Sponsors Link

3 Perbedaan Sakit Ginjal dan Sakit Pinggang yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Memang ada beberapa penyakit yang bisa menyerang ginjal. Dan karena posisi ginjal adalah di rongga perut yang dekat dengan pinggang, salah satu gejala yang umum terjadi pada Penyakit Ginjal adalah sakit pinggang. Namun tidak semua sakit pinggang berarti gejala sakit ginjal. Maka dari itu perlu diketahui beberapa perbedaan sakit ginjal dan sakit pinggang yang mendasar agar bisa membedakan penyebab rasa sakit sehingga bisa melakukan penanganan yang tepat.

ads
  1. Organ yang diserang

Untuk mengetahui perbedaan dari kedua penyakit ini, perlu diketahui terlebih dahulu mengenai organ mana yang diserang. Pada dasarnya, sakit ginjal tentu menyerang organ ginjal. Organ ginjal sendiri berjumlah dua, yaitu di kanan dan di kiri. Gangguan pada ginjal ini bisa menyerang salah satu atau kedua ginjal.

Sedangkan pada sakit pinggang, organ yang diserang bisa otot di sekitar pinggang, atau tulang belakang. Terlebih jika ada kelainan pada saraf tulang belakang. Maka akan muncul rasa nyeri di sekitar pinggang. Orang yang menderita sakit pinggang mungkin akan mengalami rasa tidak nyaman ketika berbaring, duduk atau jongkok. Dan jika bagian pinggang dipijit, biasanya rasa nyerinya akan sedikit berkurang.

  1. Penyebab

Perbedaan sakit ginjal dan sakit pinggang berikutnya adalah dari penyebabnya. Ada begitu banyak penyakit ginjal yang bisa menyebabkan sakit ginjal. Beberapa yang umum dijumpai antara lain batu ginjal, Infeksi Ginjal Kiri dan kanan, radang ginjal, dan Gagal Ginjal Akut ataupun kronis. Adapun beberapa kondisi yang meningkatkan risiko sakit ginjal seperti:

  • kebiasaan mengonsumsi obat maag dan obat jenis lainnya,
  • kebiasaan menahan air kencing,
  • kebiasaan yang salah dalam membersihkan organ intim setelah buang air besar dan kecil,
  • mengidap diabetes atau hipertensi,
  • kadar asam urat sangat tinggi,
  • dan lain-lain

Sedangkan penyebab sakit pinggang yang umum terjadi disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti:

  • Kelebihan berat badan yang menekan tulang belakang
  • Kebiasaan duduk atau berdiri dalam jangka waktu lama
  • Pernah mengalami cedera di area pinggang
  • Faktor kehamilan, terutama jika kehamilan semakin membesar
  • Adanya pengeroposan tulang akibat faktor usia
  • Pernah mengalami patah tulang atau retak tulang
  • Kebiasaan tidur yang salah
  • Dan lain-lain

Itulah beberapa perbedaan dari penyebabnya

  1. Gejala

Perbedaan lainnya bisa dilihat dari gejala yang ada. Pada orang-orang dengan sakit ginjal, memang mereka akan mengalami rasa sakit di bagian pinggang. Namun rasa sakit pada pinggang itu cukup khas.

Sponsors Link

Selain itu, orang sakit ginjal juga akan menunjukkan gejala yang khas, dan berkaitan dengan urine dan sistem kemih. Misalnya frekuensi buang air kecil yang berubah, menjadi lebih sering atau menjadi lebih jarang. Selain itu bisa juga menunjukkan gejala berupa perubahan warna atau bau urine. Maka, waspadalah jika muncul gejala Sering Kencing dan Sakit Pinggang, karena bisa jadi itu disebabkan oleh gangguan pada ginjal. Ketahui juga Perbedaan Urine Normal dan Abnormal.

Sedangkan pada orang dengan keluhan sakit pinggang biasa, gejala gangguan urine dan sistem kemih di atas tidak akan terjadi. Hanya saja mereka akan merasa pegal-pegal dan mungkin juga kebas atau kesemutan di area pinggang.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai perbedaan sakit ginjal dan sakit pinggang yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,