Sponsors Link

3 Perbedaan Gagal Ginjal dengan Sindrom Nefrotik

Sponsors Link

Ginjal adalah organ tubuh yang berpedan dalam pembuangan limbah. Namun ginjal bisa mengalami gangguan yang bisa terjadi kepada siapa saja yang berisiko tinggi. Beberapa jenis penyakit ginjal yang sering dibahas adlaah gagal ginjal dan sindrom nefrotik (ginjal bocor).

ads

Kedua penyakit tersebut memang sama-sama menyerang organ ginjal, sehingga kemungkinan keduanya menunjukkan gejala yang mirip. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa keduanya sangat berbeda. Berikut beberapa perbedaan gagal ginjal dengan sindrom nefrotik yang perlu diketahui.

  1. Proses terjadinya penyakit

Salah satu perbedaan utama dari gagal ginjal dengan sinfdrom nefrotik adalah mekanisme terjadinya penyakit. Pada kasus gagal ginjal, penyakitnya berkaitan dengan fungsi ginjal. Gagal ginjal adalah penyakit yang ditandai dengan penurunan fungsi ginjal sehingga ginjal tidka bisa berfungsi lagi. Baik itu penurunan fungsi yang mendadak (Gagal Ginjal Akut) maupun penurunan fungsi yang berangsur-angsur (Gagal Ginjal Kronis).

Sementara sindrom nefrotik sendiri adalah penyakit yang berkaitan dengan kerja organ ginjal, bukan fungsi organ ginjal. Dimana pada kasus sindrom nefrotik, yang bermasalah adalah pada bagian penyaringnya yang mengalami kebocoran. Kebocoran di sini bukan organ ginjal yang berlubang, melainkan pada penyaringnya, sehingga ada zat-zat yang ikut terbawa sebagai urine, padahal zat tersebut seharusnya tetap berada di dalam tubuh.

  1. Penyebab

Perbedaan gagal ginjal dengan sindrom nefrotik lainnya adalah dari penyebabnya. Penyebab gagal ginjal dibedakan menjadi dua, yaitu kronis dan akut. Penyebab gagal ginjal kronis kebanyakan adalah penyakit yang juga kronis, seperti diabetes dan hipertensi. Sementara penyebab gagal ginjal akut kebanyakan adalah dampak dari pendarahan atau penyakit lain yang meningkatkan risiko gagal ginjal akut.

Sedangkan Penyebab Sindrom Nefrotik Pada Anak seringkali adalah perubahan pada sistem kekebalan tubuh yang kebanyakan terjadi di usia anak-anak. Selain itu, sindrom nefrotik bisa juga disebabkan oleh adanya peradangan pada ginjal sehingga ginjal kesulitan menjalankan tugasnya secara normal.

  1. Pengobatan

Beda penyebab, beda juga pengobatan yang perlu dilakukan. Pengobatan gagal ginjal yang paling umum dilakukan adalah dengan melakukan proses cuci darah atau dialisis. Cuci darah bermanfaat untuk menggantikan fungsi ginjal. Cuci darah terutama dilakukan pada orang-orang dengan fungsi ginjal yang sudah tinggal 15% saja. Akan tetapi, cuci darah tidak bisa mengobati gagal ginjal, dan hanya mampu mencegah komplikasi dari gagal ginjal itu sendiri. Sementara jika ada orang yang ingin sembuh dari gagal ginjal, perlu melakukan translantasi ginjal.

Sponsors Link

Sedangkan pengobatan untuk sindrom nefrotik adalah dengan mengatasi penyebab ginjal bocor itu sendiri. Beberapa pengobatan yang bisa dilakukan agar Ginjal Bocor Bisa Disembuhkan adalah dengan menggunakan obat darah tinggi dan obat diuretik. Tujuannya adalah untuk meringankan gejala. Selain itu, sindrom nefrotik juga perlu diatasi dengan melakukan program diet yang cocok. Ketahui juga Pantangan Makanan Sindrom Nefrotik.

Demikianlah beberapa perbedaan gagal ginjal dengan sindrom nefrotik yang perlu diketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda. Jika muncul gejala-gejala yang berkaitan dengan gangguang fungsi ginjal, segera lakukan pemeriksaan yang tepat agar bisa segera mengatasinya.

Sponsors Link
>
, , , ,