Sponsors Link

5 Perawatan Infeksi Ginjal yang Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Datangnya penyakit ginjal memang harus diwaspadai oleh setiap orang. Siapa saja bisa terkena penyakit ginjal, tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Ada banyak macam penyakit ginjal, salah satunya adalah infeksi ginjal. Infeksi ginjal terjadi ketika ada bakteri yang masuk ke ginjal kemudian berkembang di dalamnya. Bakteri ini mengganggu fungsi ginjal secara keseluruhan sehingga ginjal tidak bisa bekerja dengan baik.

ads

Infeksi ginjal bisa terjadi kedua sisi atau hanya infeksi ginjal kiri atau kanan. Penyakit ini juga bisa menyerang siapa saja, sehingga banyak ditemukan kasus infeksi ginjal pada ibu hamil dan  .

Jika ditangani dan diobati dengan baik, infeksi ginjal bisa sembuh total. Selain itu infeksi ginjal juga memerlukan perawatan tertentu agar cepat sembuh. Berikut perawatan infeksi ginjal yang harus dijalani seseorang agar kondisinya segera pulih.

  1. Diet Makanan yang Seimbang

Perawatan segala macam penyakit tentu harus disertai dengan konsumsi makanan yang sehat. Ada jenis makanan tertentu yang bisa membantu memulihkan kondisi seseorang yang terkena infeksi ginjal. Agar infeksi ginjal tidak menjadi semakin parah, hindari memakan pantangan makanan untuk infeksi ginjal yang tidak boleh dimakan.

Untuk membantu penyakit infeksi ginjal agar cepat sembuh dan penderita kembali sehat, konsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal. Makanan tersebut antara lain adalah yogurt dan semua produk fermentasi, aneka jenis buah berry, mentimun, biji kenari, serta buah buahan seperti pepaya, pisang, dan semangka.

Konsumsi juga berbagai makanan pencuci ginjal yang dianjurkan. Makanan ini bermanfaat untuk membantu membuang semua jenis kotoran yang ada di dalam ginjal, dengan demikian juga semakin meringankan kerja organ ginjal.

  1. Kontrol Berkala dan Rutin

Penderita infeksi ginjal harus selalu berada di bawah pengawasan dokter. Sekalipun sudah dinyatakan sembuh, pasien tetap harus dipantau untuk memastikan bahwa bakteri sudah benar benar hilang dan tidak berkembang lagi.

Dokter mampu mendiagnosa infeksi ginjal secara akurat, dan jika pasien menyadari sejak dini, maka infeksi dapat dicegah agar tidak menyebar semakin luas hingga mempengaruhi kesehatan organ tubuh yang lainnya.

Seperti halnya perawatan pasca transplantasi ginjal yang sangat diperlukan baik oleh pendonor maupun penerima donor ginjal, infeksi ginjal juga harus mendapatkan perawatan yang baik. Perawatan pertama tentu adalah semua upaya yang berkatian dengan menyembuhkan infeksi yang ada di ginjal.

Setelah infeksi berhasil disembuhkan, kontrol secara berkala pada dokter tetap harus dilakukan. Hal ini sangat penting untuk mengetahui apakah bakteri yang ada di dalam ginjal sudah benar benar hilang. Bakteri dalam ginjal jika tidak dipantau secara rutin bisa tumbuh lagi dan menyebabkan penyakit baru.

  1. Meminum Obat dari Dokter

Saat menerima perawatan dari dokter, bukan hanya kontrol secara rutin dan berkala saja yang diperlukan. Dokter pasti memberikan bermacam macam obat yang membantu menyembuhkan infeksi yang ada di dalam ginjal. Obat tersebut bisa berupa antibiotik yang bertujuan untuk membunuh semua jenis bakteri yang bersarang di dalam ginjal. Jika obat sudah habis, ada obat infeksi ginjal di apotik yang bisa dibeli dengan resep dokter.

Minum obat ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan agar bakteri dalam ginjal dapat segera dibasmi dan penyakit infeksi ginjal dapat segera disembuhkan.

Sponsors Link

  1. Menghindari Aktivitas yang Berat

Saat dalam masa penyembuhan, salah satu langkah perawatan infeksi ginjal yang harus dilakukan adalah menghindari segala macam aktivitas yang berat. Berbagai macam aktivitas berat tersebut misalnya adalah berolahraga atau melakukan aktivitas yang memerlukan banyak tenaga.

Jenis aktivitas berat lain yang tidak boleh dilakukan selama perawatan infeksi ginjal adalah merokok. Merokok menyebabkan banyak racun masuk ke dalam tubuh. Racun tersebut akan semakin memberatkan kerja ginjal karena racunnya akan menumpuk dan mengendap di dalam ginjal. Selain itu, hubungan merokok dengan gagal ginjal sangat erat karena salah satu penyebab gagal ginjal adalah merokok.

  1. Cukup Istirahat

Kunci menuju tubuh yang sehat adalah dengan istirahat yang cukup. Selama masa istirahat, kita memberi kesempatan untuk sel sel di dalam tubuh memperbaharui diri mereka. Sel yang lama dan telah rusak akan digantikan dengan hadirnya sel baru yang lebih sehat. Hindari begadang hingga larut malam dan kurang istirahat karena pengaruh kurang tidur terhadap ginjal sangat tidak baik. Begadang menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan melemah sehingga kita lebih mudah terkena berbagai macam penyakit.

Sponsors Link

Itulah berbagai macam perawatan infeksi ginjal yang perlu dilakukan. Infeksi memang penyakit yang harus diwaspadai dan segera diobati. Kita tidak tahu seberapa cepat bakteri bisa menyebar dari satu bagian ginjal ke bagian yang lain. Tidak hanya itu, bakteri ini bahkan bisa menyebar dan menginfeksi organ tubuh yang lain.

Agar ginjal tidak sampai terkena infeksi, lakukan berbagai cara merawat ginjal agar tetap sehat, yaitu dengan menghindari kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal. Perhatikan pula kebersihan sekitar, terutama saat mandi dan buang air. Bakteri penyebab infeksi ginjal bisa dengan mudah masuk melalui anus. Jangan memberi kesempatan untuk bakteri dan penyakit masuk ke dalam tubuh, karena jika ginjal sudah terkena penyakit akan sulit untuk memulihkan kondisinya seperti sedia kala.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Tips