Sponsors Link

Radang Ginjal Bisa Sembuh atau Tidak? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Ada beberapa jenis penyakit yang menyerang ginjal. Salah satunya adalah nefritis atau radang ginjal. Radang ginjal merupakan kondisi dimana organ ginjal mengalami inflamasi atau peradangan. Penyebab peradangan pada ginjal ada banyak, dan bisa jadi masing-masing pasien mengalami gejala yang tingkat keparahannya juga berbeda-beda. Radang Ginjal Bahaya atau Tidak? Penyakit ini tentu cukup berbahaya, mengingat ginjal adalah salah satu organ vital. Lalu, apakah radang ginjal bisa sembuh?

ads

Peluang Kesembuhan dari Radang Ginjal

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya memahami terlebih dulu mengenai radang ginjal itu sendiri. Nefritis atau radang ginjal sepeti yang dijelaskan di atas bisa disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa hal yang bisa menyebabkan kondisi ini antara lain sebagai berikut.

  • Infeksi saluran kemih
  • Gangguan autoimun tubuh, dimana sistem daya tahan tubuh justru menyerang sel yang sehat
  • Penyakit lupus
  • Reaksi hipersensitif terhadap beberapa jenis obat tertentu
  • Penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang yang merusak ginjal
  • Efek samping obat sejenis ampicillin dan penicillin

Mengingat ada banyak sekali kemungkinan dari Radang Ginjal, maka apakah radang ginjal bisa sembuh atau tidak, tentu bergantung dari penyebabnya. Selain itu bergantung juga pada tingkat parahnya gejala yang sedang Anda hadapi. Sehingga peluang sembuhnya radang ginjal tidak bisa digeneralisasi hanya dari satu kasus saja.

Faktor yang Mempengaruhi Peluang Kesembuhan

Seperti yang dijelaskan di atas, radang ginjal bisa sembuh atau tidak tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Walau dalam beberapa kasus, radang ginjal bisa disembuhkan, namun semua pengobatan kembali kepada masing-masing kondisi pasien. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi.

  1. Parahnya gejala

Setiap penyakit tentu memiliki gejala dan tingkatannya ada bermacam-macam. Jika Gejala Radang Ginjal cukup parah pada salah satu pasien, maka pasien tersebut akan lebih sulit untuk sembuh dari radang ginjal. Sebaliknya, jika radang ginjal hanya menunjukkan gejala yang tidak parah, maka peluang kesembuhannya akan lebih besar daripada mereka yang menunjukkan gejala parah.

  1. Kondisi ginjal sebelum mengalami nefritis

Faktor lainnya yang mempengaruhi peluang kesembuhan dari nefritis adalah kondisi ginjal sebelum didiagnosis mengalami nefritis. Pada ginjal yang sebelumnya sehat, maka pengobatan terhadap kasus radang ginjal akan berlangsung lebih mudah. Sementara pada orang dengan ginjal yang sudah tidak sehat sebelum terjadinya radang, maka pengobatan akan lebih sulit untuk dilakukan.

Sponsors Link

  1. Penyakit penyulit

Radang ginjal bisa disembuhkan atau tidak juga bergantung pada ada atau tidaknya penyakit penyulit. Seperti yang dijelaskan di atas, ada beberapa penyakit yang menjadi penyebab radang ginjal, seperti penyakit lupus atau gangguan autoimun. Penyakit ini adalah penyakit penyulit. Selain itu diabetes dan juga hipertensi juga bisa menjadi penyakit penyulit untuk sembuh dari radang ginjal.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai radang ginjal bisa sembuh atau tidak yang perlu diketahui. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai kondisi ginjal Anda, sangat disarankan untuk berkonsultasi pada doker spesialis penyakit dalam. Tujuannya adalah untuk mengetahui Penyebab Radang Ginjal sehingga pengobatan bisa dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,