Sponsors Link

Perawatan Hidronefrosis yang Benar Sesuai Anjuran Dokter

Sponsors Link

Setelah memahami tentang penyakit hidronefrosis, Anda pasti sudah tahu bahwa penyakit tersebut terjadi ketika terjadi penumpukan urine di dalam ginjal yang tidak bisa keluar melalui saluran kemih akibat saluran tersebut mengalami penyempitan. Penyakit ini bisa sembuh jika ditangani dengan baik dan tepat. Agar tidak terjadi komplikasi yang parah, perawatan hidronefrosis yang baik seperti di bawah ini juga harus dilakukan.

ads

Diet Makanan yang Tepat

Sama seperti diet gagal ginjal yang harus dijalani oleh pasien gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis, perawatan hidronefrosis juga harus dilakukan dengan memakan makanan yang boleh dimakan oleh penderita ginjal dan makanan untuk ginjal bengkak yang aman untuk dikonsumsi.

1. Bawang putih

Sebagai salah satu makanan sehat untuk ginjal, bawang putih tentu saja menjadi makanan wajib untuk perawatan hidronefrosis. Manfaat bawang putih adalah sebagai anti inflamasi yang bisa menyebabkan radang ginjal. Bawang putih mengandung kromium, mineral, protein dan karbohidrat yang bisa meningkatkan fungsi ginjal.

2. Paprika merah

Sayuran merah dengan rasa pedas ini juga mengandung nutrisi yang baik untuk ginjal. Antara lain adalah vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6. Manfaat paprika merah adalah sebagai makanan pencuci ginjal yang secara alami membersihkan ginjal dan mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh.

3. Buah berry

Jika Anda belum tahu tentang buah buahan yang baik untuk kesehatan ginjal, maka semua buah berry adalah jawabannya. Keluarga berry seperti strawberry, blueberry, cranberry, dan raspberry memiliki kandungan anti oksidan tinggi yang bisa menetralkan ginjal dari semua racun sekaligus menjaga kesehatan ginjal secara maksimal.

Menjauhi Pantangan Makanan Penyakit Ginjal Bengkak

Hidronefrosis adalah istilah lain untuk ginjal bengkak. Oleh karena itu selain memakan makanan yang bisa menyehatkan dan baik untuk ginjal bengkak, ada pula makanan yang menjadi pantangan dan harus dijauhi:

1. Nasi putih

Sumber karbohidrat yang satu ini adalah musuh utama bagi penderita hidronefrosis. Banyaknya asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan menaikkan kadar gula di dalam tubuh. Bagi penderita penyakit ginjal, kadar gula yang tinggi akan menyebabkan kerja ginjal lebih berat dan memicu banyak masalah pada organ lain. Resikonya akan lebih besar jika seseorang juga menderita diabetes. Inilah kenapa diabetes menyebabkan gagal ginjal.

2. Makanan kaleng dan frozen food

Tidak bisa dipungkiri bahwa memakan makanan kaleng adalah kenikmatan tersendiri. Apalagi jika Anda tidak mau repot dan ingin yang praktis saja. Makanan kaleng selain rasanya enak juga bisa disajikan dalam sekejap mata saja. Begitu pula dengan frozen food yang hanya tinggal digoreng dalam hitungan menit saja. Namun kedua jenis makanan ini mengandung pengawet yang sangat banyak dan tidak baik untuk kesehatan ginjal. Tinggalkan kedua jenis makanan ini jika Anda ingin tetap sehat.

3. Daging dan telur

Salah satu tanda tanda ginjal rusak adalah adanya busa yang ditemukan pada urine. Busa ini menunjukkan tingginya protein di dalam darah yang gagal disaring oleh ginjal. Sumber protein tinggi tersebut antara lain adalah daging merah, daging ayam, dan telur. Protein yang tinggi tidak baik untuk ginjal dan hanya akan memberatkan kerja ginjal. 

Sponsors Link

Menyembuhkan Sumber Penyebab Hidronefrosis

Seperti yang sudah dijelaskan, penyebab hidronefrosis adalah kondisi atau penyakit lain yang diderita seseorang. Hidronefrosis memang bukan penyakit yang bisa berdiri sendiri. Agar penyakit ini bisa sembuh, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menyembuhkan sumber penyebab hidronefrosis tersebut.

  1. Pada pasien dengan gagal ginjal kronis dimana ginjal rusak secara permanen, perlu dilakukan pengangkatan ginjal untuk bisa menyembuhkan hidronefrosis.
  2. Jika pasien menderita infeksi ginjal, baik infeksi ginjal kiri atau infeksi ginjal kanan, maka konsumsi obat antibiotik bisa meredakan infeksi tersebut.
  3. Untuk pasien yang menderita radang kandung kemih, maka sembuhkan peradangan dengan konsumsi obat yang diresepkan oleh dokter.
  4. Jika pasien mengalami penyempitan saluran kemih sehingga urine sulit keluar, cara terbaik adalah dengan memasang stent untuk melebarkan saluran kemih.
  5. Menghancurkan batu ginjal jika seseorang yang menderita hidronefrosis mempunyai penyakit batu ginjal dengan cara operasi atau melalui gelombang suara.
    Sponsors Link

Memeriksakan Diri ke Dokter

Langkah perawatan hidronefrosis yang tepat adalah dengan memeriksakan diri ke dokter secara rutin. Pastikan Anda memahami perkembangan penyakit Anda dan penyakit lain yang menyebabkan munculnya hidronefrosis. Jika ukuran ginjal yang membengkak semakin mengecil, maka pengobata dapat dikatakan berhasil.

Untuk Anda yang mengalami hidronefrosis karena kehamilan, periksalah ke dokter setelah Anda melahirkan bayi Anda. Jika ukuran ginjal telah kembali seperti semula, maka pembengkakan memang hanya terjadi karena ginjal tertekan oleh janin dalam kandungan saja. Tetapi jika ukuran ginjal tidak mengalami perubahan, lakukan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan kondisi Anda sebenarnya.

Perawatan hidronefrosis sebenarnya tidak sulit dilakukan. Iringi dengan konsumsi makanan yang bergizi untuk ginjal dan menerapkan gaya hidup sehat. Jauhi kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Karena organ ginjal tidak tergantikan fungsinya, jaga kesehatannya dengan baik sebelum terkena penyakit yang tidak diinginkan, ya!

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :