Sponsors Link

Pneumaturia [Gelembung Udara Dalam Urine]

Sponsors Link

Pneumaturia merupakan kata untuk menggambarkan adanya gelembung udara di dalam aliran urine. Pneumaturia bukan sebuah diagnosis namun gejala dari kondisi kesehatan tertentu. Penyebab umum dari pneumaturia adalah penyakit infeksi saluran kemih, lorong antara usus besar dan juga kandung kemih yang disebut dengan fistula. Untuk mengetahui apa itu pneumaturia, teruskan membaca artikel ini.

ads

Bentuk Pneumaturia

Jika anda menderita pneumaturia, maka anda akan merasakan gas atau sensasi menggelegak yang sangat mengganggu pada aliran air seni anda. Urin akan terlihat penuh dengan gelembung udara kecil dan ini berbeda dengan tampilan air seni berbusa yang umumnya terjadi karena penyebab adanya protein dalam urin.

Karena pneumaturia merupakan gejala dari kondisi lain dan bukan menjadi sebuah kondisi yang berdiri dengan sendirinya, maka anda juga akan merasakan dan melihat beberapa gejala lainnya seperti:

Semua gejala ini menjadi indikasi infeksi saluran kemih anda.

Penyebab Umum Pneumaturia

Salah satu penyebab umum dari pneumaturia yang merupakan masalah pada kandung kemih pria dan wanita ini adalah bakteri infeksi. Pneumaturia bisa mengindikasikan penyakit infeksi saluran kemih karena bakteriyang membuat gelembung pada aliran urin anda.

Sedangan penyebab lainnya adalah fistula yakni bagian antara organ organ dalam tubuh yang tidak berada di tempatnya. Fistula antara usus dan kandung kemih bisa membawa gelembung pada aliran urin anda dan bisa menjadi hasil dari divertikulitis. Terkadang, pneumaturia sendiri juga bisa menjadi gejala dari penyakit crohn.

Ada beberapa kasus yang jarang terjadi di mana dokter akan melihat seseorang dengan pneumaturia dan tidak bisa menemukan penyebab yang mendasarinya.

Diagnosis Pneumaturia

Untuk memastikan pneumaturia, urin yang keluar harus bergelembung. Sedangkan gelembung yang memasuki aliran urin ketika buang air kecil tidak dianggap sebagai pneumaturia. Dokter akan melakukan beberapa tes untuk mencari tahu lokas gelembung memasuki urine anda.

Urin kemungkinan akan diuji untuk melihat apa ada bakteri berbagata di saluran kemih. CT Scan umumnya akan dilakukan untuk melihat fistula. Selain itu, kolonoskopi mungkin juga harus dilakukan untuk melihat apakah pasien memiliki fistula. Sedangkan untuk tes pemeriksaan lapisan kandung kemih yang disebut dengan ctstoscopy kemungkinan juga akan dilakukan.

Pengobatan Pneumaturia

Pengobatan pneumaturia yang merupakan penyakit pada anatomi saluran kemih akan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Penyakit infeksi saluran kemih bisa diobati dengan antibiotik untuk membunuh bakteri pada saluran kemih anda. Terkadang, ada bakteri yang ebal terhadap pengobatan antibiotik pertama sehingga resep antibiotik berikutnya juga dibutuhkan.

Jika pasien memiliki fistula, maka ada beberapa pilihan pengobatan yang bisa dilakukan. Operasi laparoskopi untuk memperbaiki fistula adalah salah satu hal yang mungkin akan dipertimbangkan. Operasi ini menjadi upaya kerja sama antara pasien, ahli bedah dan juga ahli urologi. Pasien juga bisa berdiskusi untuk mengetahui jenis operasi apa yang ingin dilakukan dan kapan harus dilakukan.

Sponsors Link

Tidak semua pasien bisa menjalani operasi. Jika pasien menderita divertikulitis yang bisa menyebabkan fistula, maka mengobati kondisi tersebut bisa berdampak positif pada sisa gejala anda. Perawatan divertikulitis konservatif dan non bedah bisa melibatkan diet sementara atau diet rendah serat serta istirahat.

Pandangan untuk pneumaturia sendiri sangat tergantung dari apa yang menyebabkan gejala tersebut. Jika pasien memiliki penyakit infeksi saluran kemih, maka gejala yang terjadi bisa diatasi dengan kunjungan dokter serta resep antibiotik.

Jika pasien memiliki fistula yang terjadi karena divertikulitis, maka perawatan yang harus dilakukan mungkin dilakukan dalam beberapa langkah. Meski gejala ini tidak menyebabkan sesuatu yang serius, namun bukan berarti bisa diabaikan. Pneumaturia merupakan peringatan dari tubuh jika ada sesuatu yang sedang terjadi pada kandung kemih atau usus anda. Jika anda menderita pneumaturia, maka sebaiknya segera jadwalkan pertemuan dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang sebenarnya anda alami.

Sponsors Link
>
, , , ,