Sponsors Link

Polip Kandung Kemih: Gejala – Penyebab – Diagnosis dan Pengobatan

Sponsors Link

Kandung kemih merupakan tempat menampung urin sebelum nantinya akan dikeluarkan dari tubuh ketika buang air kecil. Masalah kandung kemih pria atau wanita nantinya bisa menghambat fungsi pembuangan urin dan salah satu masalah tersebut bisa terjadi karena polip kandung kemih atau tumbuhnya daging di dalam kandung kemih.

ads

Penyebab Polip Kandung Kemih

Polip sendiri merupakan jaringan berbentuk lunak yang tumbuh di area yang tidak semestinya. Polip bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja termasuk juga pada anatomi saluran kemih seperti kandung kemih. Daging yang tumbuh tersebut bukanlah sel kanker sehingga biasanya tidak berbahaya dan tidak akan menyebar ke bagian tubuh lain. Namun, ada beberapa kasus polip kandung kemih yang juga bisa berkembang menjadi kanker dan menyebar dinamakan dengan metastasis. Hingga saat ini, sebenarnya masih belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab polip tumbuh pada kandung kemih tersebut.

Faktor Risiko Polip Kandung Kemih

Polip kandung kemih ini bisa terjadi pada siapa saja. Akan tetapi risiko bisa saja meningkat seiring bertambahnya usia seseorang khususnya pada pria dan perokok aktif. Selain itu, paparan bahan kimia dari lingkungan infeksi atau radang kandung kemih juga bisa meningkatkan risiko polip kandung kemih tersebut.

Tanda dan Gejala Polip Kandung Kemih

Polip yang berukuran kecil umumnya memang tidak menimbulkan gejala sehingga penderita juga tidak menyadari penyakit ini. Jika polip sudah semakin membesar, maka barulah beberapa gejala akan dirasakan penderita, seperti:

Jika ada satu atau lebih gejala di atas dialami tanpa disertai dengan gejala lain, maka sebaiknya diwaspadai sebab ini menunjukkan ada masalah pada kandung kemih anda.

Deteksi Polip Kandung Kemih

Polip kandung kemih memang tidak selalu berbahaya, namun dalam beberapa kasus polip bisa bertambah parah dan menyebar ke organ lainnya. Polip ini biasanya juga tidak menimbulkan gejala khas sehingga sulit terdeteksi. Dokter biasanya akan memeriksa kondisi kesehatan pasien lebih dulu dan bertanya tentang riwayat medis. Apabila dokter mencurigai gejala mengarah pada pertumbuhan polip dan bukan karena penyakit lain, maka dokter akan merujuk pasien ke spesialis urologi untuk memastikan diagnosis yang lebih akurat.

Diagnosis oleh dokter spesialis urologi umumnya akan dilakukan dengan tes sistokopi dimana dokter akan memasukkan selang tipis lengkap dengan kamera dan senter ke dalam kandung kemih untuk melihat kondisi jaringan didalamnya. Pada saat bersamaan, dokter kemungkinan juga akan melakukan biopsi untuk mengambil sampel jaringan. Selain sistokopi, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk diagnosis polip kandung kemih, seperti:

  • Tes urine penyakit ginjal: Untuk melihat ada tidaknya bakteri yang berkembang dan menyebabkan infeksi.
  • Sitologi urin: Prosedur sama seperti tes urin namun dengan tujuan untuk memastikan jika tidak terdapat sel kanker yang berkembang dalam kandung kemih.
  • MRI dan CT Scan: Untuk melihat pertumbuhan polip apakah sudah menyebar ke organ lainnya.

Perawatan dan Pengobatan Polip Kandung Kemih

Pengobatan untuk polip kandung kemih tergantung dari penyebab dan jenis polip yang diderita. Jika memang polip tidak menimbulkan gejala, maka bisa dipastikan jika itu bukan sel kanker dan tidak perlu pengobatan medis namun tetap harus secara rutin kontrol ke dokter. Sedangkan untuk polip yang berbahaya bahkan diduga bisa memicu kanker kandung kemih, maka harus diangkat dengan cara bedah yang disebut dengan reseksi kandung kemih transurethral atau TURBT. 

Sponsors Link

Pada saat polip yang tumbuh memiliki sifat kanker dan sudah menyebar ke organ lain, maka dokter kemungkinan akan melakukan prosedur kistektomi untuk mengangkat jaringan yang tumbuh abnormal di bagian tubuh mana saja. Prosedur tersebut mungkin juga akan mengangkat sebagian atau bahkan seluruh kandung kemih dan juga organ lain yang ditumbuhi oleh sel abnormal.

Meski tidak berbahaya, namun polip pada kandung kemih yang merupakan ciri ciri kandung kemih bermasalah tetap harus diangkat agar tidak mengganggu fungsi dari kandung kemih tersebut. Sedangkan cara mencegah masalah ini bisa dilakukan dengan menjauhi segala hal yang bisa merusak kandung kemih anda dari mulai gaya hidup, makanan dan juga minuman.

Sponsors Link
>
, , ,