Sponsors Link

3 Perbedaan Urine Primer dan Urine Sekunder yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Urine adalah zat pengeluaran yang dibentuk di organ ginjal dan dikeluarkan melalui saluran uretra. Proses Terbentuknya Urine pada tubuh sendiri merupakan sebuah proses yang terjadi sebagai salah satu bagian dari metabolisme tubuh di saluran ekskresi manusia untuk mengeluarkan limbah yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.

ads

Urine memiliki jenis yang berbeda-beda. Berdasarkan proses pembentukannya, urine dibedakan menjadi dua, yaitu urine primer dan urine sekunder. Apa saja yang menjadi perbedaan urine primer dan urine sekunder? Berikut beberapa penjelasannya.

Perbedaan Urine Primer dan Sekunder

Beberapa perbedaan mendasar dari urine primer dan sekunder antara lain dijelaskan sebagai berikut.

  1. Lokasi

Perbedaan pertama dan menjadi perbedaan utama dari kedua jenis urine ini adalah lokasi terbentuknya urine primer dan sekunder itu sendiri. Dimana urine primer terbentuk di Fisiologi Ginjal yaitu di bagian glomerulus. Glomerulus adalah unit ginjal yang bertugas untuk melakukan penyaringan plasma darah. Jika bagian ini mengalami gangguan atau peradangan, penyakitnya disebut Glomerulonefritis. Sementara urine sekunder terbentuk di tubulus kontortus proksimal. Tubulus ini adalah bagian ginjal yang bertugas untuk penyerapan kembali.

  1. Proses

Sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa urine dibentuk di ginjal. Mekanismenya adalah ginjal akan menyaring darah dan memisahkan darah bersih dengan limbah-limbah di darah. Baru kemudian limbah-limbah itu akan diproses kembali untuk menjadi urine yang dikeluarkan dari tubuh.

Urine primer adalah urine yang terbentuk dari hasil proses filtrasi di glomerulus. Glomerulus itu sendiri adalah bagian terkecil ginjal yang bertugas untuk menyaring plasma darah. Sehingga bisa dikatakan urine primer adalah hasil penyaringan pertama di glomerulus.

Sedangkan urine sekunder adalah urine yang terbentuk dari hasil proses reabsorpsi yang terjadi di tubulus kontortus proksimal. Proses reabsorpsi sendiri adalah penyerapan kembali zat-zat yang masih berguna bagi tubuh. Dengan kata lain, urine sekunder adalah urine primer yang sudah menjalani proses reabsorpsi.

  1. Komposisi

Selain dari prosesnya, perbedaan urine primer dan urine sekunder bisa dilihat juga dari komposisi atau kandungan yang ada di dalamnya. Urine primer memiliki  kandungan yang hampir sama dengan cairan jaringan yang menembus kapiler. Selain itu, karena urine primer baru melewati satu kali tahap penyaringan, maka komposisinya lebih banyak daripada urine sekunder. Beberapa komposisi dari urine primer pada orang normal antara lain sebagai berikut.

Sponsors Link

  • Air
  • Asam amino (0,5 gram)
  • Bikarbonat
  • Garam
  • Glukosa
  • Ion anorganik (7,2 gram)
  • Ion Cl-
  • Ion HCO3-
  • Kalium
  • Klorida
  • Natrium
  • Protein (kurang dari 0,03%)
  • Urea (0,3 gram)

Itulah beberapa kandungan dari urine primer. Sedangkan urine sekunder memiliki komposisi atau kandungan yang sedikit berbeda dengan urine primer. Dimana urine primer akan disaring lagi secara osmosis, dan menyisakan beberapa kandungan yang menjadi urine sekunder, seperti:

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai perbedaan urine primer dan urine sekunder yang perlu diketahui sebagai proses pembentukan urine di ginjal. Ketahui juga beberapa Perbedaan Urine Normal dan Abnormal. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi