Sponsors Link

Perbedaan Batu Ginjal dan Batu Empedu yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Ada beberapa penyakit di dalam tubuh yang disebabkan oleh adanya sumbatan berupa batu atau kristal yang mengganggu kelancaran metabolisme tubuh. Penyakit yang umum terjadi dengan ciri tersebut adalah Penyakit Batu Ginjal dan batu empedu. Kedua penyakit ini bisa terjadi jika metabolisme tubuh tidak lancar.

ads

Ginjal sendiri merupakan organ yang bertugas untuk menyaring limbah dari darah. Sementara empedu bertugas untuk pencernaan lemak. Walau keduanya mirip, namun ada beberapa perbedaan batu ginjal dan batu empedu yang mendasar dan perlu diketahui. Berikut beberapa penjelasannya.

  1. Zat pembentuk

Salah satu perbedaan mendasar dari kedua penyakit ini adalah zat pembentuk batu itu sendiri. Zat pembentuk batu ginjal bisa dilihat dari Jenis Jenis Batu Ginjal, yang dapat berupa mineral asam urat, kalsium, maupun oksalat. Sedangkan material pembentuk batu empedu adalah endapan kolesterol yang berada di kanting-kantong empedu.

  1. Proses terbentuknya

Perbedaan batu ginjal dan batu empedu bisa dilihat dari proses terbentuknya atau Penyebab Ginjal Batu. Batu ginjal terbentuk jika tubuh kekurangan cairan sehingga proses penyaringan mineral tidak bisa dilakukan dengan normal. Akibatnya, mineral yang seharusnya bisa dibuang menjadi tertinggal di ginjal dan lama kelamaan membentuk gumpalan batu.

Sementara proses terbentuknya batu empedu sendiri terjadi jika terdapat bilirubin dan kolesterol di kanting empedu. Sehingga lama kelamaan mengeras dan membentuk batu empedu.

  1. Faktor risiko

Baik batu ginjal dan batu empedu sama-sama lebih rentan menyerang orang-orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas. Akan tetapi, batu ginjal akan lebih sering menyerang laki-laki. Sementara batu empedu lebih cenderung menyerang wanita.

  1. Gejala

Perbedaan lainnya bisa dilihat dari gejala yang muncul. Gejala Batu Ginjal Pada Pria maupun wanita sama-sama berhubungan dengan saluran kemih dan urine. Memang akan muncul rasa nyeri di area ginjal, seperti di area tulang rusuk atau di perut bagian bawah. Akan tetapi gejala spesifik akan terlihat berhubungan dengan urine dan saluran kemih, seperti adanya gejala perubahan pada warna urine, muncul rasa sakit saat buang air kecil, dan gejala lainnya yang khas dengan penyakit ginjal.

Sedangkan pada batu empedu, gejala yang berhubungan dengan urine tidak terjadi karena empedu tidak berhubungan langsung dengan urine. Hanya saja, akan muncul gejala sakit di perut bagian kanan atas. Selain itu, bisa juga muncul rasa sakit di bawah tulang dada, di punggung, dan di bahu sebelah kanan.

Sponsors Link

  1. Pengobatan

Pengobatan kedua penyakit ini juga berbeda. Pada penyakit batu ginjal, yang ukurannya masih kecil, dokter akan menyarankan untuk pasien mengonsumsi banyak air dengan tujuan untuk mendorong batu ginjal keluar dengan sendirinya. Akan tetapi jika ukurannya sudah besar, kemungkinan akan dilakukan operasi pengangkatan batu ginjal.

Akan tetapi, pada kasus batu empedu, pasien akan langsung dioperasi dengan tujuan untuk mengeluarkan batu empedu dan membersihkan kantung empedu.

Demikianlah beberapa penjelasan dari perbedaan batu ginjal dan batu empedu yang perlu diketahui. Ketahui juga beberapa Hubungan Empedu dengan Ginjal dalam proses metabolisme tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,