Sponsors Link

4 Perbedaan Ginjal Laki Laki dan Perempuan yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ di dalam tubuh yang cukup penting peranannya. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah dari zat-zat limbah sebelum akhirnya diedarkan lagi ke seluruh tubuh. Ginjal termasuk ke dalam Anatomi Saluran Kemih sebagai salah satu organ yang juga berperan dalam sistem ekskresi dan Proses Terbentuknya Urine pada manusia. Ginjal pada wanita dan pria itu juga berbeda baik secara anatomi maupun pada penyakit-penyakit yang lebih rentan menyerangnya. Berikut beberapa perbedaan ginjal laki laki dan perempuan yang perlu diketahui.

ads
  1. Ukuran organ

Secara fisik, laki-laki dan perempuan memang berbeda. Laki-laki biasanya memiliki struktur tubuh yang lebih besar atau lebih tinggi dari perempuan. Dan hal ini mempengaruhi juga organ-organ tubuhnya, termasuk ginjal. Perbedaan utama dari ginjal laki-laki dan perempuan adalah dari ukuran ginjal laki-laki yang lebih besar daripada wanita. Ukuran ginjal laki-laki kurang lebih 125 sampai 170 gram, sementara pada wanita hanya sekitar 115 sampai 155 gram.

  1. Wanita lebih rentan terserang infeksi ginjal

Selain dari anatomi dan juga Fisiologi Ginjal, perbedaan ginjal laki laki dan perempuan juga bisa dilihat dari penyakit atau gangguan yang lebih rentan menyerang ginjal. Adapun salah satu gangguan yang sering menyerang ginjal wanita daripada pria adalah infeksi ginjal.

Infeksi ginjal adalah salah satu jenis dari infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini bisa berpindah dari bagian anus ke bagian kemih dan naik ke ginjal sehingga menginfeksi di sana. Penyebabnya adalah karena ukuran uretra wanita lebih pendek daripada pria sehingga memungkinkan bakteri mudah berpindah ke saluran kemih.

  1. Pria lebih rentan terserang gagal ginjal

Selain infeksi ginjal, perbedaan ginjal laki laki dan perempuan lainnya adalah penyakit gagal ginjal yang lebih rentan menyerang laki-laki. Seperti yang dilihat dalam fenomena sehari-hari bahwa ada lebih banyak pasien laki-laki yang perlu menjalani cuci darah karena penyakit ginjal yang dideritanya jika dibandingkan dengan wanita.

Ada faktor yang mempengaruhi hal tersebut, yaitu faktor hormon wanita yang berbeda dengan hormon pria, dimana hormon wanita bisa melindunginya dari penyakit gagal ginjal. Selain itu penyakit jangka panjang seperti diabetes dan hipertensi juga kebanyakan menyerang pria daripada wanita. Yang mana keduanya adalah penyebab utama gagal ginjal kronis.

  1. Pria lebih rentan terserang batu ginjal

Selain gagal ginjal kronis, penyakit ginjal lain yang lebih rentan menyerang pria jika dibandingkan wanita adalah batu ginjal. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi dan lagi-lagi salah satu faktornya adalah hormon pada wanita yang lebih bisa menghambat penyakit di ginjal daripada pria, termasuk menghambat batu ginjal.

Sponsors Link

Selain itu beberapa faktor lain adalah saluran kemih pria yang lebih sempit, juga gaya hidup pria yang lebih rentan menderita dehidrasi jika dibanding wanita. Aktifitas pria yang biasanya lebih banyak daripada wanita juga meningkatkan risiko dehidrasi pada pria tanpa disadari, sehingga bisa menjadi Penyebab Ginjal Batu pada pria yang lebih tinggi risikonya daripada wanita.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai perbedaan ginjal laki laki dan perempuan yang perlu diketahui baik secara anatomi maupun dari segi Penyakit Ginjal yang lebih rentan menyerang berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi