Sponsors Link

5 Perbedaan Fungsi Ginjal dan Hati yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Ada banyak sekali organ di dalam tubuh manusia. Beberapa di antaranya adalah organ penting yang harus dijaga kesehatannya. Ada organ-organ yang bertugas untuk membuang racun dari dalam tubuh, yaitu ginjal dan hati.

ads

Fisiologi Ginjal dan hati memang mirip, yaitu untuk membuang zat yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh dan juga zat-zat yang bersifat racun. Akan tetapi, walau fungsi utama dari kedua organ ini sama, tetap ada beberapa perbedaan fungsi ginjal dan hati yang perlu diketahui.

Perbedaan Ginjal dan Hati

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa penjelasan dari perbedaan tersebut.

  1. Bagian dari metabolisme tubuh

Salah satu perbedaan utama dari kedua organ tersebut adalah posisinya dalam metabolisme tubuh. Dimana organ ginjal memiliki fungsi utama sebagai sistem saluran kemih dan berada di Anatomi Saluran Kemih, yang bertugas untuk menyaring darah dari ginjal dan membuangnya sebagai urine. Fungsi utama ginjal adalah untuk proses terbentuknya urine pada manusia. Sementara itu, hati bukan termasuk dalam sistem saluran kemih. Walau Hubungan Ginjal dengan Hati memang cukup erat, ternyata hati termasuk dalam organ di saluran pencernaan.

  1. Jumlah organ

Perbedaan mendasar lainnya dari ginjal dan hati adalah jumlah organ. Sepeti yang diketahui bersama bawha ginjal berjumlah dua atau sepasang, yang terbagi antara ginjal kanan dan ginjal kiri. Sementara organ hati hanya berjumlah satu dan berada di rongga perut bagian kanan.

  1. Zat yang dihasilkan

Perbedaan fungsi ginjal dan hati lainnya adalah dari zat-zat yang dihasilkan. Dimana ginjal akan berperan dalam eksreki amonia, asam urat, air, urea, urichorme, zat besi anorganik, dan sebagainya sebagai satu bagian dari Proses Terbentuknya Urine. Kesemua itu adalah produk limbah yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.

Sementara itu, hati bisa menghasilkan pigmen empedu sebagai sisa-sisa metabolisme yang dilakukan hati, yaitu dari pemecahan hemoglobin.

  1. Fungsi detoksifikasi

Seperti yang dijelaskan di atas, ginjal dan hati sama-sama memiliki fungsi detoksifikasi atau mengeluarkan racun dan limbah dari dalam tubuh. Namun, ada perbedaan mendasar dari kedua organ ini dalam proses detoksifikasi. Dimana ginjal berperan dalam mengeluarkan limbah yang ada pada darah. Limbah itu seperti yang diuraikan di atas, bisa berupa amonia, urea, air, dan sebagainya.

Sedangkan hati, memiliki fungsi detoksifikasi yang lebih kuat, karena hati bisa mengeluarkan zat kimia yang berupa racun yang lebih berbahaya, seperti misalnya alkohol, nikotin, atau barbiturat. Walau keduanya berbeda, namun bisa dikatakan ginjal dan hati bekerja sama dalam proses pembuangan limbah dan racun dari tubuh.

Sponsors Link

  1. Fungsi penyimpanan

Perbedaan lain dari hati dan ginjal adalah fungsinya dalam menyimpan nutrisi. Dimana organ hati bisa menyimpan sejumlah lemak, glukosa, dan nutrisi lainnya. Hati juga akan melepaskan nutrisi tersebut jika tubuh membutuhkannya. Dengan kata lain, fungsi hati juga sebagai organ yang mengatur pasukan konstan molekul berbenergi bagi sel-sel tubuh. Sementara gijal, tidak memiliki fungsi penyimpanan yang dimaksud.

Demikianlah beberapa perbedaan fungsi ginjal dan hati yang perlu diketahui. Ketahui juga beberapa Perbedaan Ginjal Laki Laki dan Perempuan yang jarang diketahui sebagai organ ekskresi. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Anatomi