Sponsors Link

Pielonefritis : Penyebab, Gejala, Ciri Ciri dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Pada era modern ini, masih banyak masyarakat yang masih belum maksimal dalam menjagaa kondisi kesehatan ginjal yang dimilikinya. Pola hidup yang tidak sehat kerap menjadi pemicu permasalahan kesehatan yang umum dialami oleh masyarakat. Kinerja ginjal sangat berat oleh sebab itu banyak penyakit yang mencoba untuk merusaknya. Salah satu penyakit tersebut adalah Pielonefritis.

ads

Pielonefritis masuk dalam kategori permasalahan kesehatan yang mungkin dialami oleh ginjal Anda. Oleh karena itu, diperlukan informasi mengenai menyakit yang satu ini. Pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian, penyebab, gejala, cara mengatasi dan ciri-ciri Pielonefritis.

Pengetian Pielonefritis

Pielonefritis

Selain, batu ginjal, Pielonefritis juga kerap mengintai ginjal Anda. Pielonefritis adalah penyakit ginjal yang berkaitan dengan saluran kemih. Pielonefritis juga umum dikeathui sebaga infeksi saluran kemih. Biasanya, penyakit yang satu ini kerap menyerang wanita.

Akan tetapi, bukan berarti bahwa pria bisa bernafas lega untuk tidak terkena, karena baik pria maupun wanita memiliki kemungkinan untuk terjangkit Pielonefritis. Banyak masyarakat yang dilengkapi dengan informasi yang sangat minim mengenai saluran kemih.

Oleh sebab itu, perlu untuk Anda ketahui bahwa komponen dari saluran kemih adalah uretra, ginjal, kandung kemih, dan ureter.

 

Baca juga:

Infeksi yang kerap terjadi pada saluran kemih, bermula di uretra. Uretra adalah komponen dari saluran kemih yang mana merupakan lokasi terakhir urin saat akan dikeluarkan. Ketika seseorang terjangkir infeksi pada bagian tersebut, seharusnya mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat untuk menghindari akibat fatal lainnya. seperti infeksi kandung kemih. Radang yang diakibatkan oleh infeksi yang dibiarkan tersebut, dalam dunia medis dikenal sebagai Cystitis.

Kemudian, apabilaa terus dibiarkan maka infeksi tersebut dapat menyerang ginjal dan ureter. Kita mengetahui bahwa ginjal sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apabila kesehatannya terganggu maka dapat berdampak negatif bagi sistem di dalam tubuh Anda terutama sistem ekskresi. Bayangkan saja, 200 liter darah yang harus diproses oleh ginjal mengalami kesulitan karena kondisi ginjal yang sedang memburuk.

Banyak orang yang masih menganggap sepele mengenai Pielonefritis. Apalagi yang kasus ini memang lebih jarang terjadi daripada Cystitis. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa Pielonefritis dapat mengakibatkan Anda kehilangan ginjal Anda? Bukan hanya itu. Anda juga harus mengeluarkan uang lebih untuk melakukan transplantasi ginjal atau bahkan mencari donor ginjal.

Mencuci darah juga adalah aktivitas yang menunggu Anda apabila Anda terus mengabaikan penyakit ini. Bukan hanya uang saja yang perlu Anda korbankan, tetapi juga waktu dan tenaga Anda untuk bolak-balik ke rumah sakit untuk pengobatan. Oleh sebab itu, segeralah tangani permasalahan kesehatan ini.

Perlu jyga untuk Anda ketahui bahwa infeksi bisa saja menjalar ke bagian tubuh lainnya. Penularan tersebut dapat terjadi karena adanya penyebaran darah ke seluruh tubuh. Kasus ini bernama Sepsis. Sepsis memang terbilang jarang terjadi, akan tetapi, Anda tetap harus waspada mengenai penyakit ini.

Sponsors Link

Penyebab Pielonefritis

Dalam dunia kesehatan, diketahui penyebab dari Pielonefritis adalah adanya bakteri maupun virus yang menyerang tubuh manusia. Bakteri yang biasanya menyerang tubuh manusia dan menyebabkan Pielonefritis adalah Escherichia Coli. Bakteri ini berperan aktif dalam proses pembusukan. Oleh sebab itulah, bakteri jenis ini sering ditemui di usus besar manusia. Infeksi pada kandung kemih dan saluran kemih dapat disebabkan oleh bakteri tersebut.

Wanita yang sedang mengandung juga sangat beresiko tinggi untuk terkena Pielonefritis. Oleh karena itu, dibutuhkan kewaspadaan yang lebih dalam mengatasinya. Apabila terjadi infeksi pada saluran kemih, maka akan menghambat keluarnya urin juga. Biasanya banyak penyebab urin tidak keluar dengan normal. Salah satu penyebabnya adalah adanya batu ginjal yang menghambatnya untuk keluar.

Gejala Pielonefritis

ads
  1. Kedinginan

Orang yang terkena Pielonefritis, pada awalnya akan memberikan respon kedinginan. Hal ini juga terjadi di lokasi yang memiliki suhu yang panas atau tinggi. Oleh sebab itu, menjadi suatu keanehan apabila seseorang malah merasa kedinginan bahkan hingga menggigil. Oleh sebab itu, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga:

  1. Demam

Demam merupakan salah satu pertanda bahwa kondisi kesehatan Anda sedang dalam keadaan rendah. Demam merupakan sebuah sinyal akan adanya penyakit dalam tubuh Anda, termasuk Pielonefritis. Kita mengetahui bahwa Pielonefritis berkaitan erat dengan ginjal. Perlu untuk Anda ketahui bahwa ginjal juga berperan dalam mengatasi suhu tubuh melalui darah yang disaringnya. Oleh sebab itu, waspadalaah dengan tanda-tanda ini.

  1. Mual dan Muntah

Orang yang terkena Pielonefritis juga akan mengalami mual dan muntah. Perasaan yang tidak enak yang terjadi di dalam tubuh juga merupakan pertanda akan kondisi kesehatan yang buruk. Bisa jadi adalah pertanda bahwa Anda sedang terserang Pielonefritis. Kondisi ini juga mendukung adanya rasa logam di dalam tubuh Anda. Hal ini mengakibatkan nafsu makan Anda menjadi berkurang.

  1. Terasa Sakit Saat Buang Air Kecil

Orang yang memiliki kondisi kesehatan yang baik terkait ginjal yang dimilikinya, termasuk saluran kemih, tidak akan merasa sakit saat buang air kecil. Kejadian ini bukan hanya terjadi sekali tetapi berulang kali. Ketidaknyamanan ini mengakibatkan Anda harus segera berobat ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Nyeri di Pangkal Paha

Rasa nyeri yang juga terdapat pada pangkal paha juga dapat menjadi pertanda bahwa Anda terkena Pielonefritis. Nyeri ini terjadi secara mendadak bahkan saat hari itu Anda tidak melakukan aktivitas berat apapun. Hal ini patut dicurigai. Apalagi diikuti oleh keempat tanda-tanda di atas.

Ciri Ciri

  1. Mudah Lelah

Mudah merasa kelelahan menjadi ciri-ciri orang yang terkena Pielonefritis. Hal ini terjadi akibat kurangnya asupan yang diberikan oleh tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa orang yang terkena Pielonefritis, akan memberikan gejala mual dan muntah. Hal ini menyebabnya keluarnya asupan yang diperlukan tubuh sebelum diproses.

  1. Urin Bau

Bau urin yang dimaksud di sini adalah aroma yang busuk. Ciri-ciri inilah termasuk salah satu ciri yang kuat akan adanya Pielonefritis. Bau busuk yang terjadi menandakan adanya bakteri yang tidak dibutuhkan malah terdapat di organ tertentu.

  1. Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil merupakan ciri-ciri yang lainnya. Pielonefritis menyebabkan kuantitas untuk buang air kecil semakin tinggi. Hal ini disebabkan ketidaktuntasan buang air kecil pada periode sebelumnya.

Cara Mengatasi

Ketika Anda sudah menerima kelima gejala-gejala di atas, memang sudah selayaknya Anda mendapatkan penanganan khusus di rumah sakit. Segeralah temui dokter dan tanyakan penyakit apa yang sedang Anda derita. Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan berbagai cara termasuk USG maupun pengecekan urin langsung. Urin dipercaya dapat memberikan informasi terkait kesehatan tubuh Anda.

Sponsors Link

Untuk penanganan awal, Anda juga dapat mengobatinya dengan sederhana. Anda dapat memilih antibiotik untuk Anda konsumsi. Antibiotik dipercaya dapat mengobati rasa nyeri Anda. Disamping itu, antibiotik juga dapat memperbaiki struktur yang rusak dalam organ terkait. Akan tetapi, karena pemberian antibiotik termasuk sangat lemah untuk mengobatinya dengan tuntas, Anda masih perlu ke dokter. Di rumah sakit, Anda juga akan mendapati pasien yang diobati dengan pemberian antibotik melaui infus.

Selain melalui jalan infus, operasi juga akan dilakukan. Hal ini berlaku pada orang yang sudah terlampau jaub terkena Pielonefritis. Penyebab utamanya adalah adanya batu ginjal ditemukan di saluran kemih, biak itu di dalam ginjal atau di komponen lainnya. Operasi ini dimaksudkan untuk mengambil batu ginjal yang ada sehingga sistem ekskresi sedikit terobati.

Baca juga:

Demikian informasi mengenai Pielonefritis. Melalui informasi yang sudah dipaparkan, diharapkan mampu memberikan pengetahuan yang lebih mengenai Pielonefritis. Hal tersebut dimaksudkan untuk pencegahan dan penanganannya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :