Sponsors Link

3 Proses Perkembangan Ginjal Janin dalam Kandungan

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang penting layaknya paru-paru, jantung, dan hati. Anatomi ginjal bekerja berkaitan dengan aliran darah, dimana darah yang kotor akan disaring limbahnya kemudian limbah tersebut akan dibuang dalam bentuk urine. Ginjal berkembang dari masa embrio hingga bayi dilahirkan. Tentunya perkembangan ginjal janin terdiri dari fase-fase tertentu dan pada waktu-waktu tertentu. Berikut beberapa penjelasannya.

ads

Perkembangan Ginjal pada Janin

Seperti yang diketahui bersama bahwa janin akan selalu mengalami proses pembentukan dan perkembangan yang cukup pesat di dalam kandungan. Perkembangan janin juga berbeda-beda di setiap fase kehamilan. Kebanyakan organ tubuh mulai dibentuk pada usia kehamilan 7 minggu. Bagaimana dengan ginjal dan Anatomi Saluran Kemih?

Pada dasarnya pembentukan ginjal pada janin terjadi dalam 3 proses utama, yaitu pronefros, mesonefros, dan metanefros. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya.

  1. Pronefros

Proses pertama dari perkembangan ginjal janin adalah pronefros. Proses ini terjadi pada minggu keempat kehamilan. Proses pronefros ini diawali dengan pembentukan 7 hingga 10 kelompok sel padat di area leher. Kelompok sel yang pertama akan membentuk nefrotom vestigium. Nefrotom vestigium akan menghilang sebelum nefrotom yang berada di sebelah kaudal terbentuk. Proses pronefros ini akan menghilang pada akhir minggu keempat kehamilan.

  1. Mesonefros

Proses perkembangan ginjal janin yang berikutnya adalah mesonefros. Proses ini berawal dari mesodem intermedia yang merupakan bagian dari segmen dada atas lumbal (L3). Sisetm mesonefros akan mulai tampak pada minggu keempat. Proses ini akan membentuk saluran yang bisa memanjang dengan cepat. saluran ini kemudian membentuk sebuah gelung dengan bentukan yang menyerupai huruf S. Saluran ini memiliki glomerolus di bagian ujung medial. Selain itu juga akan membentuk simpai bowman sebagai bagian dari ginjal.

Simpai bowman dan glomerolus akan membentuk korpuskulus mesonefrikus . sedangkan di sebelah lateral, akan ada saluran yang berakhir pada saluran duktus mesonefrikus atau duktus wolf. Kemudian mesoefros ini akan membentuk organ dengan bentukan seperti bulat telur yang cukup besar. Posisinya ada di kanan dan kiri garis tengah. Pada proses ini juga akan terbentuk rigi urogenital.

  1. Metanefros

Setelah proses pronefros dan mesonefros, maka proses selanjutnya adalah metanefros. Proses ini akan mulai terjadi pada minggu kelima. Dalam proses ini, satuan ekskresi akan mulai berkembang. Pada proses ini juga akan terbentuk Ciri Ciri Anatomi Ginjal permanen atau ginjal tetap pada manusia.

Sponsors Link

Itulah beberapa proses utama dari perkembangan ginjal pada janin. Mengingat perkembangan organ tubuh janin merupakan hal yang penting, ibu hamil akan selalu direkomendasikan untuk memeriksakan diri secara rutin untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini penting mengingat ada juga beberapa jenis Kelainan Ginjal Pada Janin sejak dalam kandungan yang bisa terjadi kepada siapa saja. Penyebabnya adalah tidak sempurnanya proses perkembangan organ tubuh ketika berada di dalam kandungan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai perkembangan ginjal janin yang perlu diketahui. Ketahui juga Ciri Ciri Ginjal Sehat dan cara menjaga kesehatan ginjal agar tidak sampai terkena Penyakit Sistem Kemih. Semoga bermanfaat untuk Anda sebagai informasi umum.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi