Sponsors Link

Perbedaan Ginjal Kanan dan Kiri serta Fungsinya

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ dari sistem kemih yang bertugas untuk menyaring darah dari limbah, dan menyalurkan limbah ke saluran kemih sebagai urine yang akan dibuang dari tubuh. Dengan demikian, ginjal bertugas untuk Proses Terbentuknya Urine. Anatomi ginjal sendiri berbeda antara laki-laki dan wanita. Perbedaan Ginjal Laki Laki dan Perempuan ada pada ukurannya, dimana ginjal laki-laki lebih berat dan lebih besar daripada wanita. Namun, tahukah Anda bahwa ginjal kanan dan kiri juga berbeda?

ads

Perbedaan Ginjal Kanan dan Ginjal Kiri

Berikut beberapa perbedaan ginjal kanan dan kiri yang perlu diketahui.

  1. Posisi

Salah satu perbedaan utama dari ginjal sebelah kanan dan sebelah kiri adalah posisinya. Ginjal sebelah kanan berada di rusuk 12 dan bersambung dengannya. Sementara ginjal sebelah kiri berada di antara rusuk 11 dan rusuk 12. Kedua ginjal ini memang tidak sama posisinya karena rongga perut tidak simetris. Dimana ginjal kanan sedikit lebih rendah daripda ginjal kiri. Hal ini disebabkan karena adanya organ hati di sebelah kanan rongga perut sehingga posisinya lebih rendah.

  1. Ukuran

Perbedaan ginjal kanan dan kiri berikutnya adalah dari ukuran. Ukuran ginjal kanan dan ginjal kiri ternyata berbeda. Ginjal kiri memiliki ukuran yang lebih besar, kurang lebih antara 0,5 hingga 1,5 cm daripada ginjal kanan.

  1. Organ yang berhubungan

Perbedaan selanjutnya dari Fisiologi Ginjal kanan dan kiri adalah dari organ yang berhubungan. Ginjal sebelah kanan tentunya akan berhubungan dengan organ tubuh di sebelah kanan. Misalnya saja dengan kelenjar suprarenal kanan, organ hati, usus kecil, usus besar (bagian lentur kolik kanan), duodenum, dan sebagainya.

Sementara ginjal bagian kiri akan berhubungan dengan organ-organ yang berada di sebelah kiri rongga perut. Misalnya kelenjar suprarenal kiri, pankreas, limpa, jejunum, lentur kolik kiri usus besar, dan sebagainya.

Itulah beberapa perbedaan ginjal kanan dan kiri yang perlu diketahui.

Fungsi Ginjal

Walau ginjal kanan dan kiri sedikit berbeda dalam urusan anatomi dan posisinya, akan tetapi, kedua ginjal ini akan bekerja sama dalam kelancaran metabolisme tubuh. Kedua ginjal ini termasuk ke dalam Anatomi Saluran Kemih, dan berfungsi sebagai:

Sponsors Link

  • Organ yang menyaring darah dan memisahkan darah dari limbah sebagai urine. Dengan demikian, tubuh akan tetap bersih dari limbah dan racun yang menumpuk di darah.
  • Membantu mengendalikan keseimbangan air di dalam tubuh. Ginjal juga berperan dalam memastikan bahwa semua jarinagn di tubuh menerima cairan yang cukup sehingga proses metabolisme bisa berjalan dengan normal.
  • Membantu mengatur tekanan darah sehingga tekanan darah tetap terjaga.
  • Membantu mengatur sel darah merah dan berperan dalam proses pembentukan sel darah merah di sumsum tulang.
  • Membantu mengatur keseumbangan pH dalam darah dan cairan tubuh, sehingga semua organ tubuh dapat bekerja dengan baik.
  • Menghasilkan vitamin D aktif yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai perbedaan ginjal kanan dan kiri dan fungsinya yang perlu diketahui. Mengingat fungsi ginjal sangat penting bagi metabolisme tubuh, ada baiknya ketahui juga beberapa Cara Menjaga Kesehatan Ginjal yang perlu dilakukan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi