Sponsors Link

4 Perbedaan Gagal Ginjal dan Batu Ginjal yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Penyakit ginjal memang ada beragam sesuai penyebabnya. Akan tetapi, gejala dari penyakit ginjal yang satu dengan penyakit ginjal lainnya memang mirip karena organ yang terserang memang sama. Misalnya gagal ginjal yang memiliki gejala yang mirip dengan batu ginjal. Walau mirip, keduanya berbeda. Berikut beberapa perbedaan gagal ginjal dan batu ginjal yang perlu diketahui.

ads
  1. Penyebab

Salah satu perbedaan gagal ginjal dan batu ginjal bisa dilihat dari penyebabnya. Gagal ginjal adalah penyakit yang dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kronis dan akut. Untuk Gagal Ginjal Akut sendiri biasanya terjadi akibat penyakit atau kondisi lain di tubuh pasien. Misalnya jika terjadi pendarahan yang parah sehingga ginjal gagal berfungsi. Sedangkan gagal ginjal kronis terjadi secara jangka panjang, dimana fungsi ginjal tidak bekerja akibat diabetes atau hipertensi.

Sedangkan batu ginjal adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya timbunan zat sisa di ginjal yang menumpuk terus menerus dan lama kelamaan mengeras membentuk batu atau kristal. Batu ginjal yang mengeras itu akan menyumbat sistem kemih sehingga menciptakan berbagai gangguan pada tubuh.

  1. Gejala

Walau memiliki gejala yang mirip, namun perbedaan gagal ginjal dan batu ginjal juga bisa dilihat dari gejala yang muncul. Pada gagal ginjal, pasien mungkin akan mengalami gejala:

  • Sulit konsentrasi
  • Edema atau pembengkakan
  • Sesak nafas
  • Mual dan muntah
  • Kulit semakin pucat
  • Gatal-gatal tanpa sebab
  • Perut membesar dan kencang

Sedangkan pada pasien batu ginjal, Gejala Awal Penyakit Batu Ginjal maupun gejala yang sudah cukup parah yang muncul sering kali antara lain:

  • Muncul rasa nyeri yang hebat di pinggang atau perut bagian bawah
  • Sulit buang air kecil atau anyang-anyangan
  • Rasa sakit ketika buang air
  • Mual dan muntah
  • Mungkin saja disertai dengan hematuria atau kencing berdarah

Itulah beberapa gejala dari gagal ginjal dan batu ginjal yag khas.

  1. Pengobatan

Perbedaan gagal ginjal dan batu ginjal berikutnya bisa dilihat dari pengobatannya. Pada pasien gagal ginjal akut, pengobatan dititikberatkan pada penanganan penyebabnya. Misalnya jika penyebabnya adalah pendarahan, maka penanganan akan dititikberatkan pada pendarahan itu sendiri. Sedangkan pada Gagal Ginjal Kronis, penanganan dilakukan untuk meringakan gejala dan juga mencegah kerusakan ginjal dan komplikasi. Penanganan gagal ginjal kronis yang umum diketahui adalah cuci darah.

Sponsors Link

Sedangkan untuk pasien yang menderita batu ginjal, tidak diperlukan Macam Macam Cuci Darah untuk mengatasinya. Pengobatan lebih dititikberatkan pada pengeluaran batu dari tubuh. Misalnya dengan minum sebanyak-banyaknya untuk mendorong batu keluar (jika ukuran kecil), atau dengan operasi pengangkatan batu ginjal (jika ukuran batu besar).

  1. Bahaya penyakit

Gagal ginjal akut masih bisa disembuhkan selama penyebab gagal ginjal itu sendiri sudah berhasil ditangani dengan baik. Namun sayangnya gagal ginjal kronis adalah penyakit jangka panjang sehingga tidak bisa disembuhkan. Sedangkan batu ginjal tentu bisa disembuhkan dengan metode penanganan yang tepat. Akan tetapi jika tidak segera diatasi dengan baik, Batu Ginjal Menyebabkan Gagal Ginjal sehingga harus segera ditangani.

Demikianlah beberapa perbedaan gagal ginjal dan batu ginjal yang perlu diketahui. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,