesehatan ginjal dan kandung kemih. Saat ini, para peneliti mulai mencoba untuk menguak manfaat-manfaat alias khasiat atau efek samping dari penggunaan tanaman ini untuk berbagai pengobatan atau sebagai salah satu tanaman yang dikonsumsi sehari-hari.

Di dalam tanaman uva ursi, pada dasarnya terkandung banyak senyawa penting untuk tubuh manusia seperti piceosides, tanin, flavonoid, triterpen, dan lain sebagainya. Oleh karena adanya senyawa-senyawa atau kandungan tersebut, maka uva ursi dapat menjadi senyawa anti-bakteri yang sangat efektif untuk membantu menjaga kesehatan sistem kandung kemih kita. Selain itu, tanaman ini juga mampu berperan sebagai diuretik yang efektif untuk melawan berbagai masalah ginjal seperti misalnya batu ginjal. Tidak hanya manfaat-manfaat tersebut, tanaman uva ursi juga mampu mengatasi berbagai peradangan kronis yang bisa terjadi pada kandung kemih atau ginjal sehingga saluran kemih dan ginjal akan terjaga kesehatannya dengan baik. Oleh karena itulah, baik secara langsung ataupun tidak langsung, uva ursi akan membantumu mengatasi pembengkakan ginjal.

Mengonsumsi uva ursi dalam kadar kurang lebih 500mg tiga kali sehari sangat disarankan bagimu sebagai salah satu cara untuk menghancurkan batu ginjal yang membuat ginjalmu membengkak. Bila kamu menderita ginjal bengkak yang disebabkan karena batu ginjal, salah satu pengobatan alternatif yang dapat kamu terapkan adalah dengan cara mengonsumsi uva ursi setiap hari. Apabila kamu melakukannya dengan tepat, maka pasti akan terjadi pengurangan ukuran batu ginjal yang kamu miliki. Ukuran batu ginjal yang ada pada saluran kandung kemih atau ginjal akan berkurang bahkan bisa jadi hancur lebur, kecuali ginjalmu sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi.

5. Air rebusan daun tempuyung

Selain daun manggis dan berbagai macam ramuan di atas, kamu juga bisa memanfaatkan daun tempuyung sebagai obat untuk ginjal lo. Daun tempuyung adalah salah satu obat alami yang dapat dipakai untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal bengkak. Kamu bisa membuat ramuan daun tempuyung melalui cara sederhana yang dapat kamu ikuti dengan mudah. Kamu hanya perlu merebus daun tempuyung dengan air bersih, kemudian kamu tinggal meminum air rebusan tersebut sebanyak kurang lebih dua kali sehari secara rutin.

Salah satu manfaat yang ditimbulkan dari ramuan ini bila kita mengonsumsi sesuai dengan kadar yang ideal adalah larutnya batu ginjal sehingga dapat membantu menyembuhkan pembengkakan yang terjadi pada ginjal. Ringkasnya, daun tempuyung ini mampu menghancurkan batu ginjal sehingga memperlancar aliran air kencing dalam saluran kemih sehingga pembengkakan ginjal karena penyumbatan saluran kemih dapat berkurang.

Sponsors Link

6. Air seduhan daun alpukat

Daun alpukat juga merupakan salah satu obat ginjal alami yang ampuh untuk mengatasi ginjal bengkak. Selain itu, cara memanfaatkan daun alpukat untuk obat ginjal juga relatif sederhana dan mudah untuk dilakukan. Bahkan, seperti ramuan-ramuan di atas, kamu bisa membuat ramuan air seduhan daun alpukat ini di rumah sendiri dengan syarat kamu sudah memiliki daun alpukatnya.

Dalam hal pembuatan ramuan alpukat, cara membuatnya secara prinsip sama seperti membuat ramuan daun tempuyung, yaitu dengan cara menyeduh beberapa lembar daun alpukat yang berkualitas pada beberapa gelas air bersih. Setelah kamu menyeduhnya beberapa saat, kamu harus mendiamkannya sebentar kemudian menyaringnya bila dirasa perlu, dan setelah itu kamu bisa meminum air seduhan daun alpukat tersebut sebanyak kurang lebih dua kali sehari sampai rasa nyeri pada ginjalmu hilang.

Dengan ramuan daun alpukat ini kamu dapat mengatasi penyakit ginjal beserta efek samping dari adanya penyakit ginjal tersebut. Ramuan ini dapat dimanfaatkan secara khusus pada orang-orang yang mengalami ginjal bengkak karena serangan virus atau bakteri tertentu.

7. Air rebusan daun sirsak

Selain daun alpukat, daun sirsak juga memiliki khasiat yang ampuh dalam menjaga serta mengobati ginjal secara alami. Salah satu di antara berbagai macam kandungan daun sirsak yang membuatnya mampu membantu mengatasi ginjal bengkak adalah adanya senyawa acetoninis yang dapat membantu mempercepat penyembuhan inflamasi pada ginjal karena bakteri atau virus. Oleh karena itulah kamu dapat mempercepat proses penyembuhan pada ginjal yang sedang bermasalah.

Selain itu, kamu bisa membuat ramuan ini dengan cara yang mudah sebagaimana kamu membuat ramuan-ramuan di atas. Seperti yang telah disampaikan di atas, kamu hanya perlu menyeduh beberapa lembar daun sirsak kemudian meminum air seduhan daun sirsak ini untuk menjadikannya sebagai obat untuk penyakit ginjal bengkak yang kamu derita. Selain meminum ramuan-ramuan di atas, kamu juga bisa menjauhi makanan penyebab sakit ginjal, dan memakan makanan yang baik untuk ginjal agar ginjalmu tetap sehat.

Penyebab Ginjal Bengkak

Untuk bisa menghindari masalah ginjal dengan sempurna, tentu saja tidak cukup apabila kamu hanya mengetahui bagaimana cara mengobatinya saja tanpa mengetahui apa yang menjadi penyebab sakit ginjal. Oleh karena itulah kamu pun harus mengetahui apa yang menyebabkan ginjal bengkak sehingga kamu dapat menghindarinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab ginjal mengalami pembengkakan.

  • Adanya batu ginjal
  • Penyempitan atau penyumbatan saluran ureter
  • Kerusakan kandung kemih
  • Pembesaran prostat secara berlebihan
  • Kehamilan
  • Penyempitan atau penyumbatan saluran kandung kemih
  • Infeksi ginjal

Ciri-ciri Ginjal Bengkak

Sementara itu, beberapa gejala atau ciri-ciri yang bisa kamu temui pada orang yang menderita ginjal bengkak antara lain adalah sebagai berikut.

  • Nyeri pada punggung dekat ginjal
  • Buang air kecil tidak lancar
  • Munculnya rasa nyeri pada ginjal
  • Sering buang air kecil
  • Badan tidak nyaman

Itulah beberapa ramuan tradisional untuk ginjal bengkak beserta ciri-ciri dan penyebab ginjal bengkak yang bisa kamu gunakan untuk menghindari penyakit ginjal bengkak. Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa mengetahui mana ramuan yang tepat untuk mengatasi penyakit ginjal yang kamu derita. Selamat merawat kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal