Sponsors Link

Penyakit Radang Ginjal (#Anda Wajib Tahu)

Sponsors Link

Ginjal termasuk salah satu organ tubuh yang penting dan harus dijaga kesehatannya. Organ ginjal yang sehat dibutuhkan agar tubuh kita berjalan dengan sebagaimana mestinya. Sementara itu apabila ginjal mengalami sakit, maka akan ada banyak sistem tubuh yang terpengaruh karena kerusakan pada sistem ginjal bisa mengakibatkan berbagai macam kerusakan pada sistem tubuh yang lainnya.

ads

Oleh karena itu ada banyak hal yang perlu kita ketahui tentang ginjal. Pengetahuan tersebut meliputi banyak hal, dimulai dari bagaimana penanganan batu ginjal, cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor, penyebab penyakit ginjal, beberapa ciri-ciri penyakit ginjal seperti gejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria dan lain sebagainya. Termasuk jenis-jenis penyakit ginjal seperti penyakit radang pada ginjal.

Pada umumnya, penyebab kerusakan organ ginjal adalah karena penyakit tertentu yang menyerang ginjal. Beberapa penyakit tersebut di antaranya adalah penyakit gagal ginjal, radang ginjal, ginjal bengkak, ginjal bocor, ginjal mengecil, batu ginjal dan berbagai macam penyakit ginjal yang lain. Radang  pada ginjal merupakan salah satu penyakit yang serius karena bisa menyebabkan masalah ginjal yang lain. Bahkan, penyakit-penyakit seperti gagal ginjal atau penyakit ginjal berbahaya yang lain sering terjadi karena didahului oleh penyakit radang  padaginjal dan atau batu ginjal yang tidak bisa teratasi dengan baik.

Radang ginjal adalah sebuah penyakit pembengkakan dan atau iritasi pada salah satu bagian ginjal, seperti dinding ginjal atau bagian organ ginjal yang lainnya. Radang pada ginjal bisa disebabkan karena banyak hal, tetapi yang paling umum adalah karena batu ginjal dan karena refluks dan lain sebagainya. Oleh karena kamu harus bisa mengantisipasi dan mengatasi berbagai macam penyakit ginjal yang bisa muncul pada ginjalmu.

Bagaimana caranya supaya kamu bisa mengatasi dan mencegah penyakit radang itu dengan baik? Secara alamiah kamu harus mengetahui berbagai macam hal tentang penyakit radang pada organ ginjal tersebut. Oleh karena itulah dalam pembahasan artikel kita kali ini, akan kita kupas tuntas beberapa hal terkait dengan radang pada ginjal, meliputi penyebabnya, cara mengatasinya, ciri-cirinya dan lain sebagainya.

Jadi, selamat melanjutkan membaca ya! Mari kita bahas mulai dari penyebab penyakit radang pada ginjal terlebih dahulu.

Penyebab Penyakit Radang pada Ginjal

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan penyakit radang pada ginjal bisa terjadi. Dari semua penyebab tersebut, pada umumnya masalah batu ginjal dan masalah penyumbatan pada saluran kemih merupakan penyebab yang cukup dominan. Selain itu masalah masuknya senyawa yang buruk untuk ginjal dan bisa menghambat laju pertumbuhan dan perbaikan sel ginjal juga bisa menjadi salah satu penyebab yang utama.

Sponsors Link

Adapun beberapa penyebab ginjal bisa mengalami peradangan adalah karena sebagai berikut.

  • Adanya batu ginjal di dalam ginjal
  • Terjadinya refluks yang cukup parah
  • Masuknya senyawa asing yang merusak lapisan jaringan luar ginjal
  • Kurang berolahraga
  • Kurangnya asupan air minum
  • Cacat lahir pada ginjal
  • Terlalu banyak memakan makanan yang buruk untuk ginjal
  • Tidak melakukan cara menjaga kesehatan ginjal dengan baik
ads

Cara Mengatasi Penyakit Radang pada Ginjal

Lalu bagaimana cara agar kamu bisa mengatasi penyakit radang pada ginjal ini? Haruskah kamu membeli berbagai macam obat-obatan yang bisa membuatmu selamat dari penyakit ini? Kabar baiknya adalah, tidak perlu. Ada beberapa cara mengatasi radang pada ginjal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi radang ginjal yang mungkin kamu alami. Beberapa cara mengatasi penyakit radang pada ginjal tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  • Makan dengan teratur dan menyehatkan.
  • Minum air dengan cukup.
  • Berolahraga dengan teratur, kurang lebih dua puluh sampai tiga puluh menit per hari.
  • Mengurangi konsumsi obat pereda nyeri atau analgesik yang tidak ramah ginjal.
  • Mengatur tingkat konsumsi garam, fosfor, kalium, protein hewani dan lain sebagainya yang dapat membuat kinerja ginjal menjadi semakin berat.
  • Mengonsumsi rujak polo
  • Mengonsumsi uva ursi
  • Mengonsumsi ramuan daun binahong
  • Mengonsumsi ramuan daun sirsak
  • Mengurangi minum-minuman yang tinggi kafein seperti kopi dan teh
  • Menghindari makanan penyebab sakit ginjal
  • Memakan makanan yang baik untuk ginjal

Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Radang Pada Ginjal

Lalu bagaimana caranya agar kamu bisa mengetahui apakah kamu terkena radang ginjal atau tidak? Haruskah kamu melakukan pemeriksaan dokter agar kamu bisa mengetahuinya? Kamu tidak perlu khawatir karena tanpa perlu ke dokter pun kamu bisa mengantisipasi penyakit radang pada ginjal itu lebih awal, dengan memerhatikan beberapa ciri-ciri dan gejala di bawah ini. Tentu saja pemeriksaan menyeluruh oleh dokter sangat disarankan untuk memastikan apakah kamu menderita penyakit radang pada ginjal atau tidak.

Beberapa ciri-ciri dan gejala penyakit radang pada ginjal tersebut, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Volume urine atau air kencing berkurang

Gejala penyakit radang pada ginjal yang pertama kali terlihat adalah penurunan produksi urine. Kejadian ini bisa terjadi karena hal ini disebabkan akibat banyaknya sel ginjal yang mengalami kerusakan sehingga filtrasi cairan dan produksi urine lama kelamaan menjadi lebih sedikit, sehingga air kencing yang dikeluarkan saat kencing pun juga akan sedikit.

2. Berkurangnya nafsu makan

Ciri-ciri berikutnya yang juga mudah terlihat adalah adanya penurunan nafsu makan yang ekstrem pada diri penderita, apabila dibandingkan dengan keadaan sehari-hari. Penurunan nafsu makan tersebut tidak terjadi hanya saat pagi atau siang hari saja, tetapi bisa jadi seharian penuh dan penderita benar-benar tidak ingin makan, bahkan bisa jadi sampai menghindari makanan.

Apabila gejala ini diiringi dengan gejala yang lain, besar kemungkinan orang tersebut sedang menderita radang pada ginjal atau mungkin penyakit lain yang berbahaya. Oleh karenanya penurunan nafsu makan secara ekstrem seperti ini tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Sponsors Link

3. Air kencing atau urine berbusa

Ciri-ciri penyakit radang pada ginjal berikutnya adalah adanya perubahan warna pada air kencing yang dikeluarkan oleh para penderita radang ginjal. Pada orang yang tidak mengalami sakit radang pada ginjal, atau penyakit ginjal yang lain pada umumnya, warna urine yang normal biasanya berkisar di antara warna kuning, serta tidak terdapat busa atau foam pada urine tersebut. Akan tetapi pada orang yang menderita radang pada ginjal, air kencing yang mereka keluarkan akan memiliki busa yang cukup banyak.

4. Perut menjadi buncit atau busung

Radang pada ginjal juga akan membawa perubahan fisik pada perut si penderita. Para penderita yang awalnya memiliki perut datar atau tegak lurus dengan dada, tiba-tiba menjadi membuncit atau busung. Bahkan pada penderita yang perutnya relatif gendut, tiba-tiba menjadi lebih gendut lagi sehingga terlihat bahwa perutnya benar-benar membesar.

Apabila terjadi peningkatan ukuran perut yang sangat drastis seperti itu, besar kemungkinan bukan hanya masalah pola makan dan minum saja. Akan tetapi, terdapat hal lain yang menyebabkan seseorang bisa memiliki perut yang buncit atau busung dalam waktu yang sangat singkat, dan dalam hal ini salah satunya adalah adanya penyakit radang pada ginjal.

5. Pada pria, lutut serta kantong zakar mengalami pembengkakan

Gejala penyakit radang pada ginjal berikutnya, yang secara khusus terjadi pada para pria adalah membesarnya lutut dan kantong zakar. Pembengkakan pada bagian tersebut besar kemungkinan terjadi karena adanya filtrasi ginjal yang tidak sempurna, atau bisa pula terjadi karena adanya respons tubuh tertentu yang masih berhubungan dengan ginjal.

Selain lima gejala di atas, ada pula gejala lain yang dapat kita amati pada penderita radang ginjal. Gejala-gejala tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Terjadinya sesak napas yang disebabkan penimbunan cairan di rongga sekitar paru-paru.
  • Adanya rasa sakit yang luar biasa di bagian pinggang.
  • Terjadinya peradangan pada susunan perut yang disebabkan karena terjadinya infeksi di daerah perut yang disangka terjadi karena penurunan secara ekstrem pembentukan antibodi atau hilangnya antibodi yang keluar berbarengan urine ketika ginjal sedang mengalami peradangan.
  • Terjadinya hematuria atau adanya kandungan darah di dalam urine yang disebabkan karena kerusakan
  • Pembengkakan pada pelupuk mata, tangan dan kaki.
  • Terjadinya kelainan pembentukan darah yang dapat meningkatkan risiko pembekuan di dalam pembuluh darah.
  • Pada anak kecil, dapat terjadi penurunan desakan darah saat tengah berdiri.
  • Terjadinya proteinuria atau urine mengandung protein yang disebabkan karena kerusakan glomeruli.

Itulah beberapa hal yang bisa kita bahas mengenai radang pada ginjal pada kesempatan kali ini. Selain itu, jangan lupa untuk mempelajari dan menerapkan bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal. Semoga dengan pembahasan ini kamu bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih lengkap tentang radang pada ginjal ya. Selamat merawat kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , ,