Sponsors Link

5 Penyebab Proteinuria dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Proteinuria menandakan jika ada terlalu banyak protein yang terkandung dalam urin yang juga disebut dengan urin albumin atau albuminuria. Albumin sendiri merupakan protein utama yang terdapat dalam darah dan protein merupakan blok pembangun untuk semua tubuh seperti tulang, otot, rambut dan juga kuku. Protein dalam darah juga memiliki fungsi yang sangat penting seperti melindungi tubuh dari infeksi, membantu proses pembekuan darah serta menjaga kadar cairan agar bisa beredar ke seluruh tubuh. Saat kondisi ginjal sehat, maka organ tersebut bisa mencegah protein dalam aliran darah bisa terbuang bersama urin. Inilah yang akhirnya membuat dokter seringkali mencurigai jika penyakit ginjal menjadi penyebab dari protein urin yang tinggi atau dikenal dengan proteinuria yang biasanya terjadi ketika ginjal sakit atau meradang. Lalu, apa saja yang bisa menyebabkan proteinuria terjadi?, berikut beberapa penyebab umum yang penting untuk diketahui.

ads

Gejala Proteinuria

Proteinuria umumnya tidak menyebabkan gejala akan tetapi bisa dideteksi dengan tes urin penyakit ginjal secara teratur. Akan tetapi hasil positif dari tes tersebut bukan selalu mengartikan jika ada masalah serius yang terjadi pada organ ginjal. Jika protein dalam urin yang terjadi cukup tinggi, maka sindrom nefrotik bisa terjadi yang menyebabkan penimbunan air dalam tubuh sehingga muncul pembengkakan di beberapa bagian tubuh seperti pergelangan tangan, pergelangan kaki dan juga sekitar mata.

Penyebab Proteinuria

Ada beberapa jenis penyakit seperti penyakit ginjal bawaan lahir atau penyakit yang terjadi ketika seseorang sudah berusia remaja dan dewasa. Dibawah ini adalah beberapa penyebab umum yang bisa mengakibatkan urin mengandung protein.

  1. Diabetes

Penyakit ginjal yang terjadi karena diabetes atau disebut dengan nefropati diabetik memiliki beberapa gejala seperti salah satunya protein tinggi yang terkandung dalam urin. Pasien diabetes harus selalu memeriksakan urin sebab nefropati diabetik menjadi penyebab utama dari gagal ginjal.

  1. Penyakit Glomerulus

Proteinuria juga menjadi gejala dari penyakit glomerulus dimana penyakit glomerular memiliki kategori luas dengan banyak penyakit yang bisa mempengaruhi glomeruli seperti nefropati membranosa, glomerulonefritis, IgA nephropathy, nefritis glomerulus membranoproliferative, glomerularsclerosis segmental fokal dan masih banyak lagi. Beberapa jenis penyakit glomerulus ini juga menjadi penyebab mengapa urin mengandung protein atau dikenal dengan istilah proteinuria.

  1. Penyakit Ginjal Pediatrik

Anak anak merupakan golongan yang lebih rentan pada penyakit perubahan minimal dan juga nefritis glomerulus pasca streptokokus yang merupakan beberapa jenis dari macam macam penyakit ginjal. Gejala utama dari dua jenis penyakit tersebut salah satunya adalah proteinuria berat meski biasanya akan hilang dengan sendirinya ketika anak beranjak remaja.

  1. Cacat Bawaan Lahir

Beberapa kondisi gangguan ginjal juga bisa terjadi karena cacat bawaan lahir yang berarti bisa sudah terjadi ketika seorang bayi dilahirkan. Penyakit kongenital yang menyebabkan proteinuria adalah penyakit ginjal polikistik dan juga sindrom alport. Namun cacat bawaan lahir yang melibatkan ginjal tidak secara otomatis menyebabkan proteinuria terjadi sebab proteinuria tidak akan terjadi pada penderita hipoplasia ginjal, kelainan ginjal kongenital dan juga beberapa jenis penyakit ginjal bawaan lahir lainnya. 

Sponsors Link

  1. Proteinuria Ortostatik

Proteinuria ringan penyebab adanya protein dalam urin sebenarnya bisa dipulihkan kembali ke keadaan normal dimana 2 hingga 5% remaja dengan proteinuria seperti proteinuria ortostatik atau postural bisa hilang ketika penderita sedang berbaring.

Penyebab Lain Proteinuria

Selain disebabkan karena beberapa jenis penyakit diatas, proteinuria bisa terjadi karena beberapa masalah lain seperti:

  • Trauma atau cedera
  • Penggunaan beberapa jenis obat obatan
  • Recun
  • Infeksi seperti penyakit infeksi saluran kemih
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh 
    Sponsors Link

Pengobatan Rumahan Proteinuria

Dibawah ini adalah beberapa gaya hidup dan juga pengobatan rumahan yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi proteinuria yang terjadi.

  • Apabila anda mengalami kondisi retensi air yang menjadi penyebab proteinuria, maka kurangi asupan garam dan juga air dalam konsumsi makanan sehari hari.
  • Apabila anda memiliki tekanan darah tinggi, maka kurangi mengkonsumsi garam dalam makanan dan atur pola makan dengan baik seperti mengurangi lemak dan lebih teratur berolahraga.

Sponsors Link
>
, , , , ,