Sponsors Link

8 Perawatan Ginjal Bocor yang Benar dan Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Ginjal bocor yang dalam istilah medis disebut dengan sindrom nefrotik ini merupakan gangguan ginjal yang menyebabkan terlalu banyak protein terbuang bersama dengan urin yang juga sering ditemukan pada seseorang yang mengalami kerusakan pembuluh darah. Ginjal bocor yang tidak segera diatasi dengan baik bisa menimbulkan berbagai masalah lain yang lebih berbahaya.

ads

Ciri dari ginjal bocor diantaranya adalah urin yang berbusa, berat badan bertambah karena penumpukan cairan dalam tubuh, pembengkakan di beberapa area sepertu wajah, kaki dan tangan. Sedangkan untuk penyebab ginjal bocor pada orang dewasa dan anak anak sangatlah beragan namun kebanyakan karena gaya hidup yang tidak baik. Jika anda atau anggota keluarga anda memiliki masalah ini, maka perawatan ginjal bocor harus segera dilakukan agar tidak bertambah parah dan bisa disembuhkan.

  1. Mengkonsumsi Obat Penurun Kolesterol

Untuk perawatan ginjal bocor, dokter umumnya akan memberikan jenis obat penurun kolesterol atau dinamakan dengan statin yang berfungsi tidak hanya untuk menurunkan kadar kolesterol namun juga perawatan ginjal bocor sehingga komplikasi tidak terjadi. Beberapa obat penurun kolesterol atau statin yang bisa dikonsumsi diantaranya adalah pravastatin, simvastatin, fluvastatin, rosuvastatin dan juga atoravastatin.

  1. Obat Pengencer Darah

Fungsi utama dari obat pengencer darah memang untuk mencegah terjadinya pembekuan darah dan beberapa kondisi penyakit lain yang menjadi penyebab darah menggumpal. Obat pengencer darah atau antikoagulan seperti heparin dan warfarin ini juga bisa dikonsumsi untuk menghindari dampak buruk dari bahaya ginjal bocor namun sebaiknya dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

  1. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih memiliki kegunaan untuk menurunkan tekanan darah sekaligus mengatasi kolesterol. Namun dibalik itu, masih ada manfaat lain dari bawang putih yakni untuk perawatan penderita ginjal bocor. Untuk itu, mengkonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah atau dicampur dalam makanan sangat disarankan bagi penderita ginjal bocor.

  1. Kembang Kol

Kembang kol juga harus masuk dalam menu diet penderita ginjal bocor karena tinggi akan vitamin C yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ciri ciri ginjal bocor bisa diatasi dengan baik. Selain itu, mengkonsumsi kembang kol secara teratur baik dikukus, direbus atau dikonsumsi dalam keadaan mentah juga sangat baik dilakukan secara rutin untuk mengatasi masalah ginjal bocor.

  1. Obat Diuretik

Obat obatan diuretik yang juga sering disebut dengan water pills sering digunakan untuk mengatasi pembengkakan yang terjadi di tubuh. Fungsi obat ini nantinya juga bisa bekerja yakni dengan mengendalikan cairan yang dihasilkan dari ginjal. Untuk pengobatan ini mencakup furosemide dan juga spironolactone yang bisa anda konsultasikan dengan dokter untuk cara penggunaan yang paling tepat.

Sponsors Link

  1. Obat Penekan Sistem Kekebalan

Obat penekan sistem kekebalan tubuh ini akan bekerja secara khusus untuk merawat ginjal yang bocor. Obat yang ditujukan untuk mengendalikan daya tahan tubuh seperti kortikosteroid ini bisa dikonsumsi untuk mengatasi ginjal bocor namun penggunaannya sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter. Ginjal bocor yang sering disertai dengan peradangan akibat ginjal bocor ini juga bisa diturunkan risikonya dengan obat penekan sistem kekebalan yang harus dikonsumsi sesuai aturan dan tidak boleh berlebih.

  1. Obat Tekanan Darah

Beberapa jenis obat obatan tekanan darah juga bisa dikonsumsi untuk mengurangi jumlah protein yang terbuang bersama dengan urin dibalik khasiat utamanya yakni menjaga kestabilan tekanan darah. Beberapa obat tekanan darah yang bisa dikonsumsi diantaranya adalah benazepril, enalapril dan juga captopril. Selain itu, valsartan dan juga losartan yang merupakan angitensin II receptor juga bisa digunakan untuk mengatasi kondisi ginjal yang bocor.

Sponsors Link

  1. Paprika Merah

Paprika merah menjadi makanan baik yang bisa dikonsumsi untuk berbagai macam macam penyakit ginjal seperti salah satunya ginjal bocor. Dalam paprika merah mengandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin dan vitamin B6 serta beberapa mineral penting seperti serat, asam folat dan juga likopen yang merupakan sumber antioksidan. Untuk itu, pastikan anda memasukkan paprika merah ini dalam diet agar masalah ginjal bocor bisa diatasi

Perawatan ginjal bocor menjadi hal wajib yang harus dilakukan bagi setiap penderitanya dengan tujuan agar tidak menyebabkan berbagai komplikasi lain yang jauh lebih berbahaya sekaligus mengobati ginjal bocor tersebut secara alami. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar masalah ginjal bocor.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Tips