Sponsors Link

Perbedaan Sistem Urin Pria dan Wanita yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Sistem urine atau sistem kemih manusia merupakan sebuah sistem ekskresi yang terdiri dari beberapa organ tubuh yang bekerja sama dalam proses terbentuknya urine pada manusia. Proses dimulai dari organ ginjal yang merupakan organ utama di sistem urine. Ginjal akan berfungsi untuk menyaring darah dan membentuk urine sebagai zat pembuangan. Urine dari ginjal kemudian akan disalurkan menuju kandung kemih. Baru kemudian dari kandung kemih urine akan dibuang melalui uretra. Warna Urine Sehat adalah kuning bening.

ads

Pada dasarnya pria dan wanita memiliki mekanisme Anatomi Saluran Kemih yang sama, mulai dari organ ginjal, kandung kemih, hingga uretra. Akan tetapi sistem urine pria dan wanita memiliki perbedaan karena struktur anatomi pria dan wanita juga berbeda, terutama pada sistem kemih bagian bawah. Berikut beberapa penjelasan mengenai perbedaan sistem urin pria dan wanita yang perlu diketahui.

Sistem urin pria

Sebelum mengetahui perbedaan sistem urin pria dan wanita, ada baiknya mengetahui dulu bagaimana sistem urine pria. Di artikel sebelumnya sudah dijelaskan mengenai Uretra dan Fungsinya baik pada pria dan wanita. Saluran kemih pada pria (uretra) menjadi satu kesatuan dengan sistem reproduksi. Satu hal yang paling menonjol dari sistem urine pria adalah panjang uretra yang mencapai 20 centimeter. Fungsinya ganda, yaitu sebagai saluran pembuangan urine sekaligus sebagai saluran reproduksi.

Uretra pada sistem urine pria terdiri dari 4 bagian utama, antara lain sebagai berikut.

  • uretra spons
  • membran uretra
  • uretra pra-prostat
  • uretra prostat

Sistem urin wanita

Sistem urine pada wanita tidak berhubungan langsung dengan sistem reproduksinya. Pada wanita, uretra juga sangat pendek, yaitu hanya kurang lebih 1,5 inchi saja. Uretra pada wanita yang pendek membuat wanita lebih rentan terkena Penyakit Infeksi Saluran Kemih, mengingat lubang uretra wanita juga lebih dekat dengan anus, dimana bakteri E.coli berasal.

Perbedaan Sistem Urine Pria dan Wanita

Setelah melihat penejelasan dari masing-masing siatem urine di atas, berikut beberapa perbedaan sistem urin pria dan wanita yang bisa disimpulkan.

  • Ukuran uretra pada pria lebih panjang daripada uretra pada wanita. Hal ini adalah perbedaan utama yang dapat dilihat dari anatomi fisik pria dan wanita.
  • Fungsi sistem urine pria dan wanita juga berbeda. Sistem urine wanita terpisah dengan siatem reproduksi. Sementara sistem urine pada pria berfungsi juga sebagai sistem reproduksi. Uretra pada pria juga merupakan saluran untuk jalan keluar sperma pria.
Sponsors Link

  • Perbedaan sistem urin pria dan wanita adalah dari anatominya. Secara anatomi, saluran uretra pada wanita lebih dekat dengan anus jika dibandingkan dengan saluran uretra pada pria. Selain itu ukuran uretra wanita juga lebih pendek daripada pria.
  • Sistem urine wanita lebih rentan terserang infeksi saluran kemih daripada pria. Penyebabnya adalah karena posisinya yang lebih dekat dengan anus dan juga salurannya yang lebih pendek daripada pria.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai perbedaan sistem urin pria dan wanita yang perlu diketahui sebagai informasi anatomi dan faktor risiko penyakit pria dan wanita di saluran kemih. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi