Sponsors Link

Perbedaan ISK dengan Infeksi Ginjal dan Persamaannya

Sponsors Link

Saluran kemih adalah bagian dari sistem ekskresi. Tugasnya adalah sebagai organ pembuangan urine sehingga limbah pada darah bisa dibuang secara sempurna. Maka dari itulah kesehatan saluran kemih perlu dijaga agar tidak terserang berbagai gangguan atau Penyakit Sistem Kemih.

ads

Namun, memang ada beberapa penyakit yang menyerang saluran kemih. Salah satu yang sering dibahas adalah infeksi saluran kemih atau ISK. Selain ISK, ada juga penyakit yang serupa, yaitu infeksi ginjal. Kedua penyakit ini secara garis besar memang sama. Namun ada beberapa perbedaannya juga.

Perbedaan ISK dan Infeksi Ginjal

Berikut beberapa perbedaan ISK dengan infeksi ginjal yang perlu diketahui untuk informasi mengenai penyakit pada sistem ekskresi.

  1. Organ yang diserang

Salah satu perbedaan mendasar dari penyakit infeksi saluran kemih dengan infeksi ginjal adalah organ yang diserang. Dimana infeksi saluran kemih akan menyerang bagian saluran kemih, seperti uretra, kandung kemih, atau ureter. Sementara infeksi ginjal akan menyerang organ ginjal.

  1. Komplikasi

Perbedaan ISK dengan infeksi ginjal adalah dari komplikasi yang ditimbulkannya. Sebelumnya, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa infeksi ginjal adalah akibat dari penyakit Infeksi Saluran Kemih Jika Tidak Diobati. Dimana bakteri yang menyebabkan infeksi di saluran kemih bisa berpindah ke ginjal dan menginfeksi ginjal, sehingga muncullah penyakit infeksi ginjal. Sehingga, secara garis besar, penyebab dari kedua penyakit ini adalah sama.

Akan tetapi, komplikasi yang ditimbulkan oleh infeksi ginjal akan lebih serius jika dibandingkan dengan komplikasi yang ditunjukkan oleh Penyakit Infeksi Saluran Kemih. Walau tidak menutup kemungkinan, infeksi saluran kemih juga bisa menjadi semakin parah dan menyebabkan berbagai gangguan lainnya. Berikut beberapa komplikasi yang bisa disebabkan oleh infeksi ginjal.

  • Abses ginjal
  • Sepsis
  • Gagal ginjal
  • Kerusakan ginjal (Pielonefritis emfisematosa)
  • Komplikasi pada kehamilan

Sedangkan komplikasi pada ISK bisa menyebabkan beberapa gangguan seperti:

  • Infeksi ginjal
  • Penyempitan pada uretra
  • Sepsis
  • Gangguan kehamilan

Itulah dua perbedaan utama dari infeksi saluran kemih dengan infeksi ginjal.

Persamaan ISK dan Infeksi ginjal

Adapun persamaan dari infeksi saluran kemih dan infeksi ginjal adalah penyebabnya, dimana kedua penyakit ini sama-sama disebabkan oleh infeksi bakteri E. coli. Bakteri jenis ini banyak hidup di saluran pencernaan manusia.

Sponsors Link

Masuknya E. coli ke saluran kemih dan ginjal bisa disebabkan oleh kebiasaan yang salah dalam membersihkan kemaluan setelah buang air besar dan air kecil. Serta jika kebersihan organ intim tidak dijaga. Baik infeksi ginjal maupun infeksi saluran kemih akan lebih rentan menyerang wanita, karena struktur anatomi uretra wanita lebih pendek dan lebih dekat dengan anus jika dibanding dengan pria.

Adapun gejala yang khas dari infeksi saluran kemih maupun infeksi ginjal adalah perubahan pada frekuensi dan volume urine. Selain itu mungkin akan muncul hematuria. Gejala lain yang khas adalah demam dan rasa sakit bahkan panas ketika buang air kecil.

Demikianlah beberapa pernjelasan mengenai perbedaan ISK dengan infeksi ginjal dan persamaannya. Ketahui juga beberapa Makanan yang Dianjurkan Penderita Infeksi Ginjal agar bisa segera sembuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,