Sponsors Link

3 Perbedaan Batu Ginjal dan Usus Buntu yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Penyakit Batu Ginjal merupakan salah satu gangguan pada ginjal dan saluran kemih. Batu ginjal tentu menunjukkan beberapa gejala. Salah satunya adalah munculnya rasa sakit di perut bagian bawah. Akan tetapi, gejala batu ginjal sering dikira penyakit lain, yang juga menunjukkan gejala yang serupa. Misalnya saja usus buntu. Sehingga tidak jarang banyak orang yang mengira batu ginjal adalah usus buntu, atau usus buntu sering dikira batu ginjal. Sebenarnya apa saja perbedaan batu ginjal dan usus buntu? Berikut penjelasannya.

ads
  1. Penyebab

Batu ginjal adalah penyakit di saluran kemih. Penyebab Ginjal Batu adalah mineral yang menumpuk di ginjal yang kemudian mengeras membentuk kristal. Batu ginjal kemudian sulit dikeluarkan dari tubuh, terutama jika ukurannya sudah cukup besar.

Sementara usus buntu sebenarnya adalah peradangan pada bagian apendiks dimana terdapat pembengkakan di sana. Pembengkakan pada usus buntu ini adalah penyakit yang cukup darurat dan harus segera dilakukan tindakan. Karena jika tidak, maka apendiks bisa menjadi pecah dan infeksi bisa menyebar ke bagian perut lainnya. Jika sudah demikiab, maka lapisan perut akan ikut mengalami peradangan sehingga akibatnya bisa sangat fatal.

  1. Gejala

Perbedaan batu ginjal dan usus buntu berikutnya adalah dari gejalanya. Walau terlihat mirip, bahkan sulit dibedakan, batu ginjal dan usus buntu memiliki gejala yang cukup berbeda. Berikut beberapa Ciri ciri Batu Ginjal Awal.

  • Adanya rasa sakit pada bagian belakang perut dan samping perut, terutama di area bawah tulang rusuk.
  • Adanya rasa sakit yang menyebar dari perut hingga ke area kemaluan.
  • Rasa sakit bisa jadi muncul seperti gelombang. Intensitas rasa sakit akan meningkat dari waktu ke waktu.
  • Gejala yang paling khas dari batu ginjal adalah adnaya rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu, gangguan sistem kemih lainnya akibat batu ginjal yang bisa diamati adalah perubahan terhadap warna urine, dan rasa anyang-anyangan.

Sementara itu, usus buntu memiliki gejala yang sedikit berbeda. Usus buntu juga menunjukkan gejala sakit di area perut. Namun saki perut usus buntu cukup khas, yaitu berada di bagian kanan bawah. Namun, di awal gejala, bisa jadi rasa sakit itu diulaibpada bagian atas perut dengan intensitas yang tidak parah. Lama kelamaan, sakitnya akan berpindag ke kanan bawah perut dan semakin lama semaki parah.

Gejala lain yang khas pada usus buntu adalah adanya pebengkakan di area perut, demam, kesulitan untuk buang angin, tidak nafsu makan, dan juga mual serts mutah. Untuk kasus yang parah, bisa jadi rasa sakitnyabmenjalar hingga ke anus.

Sponsors Link

  1. Penanganan

Penanganan dari batu ginjal dan usus buntu juga berbeda. Pada usus buntu, penanganan medis yang dilakukan adalah operasi usus buntu. Sementara untuk batu ginjal, penanganan lebih ditekankan pada ukuran batu ginjal itu sendiri. Jika ukurannya masih kecil, maka Cara Mengeluarkan Batu Ginjal Secara Alami bisa dilakukan yaitu dengan mendorongnya dengan konsumsi air putih yang banyak. Namun ada juga Ukuran Batu Ginjal yang Harus Dioperasi karena tidak bisa keluar secara alami.

Demikianlah beberapa perbedaan batu ginjal dan usus buntu yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi yang akurat.

Sponsors Link
>
, , ,