Sponsors Link

4 Perbedaan Urine Normal dan Diabetes yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Diabetes merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi tinggi. Diabetes perlu dicegah dan diminimalkan risikonya, mengingat diabetes bisa menyebabkan berbagai permasalahan. Bahkan Hubungan Gagal Ginjal dengan Diabetes juga sangat erat. Maka dari itu, perlu diketahui ciri diabetes dari Perbedaan Urine Normal dan Abnormal. Dan salah satu tanda diabetes bisa dilihat dari urine.

ads

Perbedaan Urine Normal dengan Diabetes

Berikut beberapa perbedaan urine normal dan diabetes yang perlu diketahui sebagai kewaspadaan diri.

  1. Frekuensi buang air kecil

Salah satu perbedaan dari urine orang normal dengan orang yang diabetes adalah frekuensi pengeluaran urine. Dimana orang yang mengidap diabetes akan mengalami lebih Sering Buang Air Kecil Jernih. Berbeda dengan orang normal, yang buang air kecil tidak terlalu sering dan seperlunya saja. Akan tetapi, tidak semua orang yang sering buang air kecil mendeita diabetes. Bisa saja terjadi karena konsumsi airnya yang terlalu banyak, atau karena penyakit di kandung kemih, misalnya kandung kemih hiperaktif.

  1. Volume urine

Selain frekuensinya, perbedaan urine normal dan diabetes bisa dilihat juga dari volume yang dikeluarkannya. Kebanyakan penderita diabetes akan mengeluarkan urine dengan volume yang cukup banyak. Sedangkan orang normal mengeluarkan urine sesuai dengan kapasitas cairan yang dikonsumsinya.

Mengapa penderita diabetes sering kencing dengan volume yang banyak? penyebabnya adalah karena kadar glukosa yang melebihi kadar normal akan dikeluarkan oleh ginjal sebagai urine. Maka dari itu, urine menjadi lebih banyak.

  1. Kandungan glukosa pada urine

Perbedaan urine normal dan diabetes lainnya adalah adanya kandungan glukosa pada urine. Kandungan glukosa yang berlebihan pada urine ini terjadi para orang yang menderita diabetes, sementara Ciri Urine Sehat tidak akan menunjukkan tanda urine yang mengandung gula. Kondisi ini dinamakan dengan glukosuria, dimana urine mengandung gula. Kondisi ini biasanya terlihat ketika urine sering dikerubuti semut karena rasanya yang manis.

  1. Bau yang khas

Urine yang normal memang memiliki bau yang khas, yaitu bau amonia atau bau pesing. Namun ciri urine ini tidak ditemui pada penderita diabetes. Karena pada penderita diabetes, bau urine akan berbeda dengan urine normal. Aroma atau bau dari urine penderita diabetes mungkin akan seperti buah-buahan. Hal ini disebabkan oleh adanya aseton atau asam keton di dalamnya.

Itulah beberapa perbedaan antara urine normal dengan urine penderita diabetes. Jika gejala urine diabetes terjadi kepada Anda, segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kadar gula darah Anda.

Sponsors Link

Tanda Diabetes Lainnya

Selain dari urine atau air kencing, tanda diabetes lainnya juga bisa didapatkan dari kondisi fisik penderita diabetes. Penderita diabetes akan mengalami:

  • Haus yang berlebihan dan terus menerus
  • Sering merasa lapar
  • Badan terasa sangat lemas
  • Penurunan berat badan
  • Kulit menjadi kering
  • Muncul rasa gatal atau kesemutan
  • Mata menjadi kabur

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai perbedaan urine normal dan diabetes yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat untuk Anda agar bisa mendeteksi sejak dini gejala diabetes. Ketahui juga Perbedaan Diabetes Melitus dan Insipidus yang jarang diketahui.

Sponsors Link
>
, , , ,