Sponsors Link

5 Perawatan Setelah Laser Batu Ginjal yang Benar

Sponsors Link

Salah satu penyakit yang bisa menyerang ginjal adalah penyakit batu ginjal. Seseorang dikatakan terkena batu ginjal ketika ditemukan adanya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Salah satu cara mengobati batu ginjal adalah dengan menjalani operasi laser. Laser batu ginjal adalah cara mengobati batu ginjal yang banyak dipilih pasien. Metode ini dinilai lebih aman daripada operasi batu ginjal. Tidak perlu pembedahan, batu ginjal dapat dihancurkan dengan sinar laser khusus yang disinarkan langsung ke lokasi dimana batu berada.

ads

Untuk batu ginjal yang masih kecil, hanya dengan sekali laser saja biasanya sudah bisa hancur dan luruh melalui urine. Namun jika ukuran batu ginjal sudah lebih besar, maka harus dipecah ke dalam ukuran yang lebih kecil lalu dihancurkan. Prosedur ini biasanya memerlukan beberapa kali tindakan hingga batu ginjal benar benar sembuh dan hilang.

Meski batu ginjal telah diobati, Anda tetap harus menjalani perawatan setelah laser batu ginjal untuk mengembalikan kondisi agar sehat seperti semula. Hal ini penting untuk meminimalkan efek samping setelah operasi laser batu ginjal yang mungkin terjadi.

1. Mengonsumsi Makanan yang Tepat

Laser batu ginjal memang tidak melibatkan pembedahan seperti operasi. Namun tetap saja, setelah selesai menjalaninya kondisi pasien tetap harus dirawat dengan baik. Susun menu makanan untuk penderita batu ginjal, yang meliputi makanan penghancur batu ginjal dan makanan pencuci ginjal. Dan meskipun pasien tidak menjalani operasi, ada baiknya menjauhi pantangan makanan setelah operasi batu ginjal.

Agar mendapatkan panduan yang lengkap, konsultasikan dengan ahli gizi. Makanan yang sehat akan membantu pemulihan pasien lebih cepat. Jika pasien salah memilih makanan, akan bisa membahayakan kondisinya yang masih belum stabil setelah menjalani laser batu ginjal. Itulah mengapa makanan tertentu bisa membuat kondisi pasien cepat kembali seperti sedia kala.

2. Meminum Obat yang Diberikan Dokter

Setelah batu ginjal berhasil dihancurkan melalui prosedur laser, pasien akan diberikan resep obat tertentu. Jenis dan dosis obat tentu disesuaikan dengan kondisi masing masing, apalagi jika pasien memiliki komplikasi penyakit lain yang lebih serius. Obat ini harus diminum secara rutin, tepat waktu, serta sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Meski banyak obat batu ginjal di apotek yang dijual bebas, jangan pernah meminumnya tanpa anjuran atau resep dokter. Salah kandungan obat akan membuat kondisi lebih parah. Selain itu, jika pasien ini menggunakan obat tradisional batu ginjal, pastikan dulu dengan dokter apakah kandungannya aman untuk tubuh.

3. Kontrol Secara Rutin

Setelah menjalani laser batu ginjal dan batu dinyatakan hilang, pasien tetap berada di dalam pengawasan dokter selama beberapa waktu. Sama halnya dengan perawatan pasca transplantasi ginjal, pasien laser ginjal harus tetap melakukan kontrol ke dokter secara rutin. Hal ini penting agar dokter mengetahui perkembangan pasien, apakah semakin membaik atau apakah ada batu lain yang muncul di dalam ginjal. Kontrol ini biasanya berlangsung selama beberapa bulan setelah laser dilakukan hingga dokter benar benar yakin kondisi pasien telah pulih dengan sempurna seperti sedia kala.

Taati jadwal kontrol yang telah diberikan oleh dokter. Kontrol rutin juga bisa mendeteksi penyakit lain selain batu ginjal yang mungkin muncul.

Sponsors Link

4. Beristirahat yang Cukup

Jika Anda ingin tahu bagaimana cara membersihkan ginjal tanpa obat yang paling ampuh, maka jawabannya adalah beristirahat dengan cukup. Tubuh yang kelelahan akan lebih mudah terkena penyakit, terlebih lagi apabila ditambah dengan berbagai macam kebiasaan buruk seperti suka begadang dan merokok.

Sediakan waktu cukup untuk beristirahat setiap hari, yaitu 7 hingga 8 jam. Istirahat cukup adalah cara merawat ginjal yang paling tepat. Saat beristirahat, sel sel di dalam tubuh akan mengalami regenerasi. Sel yang rusak akan digantikan dengan sel baru yang lebih sehat dan lebih kuat dalam melawan penyakit.

Sponsors Link

5. Tidak Melakukan Aktivitas yang Berat

Setelah selesai menjalani laser untuk menghancurkan batu ginjal, jangan gegabah dan tergesa gesa untuk beraktivitas dengan normal. Kondisi pasien harus tetap dipantau selama beberapa saat untuk memastikan bahwa kondisinya telah kembali seperti sedia kala. Oleh karena itu agar tubuh cepat pulih, pasien perlu banyak istirahat setidaknya 7 atau 8 jam per hari.

Jangan melakukan aktivitas yang berat terlebih dahulu. Kerja ginjal juga akan lebih berat jika pasien melakukan aktivitas yang berat. Aktivitas berat yang dimaksud disini bukan aktivitas berat secara fisik saja. Banyak muncul pertanyaan tentang bolehkah penderita batu ginjal merokok. Merokok tergolong ke dalam aktivitas berat karena memasukkan banyak racun ke dalam ginjal yang belum sembuh betul.

Itulah perawatan setelah laser batu ginjal yang wajib diketahui. Laser batu ginjal memang cara efektif untuk menyembuhkan batu ginjal tanpa operasi. Namun bukan berarti Anda bisa sembarangan dan lalai dalam menjaga kesehatan ginjal Anda. Lakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat, salah satunya adalah dengan menjauhi berbagai kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal seperti tidak berhenti merokok, minum minuman beralkohol, atau bahkan sering begadang sekalipun. Terapkan gaya hidup sehat demi melindungi ginjal Anda.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman