Sponsors Link

3 Perbedaan Ginjal Bocor dan Gagal Ginjal yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Memang ada beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang ginjal dan gejala dari berbagai jenis penyakit ginjal kebanyakan mirip sehingga sulit untuk dibedakan. Misalnya penyakit gagal ginjal dan ginjal bocor. Kedua penyakit ini sama-sama menyerang ginjal dan menunjukkan gejala gangguan ginjal yang memang mirip. Namun keduanya berbeda. Berikut beberapa perbedaan ginjal bocor dan gagal ginjal yang perlu diketahui.

ads
  1. Mekanisme terjadinya penyakit

Perbedaan pertama bisa dilihat dari pengaruh atau kaitan dari penyakit ini dengan organ ginjal itu sendiri. Pada ginjal bocor, penyakit ini berkaitan dengan kerja dari organ ginjal itu sendiri yang mengalami masalah atau kebocoran pada bagian penyaringnya. Namun ginjal bocor bukanlah organ ginjal yang berlubang. Melainkan karena tidak bisa menahan protein sehingga protein dibuang dalam jumlah yang berlebihan. Ciri Ciri Ginjal Bocor Pada Anak maupun orang dewasa yang khas adalah urine yang mengandung protein.

Sedangkan penyakit gagal ginjal berkaitan dengan fungsi ginjal itu sendiri. Dimana fungsi ginjal akan mengalami penurunan dari waktu ke waktu (kronis) atau mengalami gagal fungsi secara tiba-tiba (akut) sehinga menyebabkan ginjal tidak bisa berfungsi sama sekali dalam menyaring darah.

  1. Penyebab

Perbedaan ginjal bocor dan gagal ginjal adalah dari penyebabnya. Pada ginjal bocor, ada beberapa Penyebab Sindrom Nefrotik Pada Anak yang meningkatkan risiko penyakit tersebut, seperti perubahan pada sistem kekebalan tubuh pasien yang mana ini sering terjadi pada anak-anak. Selain itu ginjal bocor juga bisa disebabkan oleh peradangan pada ginjal sehingga menyebabkan ginjal tidak bisa menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya. Bisa juga disebabkan oleh penyakit lupus atau diabetes.

Sedangkan gagal ginjal sendiri dibedakan menjadi dua, yaiu kronis dan akut. Pada gagal ginjal kronis, penyebab yang paling utama adalah diabetes dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sedangkan pada gagal ginjal akut, penyebabnya kebanyakan adalah kondisi fisik pasien itu sendiri, misalnya jika terjadi pendarahan atau luka bakar yang parah pada pasien.

  1. Pengobatan

Pengobatan pada ginjal bocor dilakukan untuk mengobati penyebab ginjal bocor itu sendiri. Selain itu ada juga beberapa metode yang dilakukan untuk meringankan gejala yang muncul misalnya obat-obatan diuretik dan obat darah tinggi. Dan yang perlu diketahui adalah Ginjal Bocor Bisa Disembuhkan dengan pengobatan dan penanganan yang tepat dan konsumsi Makanan untuk Penderita Ginjal Bocor yang tepat.

Sedangkan pada gagal ginjal, metode penanganan yang khas adalah cuci darah, yang mana cuci darah ini akan dilakukan untuk menjadi pengganti fungsi ginjal. Maka dari itu cuci darah juga perlu dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Selain itu pada kasus gagal ginjal kronis yang sudah cukup parah, bahkan jika fungsi ginjalnya sudah memasuki Gagal Ginjal Stadium 5, transplantasi ginjal akan direkomendasikan pada pasien. Dan sayangnya, gagal ginjal kronis tidak bisa disembuhkan.

Sponsors Link

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai perbedaan ginjal bocor dan gagal ginjal yang perlu diketahui. Walau gejala dari kedua penyakit ini memang mirip, namun penyebab hingga pengobatannya berbeda. Untuk itu, lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat bagi Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,