Sponsors Link

Khasiat Luar Biasa Puasa Untuk Gagal Ginjal dan Risikonya

Sponsors Link

Puasa tidak hanya memiliki manfaat dari sisi religi saja, akan tetapi ternyata juga baik untuk kesehatan. Keistimewaan puasa tidak hanya bisa dirasakan untuk seseorang dalam kondisi fisik yang sehat akan tetapi juga sangat penting untuk penderita penyakit tertentu. Jenis penyakit yang bisa mendapatkan banyak manfaat dari berpuasa salah satunya adalah seseorang yang memiliki salah satu dari macam macam penyakit ginjal. Lalu, apa saja khasiat puasa untuk gagal ginjal yang sebenarnya?, berikut ulasannya untuk anda.

ads

Khasiat Puasa Untuk Gagal Ginjal

Saat sedang menjalankan ibadah puasa, sebenarnya organ ginjal akan diberikan waktu untuk beristirahat sebentar sehingga volume urin nantinya bisa berkurang. Dengan menurunnya volume urin, maka ini bisa sangat membantu untuk memberikan perlindungan pada fungsi ginjal dari ciri ciri penyakti ginjal. Turunnya volume air pada darah juga bisa memicu peningkatan fungsi dan kinerja sel darah merah pada penderita gagal ginjal.

Ginjal bertugas untuk menyaring kotoran seperti sisa glukosa, zat gizi dan juga beberapa zat yang tidak lagi digunakan dalam tubuh lewat urin. Organ ginjal akan bekerja setiap hari tanpa henti, sehingga dengan berpuasa sebenarnya merupakan cara yang baik untuk menjaga kesehatan organ ginjal khususnya untuk seseorang yang sudah menderita penyakit ginjal.

Tidak mengkonsumsi air selama sedang berpuasa untuk seseorang yang memiliki ciri ciri gagal ginjal awal juga terbukti bisa meningkatkan konsentrasi urin pada ginjal lebih efektif. Namun, meski berpuasa memiliki khasiat, penderita gagal ginjal tetap harus memperhatikan beberapa kondisi kesehatan mereka.

Apa Risiko Puasa Untuk Ginjal ?

Sebelum mulai berpuasa, sebaiknya penderita gagal ginjal berkonsultasi sekaligus memeriksakan diri pada dokter. Hal ini penting untuk dilakukan karena meski tubuh terlihat kuat untuk menjalankan puasa dari luar, namun belum tentu organ tubuh seperti ginjal bisa menerima kegiatan puasa tersebut. 

Sponsors Link

Walau berpuasa baik untuk ginjal, ada risiko untuk penderita gagal ginjal yang harus diketahui saat memutuskan untuk menjalankan ibadah puasa seperti perut yang terasa mual karena asupan cairan dan makanan berkurang, ginjal dan juga lambung menjadi kaget dan juga beberapa risiko lainnya. Selain itu, bagi penderita gagal ginjal yang melakukan terapi dialisis sebaiknya juga lebih waspada khususnya saat menyantap hidangan saat sahur dan berbuka puasa. Hindari mengkonsumsi makanan dam minuman terlalu berlebihan karena bisa membuat kadar kalium dalam darah akan naik sekaligus berat badan dan juga cairan berlebih diantara tenggat dialisis juga semakin meningkat.

Apabila seseorang mengalami gangguan ginjal seperti penyakit ginjal bawaan dan ukurannya berubah, maka kemungkinan besar seseorang bisa menderita gagal ginjal kronis yang menyebabkan kapasitas buang air kecil juga semakin menurun. Hal ini nantinya bisa membuat racun menumpuk dalam tubuh dan kadar hemoglobin semakin menurun yang akhirnya membuat seseorang terkena anemia. Selain itu juga, kalsium nantinya juga bisa berkurang yang menyebabkan tulang mudah mengalami gangguan seperti pengeroposan tulang. 

Sponsors Link

Dengan beberapa risiko tersebut, banyak spesialis penyakit dalam yang menyarankan jika seseorang yang memiliki gagal ginjal sebaiknya mengenali lebih jauh tentang penyakit gagal ginjal tersebut. Penderita gagal ginjal masih diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa apabila tingkat stadium gagal ginjal yang terjadi belum kronis dan sudah mendapat izin dari dokter. Sedangkan untuk penderita gagal ginjal kronik tidak disarankan untuk memaksakan diri menjalankan ibadah puasa karena bisa memperburuk penyakit tersebut khususnya jika sedang menjalankan terapi dialisis. Namun jika masih ingin berpuasa, maka sebaiknya dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter.

Selain itu, makanan dan juga minuman selama berpuasa untuk penderita gagal ginjal juga harus tetap terkontrol dengan baik dan disarankan untuk mengkonsumsi makanan rendah kalium, konsumsi buah dan sayuran yang harus dibatasi sehingga tidak memperburuk organ ginjal yang sudah rusak. Atur juga kadar air dengan baik khususnya bagi penderita yang sudah mengalami stadium tiga ke atas agar dehidrasi selama sedang berpuasa bisa dicegah dan tidak memperburuk kondisi ginjal anda.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup