Sponsors Link

Prosedur CT Scan Ginjal dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi untuk memisahkan darah dari limbah dan membuang limbah dalam bentuk urine. Sehingga ginjal terbilang organ tubuh yang penting di dalam tubuh. Jika ginjal terganggu dengan adanya Penyakit Ginjal, maka tubuh akan mengalami masalah. Akan muncul berbagai Gejala Penyakit Ginjal dan Pengobatannya tentu perlu dilakukan. Sehingga dibutuhkan serangkaian pemeriksaan untuk mengetahui jenis penyakit dan cara pengobatan yang tepat.

ads

Selain Tes Urine Penyakit Ginjal, salah satu pemeriksaan yang biasa dilakukan adalah pencitraan, misalnya dengan CT scan ginjal. Berikut beberapa prosedur CT scan ginjal yang perlu diketahui.

Manfaat

CT scan ginjal merupakan sebuah prosedur medis yang tergolong pemeriksaan pencitraan non-invasif. Pemeriksaan ini menggunakan gabungan antara teknologi sinar X dengan teknologi komputer untuk mengetahui gambaran tubuh secara lebih detail, khususnya organ dalam seperti ginjal. Beberapa manfaat dari CT scan ginjal antara lain sebagai berikut.

  • Mendeteksi adanya kelainan atau penyakit pada organ ginjal atau Penyakit Sistem Kemih sehingga diagnosis lebih mudah ditegakkan. Terutama untuk mengetahui kondisi ginjal yang tidak bisa diidentifikasi dengan pemeriksaan sebelumnya yang kurang spesifik.
  • Membantu mengetahui kondisi ginjal transplantasi atau ginjal yang sudah dicangkok ke tubuh pasien.
  • Membantu memandu penempatan jarum untuk biopsi ginjal agar posisinya tepat dan akurat.

Itulah beberapa manfaat dari CT scan sebagai salah satu metode untuk membantu kinerja dokter dalam melakukan pemeriksaan.

Prosedur

Pada dasarnya prosedur CT scan ginjal tidak dilakukan dalam jangka waktu yang lama, karena prosesnya hanya sebentar. Bahkan bisa jadi kurang dari satu jam. Sehingga pasien yang akan menjalani prosedur ini tidak harus menginap di rumah sakit. Adapun rangkaian atau proses dari prosedur CT scan ini antara lain sebagai berikut.

  1. Sebelum CT scan dilakukan

Pasien yang akan menjalani proses CT scan akan diberikan arahan terlebih dahulu. Mungkin akan dibutuhkan surat persetujuan yang perlu ditandatangani pasien. Pada kesempatan ini sebaiknya beri tahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi alergi terhadap zat kontras atau yodium. Setelah semuanya jelas, maka perhiasan dan segala atribut yang dirasa mengganggu prosedur perlu untuk dilepas. Sementara itu, pasien akan diberikan pakaian khusus untuk menjalani prosedur tersebut.

  1. Saat CT scan dilakukan

Pasien akan disuruh untuk berbaring di meja pemeriksaan dengan posisi kedua tangan diletakkan di atas kepala. Meja pemeriksaan ini bisa bergerak ke bagian mesin CT scan. Prosedur CT scan ginjal menggunakan sebuah alat scanner yang dapat memancarkan sinar X.

Sponsors Link

Selama proses berlangsung akan terdengar suara bising dari alat tersebut. Sinar X akan menembus jaringan tubuh dan memperoleh data yang ditransmisikan ke data komputer. Pasien akan diminta untuk tetap tenang dan tidak boleh bergerak-gerak karena jika bergerak, maka hasilnya akan kurang akurat.

  1. Setelah CT scan dilakukan

Setelah prosedur dilakukan, pasien akan dikeluarkan dari alat. Setelah itu proses selanjutnya adalah menunggu hasil CT scan selesai. Karena proses ini juga bisa didapatkan hasilnya saat itu juga, jadi prosedur ini cukup praktis.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai prosedur CT scan ginjal yang perlu diketahui sebagai salah satu prosedur pemeriksaan penyakit ginjal. Ketahui juga beberapa Perbedaan Urine Normal dan Abnormal untuk mendeteksi dengan sederhana. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan