Sponsors Link

Perawatan Gagal Ginjal Kronis yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Gagal Ginjal Kronis adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Akan tetapi perawatan gagal ginjal kronis tetap diperlujan unruk memperlambat kerusakan ginjal dan mencegah komplikasi yang mengancam. Perawatan penyakit ini sendiri perlu disesuaikan sesuai stadium atau tingkat keparahan gagal ginjal dan perlu dilakukan sesuai petunjuk dokter. Berikut beberapa perawatan yang bisa dilakukan.

ads
  1. Menjaga tekanan darah

Salah satu hal yang menyebabkan gagal ginjal atau memperburuk kerusakan pada pasien gagal ginjal adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Karena memang Hubungan Gagal Ginjal Kronis dengan Hipertensi sangat erat. Sehingga, untuk menghambat kerusakan fungsi ginjal, menjaga tekanan darah agar tetap seimbang tetap diperlukan. Beberapa cara yang bisa dilakukan adlaah dengan mengurangi berat badan dan mengurangi konsumsi garam. Selain itu, jika diperlukan mungkin akan direkomendasikan untuk mengonsumsi obat antihipertensi.

  1. Perubahan pola hidup

Perawatan gagal ginjal kronis lainnya adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Beberapa cara yang perlu dilakukan antara lain sebagai berikut.

  • Olahraga
  • Tidak merokok, karena Pengaruh Rokok bagi Ginjal bisa memperparah kondisi
  • Tidak minum minuman keras
  • Melakukan diet sesuai rekomendasi dokter
  • Menghindari obat anti inflamasi non steroid (kecuali direkomendasikan dokter)
  1. Keseimbangan fosfat

Pada gagal ginjal, fosfat akan menumpuk di tubuh sehingga perlu untuk dikurangi. Caranya adalah dengan mengurangi konsumai fosfat yang biasa ada pada ikan, daging, dan produk olahan susu. Selain itu obat-obatan pengikat fosfat juga biasanya direkomendasikan, terutama pada gagal ginjal yang sudah memasuki stadium akhir.

  1. Mengurangi kadar kolesterol

Selain darah tinggi, faktor risiko dari gagal ginjal kronis adalah kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah. Sehingga salah satu perawatan gagal ginjal kronis adalah dengan mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain tinggi risiko dalam gagal ginjal, kolesterol bisa juga meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Maka dari itu Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Ginjal perlu diketahui agar tidak salah dalam menentukan pola makan.

  1. Mengurangi penumpukan cairan

Perawatan lainnya dari gagal ginjal kronis adalah mengurangi penumpukan cairan dalam tubuh. Penumpukan cairan disebut juga sebagai edema. Edema bisa dikurangi dengan membataai konsumsi cairan, sehingga pasien gagal ginjal tidak direkomendasikan untuk minum terlalu banyak. Selain itu obat diuretik juga bisa direkomendasikan untuk mengurangi pembengkakan.

  1. Mengatasi anemia

Anemia juga merupakan salah satu gejala umum dari gagal ginjal kronis karena Hubungan Anemia dengan Ginjal juga sangat erat. Anemia perlu diatasi misalnya dengan mengonsumsi suplemen yang tinggi zat besi dan vitamin D.

Sponsors Link

  1. Cuci darah

Cuci darah perlu dilakukan untuk membantu mengurangi limbah yang menumpuk pada tubuh akibat tidak berfungsinya organ ginjal sebagai organ ekskresi. Cuci darah pada gagal ginjal kronis dilakukan sesuai dengan jadwal yang seharusnya. Cuci darah memang tidak bisa menyembuhkan gagal ginjal, namun perlu dilakukan, walau harus seumur hidup. Atau setidaknya selama menunggu transplantasi ginjal dilaksanakan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai perawatan gagal ginjal kronis yang perlu dilakukan untuk menghambat kerusakan ginjal dan mencegah komplikasi gagal ginjal. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan