Sponsors Link

4 Perbedaan Batu Ginjal dengan Infeksi Saluran Kemih

Sponsors Link

Saluran kemih terdiri dari organ-organ yang berperan dalam proses terbentuknya urine pada manusia, mulai dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Organ-organ tersebut akan bekerja sama dalam pembuangan urine. Namun ada beberapa jenis gangguan atau penyakit yang bisa terjadi pada saluran kemih. Yang umum dibahas adalah batu ginjal dan Penyakit Infeksi Saluran Kemih.

ads

Pada dasarnya, kedua penyakit ini memang menyerang saluran kemih, dan seringkali menunjukkan gejala yang sama. Akan tetapi, keduanya berbeda dan perlu diketahui perbedaan batu ginjal dengan infeksi saluran kemih, yaitu sebagai berikut.

  1. Penyebab

Salah satu perbedaan mendasar dari infeksi saluran kemih dan Penyakit Batu Ginjal adalah penyebabnya. Penyebab utama dari batu ginjal adalah adanya endapan-endapan mineral dari proses penyaringan darah di ginjal. Endapan-endapan itu nantinya akan menumpuk seiring berjalanya waktu dan mengeras atau mengkritstal di dalam tubuh. Batu tersebut akan membuat berbagai masalah dan menciptakan berbagai gejala.

Sementara infeksi saluran kemih adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri di saluran kemih. Bakteri Penyebab Infeksi Saluran Kemih ini bisa muncul dari proses membersihkan kelamin yang tidak benar ketika buang air kecil maupun buang air besar. Sehingga bakteri bisa masuk dan menginfeksi di saluran kemih.

  1. Pengobatan

Karena penyebabnya berbeda, tentu saja perbedaan batu ginjal dengan infeksi saluran kemih dalam pengobatannya juga berbeda. Untuk batu ginjal, beberapa langkah pengobatan perlu dilakukan sesuai dengan ukuran batu ginjal yang ada di dalam tubuh. Jika ukurannya masih kecil dan masih dimungkinkan untuk keluar tanpa operasi, maka pasien akan direkomendasikan untuk mengonsumsi banyak air putih dengan tujuan untuk mendorong batu ginjal tersebut. Sedangkan untuk ukuran batu ginjal yang besar, jalan yang bisa dilakukan adalah operasi pengangkatan batu ginjal.

Sementara itu, karena penyebab infeksi saluran kemih adalah bakteri, maka pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan penggunaan antibiotik. Antibiotik ini perlu diketahui dari resep dokter dan tidak bisa dikonsumsi secara sembarangan. Infeksi Saluran Kemih Jika Tidak Diobati adalah bisa menyebabkan berbagai gejal serius, termasuk dapat menyebabkan batu ginjal.

  1. Faktor risiko

Perbedaan berikutnya dari batu ginjal dan infeksi saluran kemih adalah orang-orang yang memiliki risiko besar terkena penyakit tersebut. Dimana batu ginjal lebih rentan menyerang laki-laki, sementara infeksi saluran kemih lebih rentan menyerang wanita. Hal ini karena laki-laki biasanya memiliki risiko dehidrasi yang lebih tinggi daripada wanita, sehingga kekurangan cairan lebih berpotensi untuk menyebabkan batu ginjal. Sementara wanita memiliki anatomi uretra yang lebih pendek daripada laki-laki, sehingga memudahkan bakteri untuk masuk ke sana. Itu jugalah yang menjadikan Perbedaan Sistem Urin Pria dan Wanita.

Sponsors Link

  1. Pencegahan

Pencegahan untuk batu ginjal adalah dengan menjaga asupan cairan secara cukup setiap harinya. Selain itu, pola makan juga perlu dijaga agar tidak menyebabkan penumpukan material tertentu yang bisa berdampak pada batu ginjal. Sedangkan pencegahan untuk infeksi saluran kemih adalah dengan menjaga kebersihan organ intim dan melakukan pembersihan yang benar saat buang air kecil maupun besar.

Demikianlah beberapa perbedaan batu ginjal dengan infeksi saluran kemih yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,