Sponsors Link

Aturan Puasa Untuk Penyakit Ginjal Diabetik yang Harus Dilakukan

Sponsors Link

Para penderita diabetes sangat dihimbau untuk lebih waspada terhadap komplikasi kronis yang bisa ditimbulkan oleh penyakit diabetes seperti salah satunya adalah ciri ciri penyakit ginjal diabetik atau dalam istilah kedokteran disebut dengan nefropati diabetik yakni gangguan fungsi ginjal yang terjadi karena ginjal bocor yang membuat protein bisa keluar dan kemudian bercampur dengan air seni. Keadaan ini nantinya akan menyebabkan fungsi penyaringan, pembuangan dan juga hormonal ginjal mengalami gangguan yang nantinya bisa menyebabkan rangsangan pembuatan sel darah merah pada sumsum tulang semakin menurun dan menimbulkan gejala anemia yang selanjutnya bisa menyebabkan gagal ginjal terminal.

ads

Supaya penurunan fungsi ginjal karena nefropati diabetik tidak terjadi, maka disarankan untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah dan juga kadar lemak dalam tubuh secara teratur.

Gejala Nefropati Diabetik

Gejala dari nefropati diabetik nantinya bisa terasa saat kerusakan ginjal yang terjadi sudah semakin kronis yang terlihat dari pembengkakan pada area wajah dan kaki, mual dan muntah, sering sakit kepala, lesu dan lelah, sering mengalami cegukan dan juga mengalami penurunan berat badan namun tidak akan terasa terjadi pada ciri ciri ginjal sehat. Meski gejala dari komplikasi yang terjadi sering tidak menunjukkan gejala yang khas, namun masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi sejak dini yakni dengan melakukan pemeriksaan urin untuk melihat apakah banyak protein yang terkandung dalam urin atau dikenal dengan nama albuminuria.

Mekanisme diabetes bisa menyebabkan ginjal rusak yang ditandai dengan gula darah tinggi dalam tubuh yang nantinya akan bereaksi dengan protein dan pada akhirnya mengubah struktur serta fungsi dari sel termasuk pada membrane basal glomerulus. Hal ini nantinya akan menyebabkan penghalang protein menjadi rusak dan kebocoran protein ke urin pun terjadi.

Hubungan Puasa Dengan Diabetes

Berhubungan dengan menjalankan ibadah puasa, maka penderita diabetes yang ingin menjalankan ibadah puasa sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang juga harus dilakukan pada puasa untuk gagal ginjal. Nantinya dokter akan memberikan beberapa saran mengenai bagaimana cara untuk mengontrol diabetes di sepanjang bulan puasa. Para penderita diabetes disarankan bisa berdiskusi dengan dokter mengenai apa saja kesulitan yang terjadi selama berpuasa dan bagaimana cara mengatasinya. Dokter nantinya juga akan memberikan cara pengobatan yang harus dilakukan sehingga para penderita diabetes bisa berpuasa dengan aman. 

Sponsors Link

Kadar gula darah kemungkinan bisa meningkat jika pengobatan tidak dilakukan atau saat penderita kurang aktif dalam bergerak. Agar kondisi hipoglikemi bisa dikurangi, maka penderita disarankan untuk banyak beristirahat selama berpuasa. Apabila selama berpuasa hipoglikemi memang terjadi, maka segera mengkonsumsi minuman manis dan juga mengkonsumsi makanan bertepung dan pastikan juga untuk melakukan diet rendah fosfor saat puasa. Selain itu, puasa bisa dibatalkan sebab dalam hukum Islam juga tidak dianjurkan untuk berpuasa apabila memang bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan termasuk juga pada saat terjadi hipoglikemi.

Hal berbahaya lain yang bisa terjadi adalah kadar glukosa darah yang bisa berubah menjadi tinggi pada saat pengobatan tidak dijalankan. Hal ini nantinya juga bisa menyebabkan ketoasidosis atau diabetic ketoacidosis sehingga penderita nantinya harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Gejala yang ditimbulkan diantaranya adalah merasa haus dan sering berkemih dalam jumlah yang banyak berbeda dengan ciri ciri batu ginjal awal

Sponsors Link

Menu Makanan Ginjal Diabetik

Selain itu, jenis makanan yang harus dikonsumsi juga penting untuk diperhatikan dan diterapkan selama berpuasa. Namun, bukan berarti selama berpuasa tidak boleh menikmati makanan spesial, namun lebih kepada memperhatikan dari segi kuantitasnya dan lebih memilih makanan yang sehat.

Sebagai contoh, hindari minum minuman yang mengandung gula dan ganti dengan mengkonsumsi buah dan sayuran lebih banyak serta segala makanan yang baik untuk ginjal. Intinya, penderita diabetes harus bisa mengontrol dengan teratur dan terus aktif untuk bergerak selama berpuasa dengan konsultasi bersama dokter lebih dulu. Selain itu, mengukur gula darah secara teratur juga sangat penting untuk menghindari penurunan kadar gula darah secara drastis atau hipoglikemi dan juga bisa segera mengetahui apabila memang terjadi peningkatan gula darah.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup