Sponsors Link

Perbedaan Batu Ginjal dan Batu Saluran Kemih yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Anatomi saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Semua organ tersebut berperan penting dalam proses terbentuknya urine pada manusia, sehingga limbah sisa pembuangan bisa dibuang secara sempurna dari tubuh. Akan tetapi, ada beberapa jenis penyakit saluran kemih yang bisa menyerang.

ads

Salah satu penyakit saluran kemih yang bisa terjadi adalah Penyakit Batu Ginjal. Penyakit ini mirip juga dengan batu saluran kemih. Namun pada dasarnya keduanya berbeda, walau kadang menunjukkan gejala yang sama. Lalu apa saja perbedaan batu ginjal dan batu saluran kemih? Berikut penjelasannya.

  1. Lokasi

Perbedaan pertama dari batu ginjal dengan batu saluran kemih bisa dilihat dari namanya, yang mana lokasi dari pembentukan batu itu sendiri sudah berbeda. Batu ginjal adalah material keras yang terbentuk di organ ginjal. Organ ginjal itu sendiri adalah organ yang tugasnya adalah untuk menyaring darah dan memisahkan limbah dengan darah sehingga limbah bisa menjadi urine.

Sedangkan Batu Saluran Kemih, seperti namanya, terbentuk di organ-organ saluran kemih selain ginjal. Batu saluran kemih bisa terbentuk di ureter (saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih), kandung kemih, atau bisa juga terbentuk di uretra (saluran yang menghubungkan kandung kemih dengan bagian luar tubuh).

  1. Proses terbentuknya

Perbedaan batu ginjal dan batu saluran kemih yang kedua sebagai dua Penyakit Sistem Kemih bisa dilihat dari proses terbentuknya. Seperti yang dijelaskan di atas, batu ginjal terbentuk di organ ginjal. Sehingga, batu ginjal ini terbentuk dari endapan sisa-sisa limbah dari darah yang tersaring oleh ginjal, namun tidak ikut dibuang menuju kandung kemih. Endapan zat sisa tersebut akan mengkristal atau mengeras seiring berjalannya waktu.

Sementara itu, batu saluran kemih terbentuk dengan mekanisme yang sedikit berbeda. Batu saluran kemih bisa terbentuk karena adanya sisa mineral atau endapan zat sisa yang ada di saluran kemih, bukan endapan dari sisa penyaringan darah di ginjal. Endapan mineral ini lama kelamaan juga akan mengeras membentuk kristal. Sehingga jadilah batu saluran kemih.

  1. Batu ginjal bisa menjadi batu saluran kemih

Kedua penyakit ini memang memiliki mekanisme yang mirip. Hanya saja proses terbentuknya batu sedikit berbeda. Sehingga Anda perlu mengetahui Bahaya Kurang Minum Air Putih agar tidak sampai terserang kedua penyakit ini.

Sponsors Link

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa batu ginjal bisa berpindah tempat dan menjadi batu saluran kemih. Hal ini terjadi jika batu ginjal lama kelamaan terdorong menuju saluran kemih, misalnya sampai di uretra atau kandung kemih, atau bahkan uretra. Batu ginjal yang sudah keluar dari ginjal bisa disebut juga sebagai batu saluran kemih, walau proses terbentuknya ada di ginjal.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai perbedaan batu ginjal dan batu saluran kemih yang perlu diketahui. Kedua penyakit ini bisa diatasi dengan cara yang tidak jauh berbeda. Namun penanganan perlu dilakukan sesuai dengan ukuran batu ginjal atau batu saluran kemih itu sendiri., karena ada Ukuran Batu Ginjal yang Harus Dioperasi dan tidak. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,