Sponsors Link

Jangan Panik, Ini Dia 4 Makanan Penyebab Warna Urine Berubah

Sponsors Link

Jika anda perhatikan, mungkin di beberapa waktu warna urine anda tidak terlihat seperti warna urine biasa. Hal ini bisa saja terjadi karena siklus menstruasi pada wanita, beberapa jenis obat obatan atau disebabkan karena kondisi kesehatan tertentu. Jika anda memang mengalami perubahan pada warna urine, sebenarnya hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena normal terjadi. Selain karena beberapa faktor perbedaan warna urine tersebut, penyebab warna urine berubah juga bisa terjadi karena beberapa jenis makanan tertentu. Apa sajakah makanan tersebut?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

ads

Makanan Penyebab Warna Urine Berubah

Umumnya, warna urine sehat dan normal adalah kuning cerah, kuning pucat dan juga bisa berubah menjadi kuning gelap, urin berwarna merah dan juga kecoklatan. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor seperti dehidrasi, mengkonsumsi makanan tertentu dan juga obat obatan.

Pada dasarnya urine mengandung air dan limbah yang dihasilkan dalam proses metabolisme. Limbah yang larut dalam air yang ada dalam urine diantaranya adalah urea, kreatinin dan juga asam urat. Beberapa hormon, enzim dan juga garam mineral juga terkandung dalam urine. Ada beberapa makanan penyebab warna urine berubah yang harus anda ketahui sehingga tidak sampai membuat anda menjadi panik. Beberapa makanan tersebut adalah:

  1. Asparagus Penyebab Urin Berwarna Hijau

Asparagus adalah salah satu jenis sayur yang biasanya diolah menjadi sup atau teman makan steak. Dalam asparagus ini mengandung asam asparagusic dimana senyawa ini akan terpecah menjadi kelompok senyawa sulfur ketika dikonsumsi. Sulfur sendiri merupakan senyawa yang ada dalam gas seperti yang juga akan disemprotkan hewan sigung ketika sedang terancam. Beberapa senyawa tersebut yang nantinya akan bercampur bersama urin sehingga air kencing anda akan berubah menjadi kuning gelap hingga kehijauan dalam proses terbentuknya urine. Tidak hanya itu, namun mengkonsumsi asparagus juga bisa membuat bau urine menyengat sekaligus berbau tidak sedap.

  1. Ikan Salmon Penyebab Urin Berwarna Kuning

Dalam ikan salmon mengandung vitamin B6 yang bisa membantu tubuh dalam proses sintesis lemak dan protein. Vitamin B6 ini memang sangat dibutuhkan oleh tubuh akan tetapi juga memiliki efek untuk saluran kemih. Jika anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 seperti salmon, maka urine berwarna kuning akan terjadi dan bau urin juga seperti bau obat.

  1. Buah Naga Penyebab Urin Berwarna Pink

Apabila anda baru saja mengkonsumsi buah naga, maka jangan langsung panik jika anda melihat urin berwarna merah atau sedikit pink. Urin dan juga feses memang akan berubah menjadi kemerahan karena efek dari buah naga tersebut. Dalam buah naga mengandung pigmen betahiasin yang biasanya juga digunakan sebagai pewarna makanan alami. Ketika anda mengkonsumsi buah naga, maka urin otomatis akan berubah menjadi kemerahan yang disebut dengan pseudohematuria atau pipis merah palsu yang juga akan terjadi ketika anda mengkonsumsi bit dan juga blackberry. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan sebab warna urin nantinya bisa normal kembali tanpa pengobatan apapun juga. 

Sponsors Link

  1. Wortel Penyebab Urin Berwarna Oranye

Semua orang yang menjalani pola hidup sehat dan senang minum jus sayuran tentunya sudah sangat sering mengkonsumsi wortel khususnya dengan cara dijus. Ketika kebiasaan ini anda lakukan, maka urin juga akan berubah menjadi oranye akibat minum jus wortel atau terlalu banyak mengkonsumsi wortel seperti ketika anda makan asparagus yang menjadi penyebab urine berwarna hijau. Hal ini disebabkan karena betakaroten dalam wortel bisa membuat warna urin menjadi kuning gelap hingga oranye namun sebenarnya bukan sesuatu yang berbahaya dan normal terjadi.

Demikian ulasan singkat dari kami tentang makanan yang bisa menjadi penyebab warna urine berubah dan tidak perlu dikhawatirkan karena hal tersebut terjadi karena kandungan dan senyawa yang ada dalam makanan yang anda konsumsi tersebut. Akan tetapi jika warna urin anda tetap berubah namun anda juga tidak mengkonsumsi salah satu makanan yang sudah disebutkan, maka ini sebaiknya diwaspadai dan sesegera mungkin diperiksakan ke dokter untuk melakukan tes urine penyakit ginjal karena menjadi pertanda jika ada penyakit yang sedang anda alami seperti gangguan ginjal, masalah kandung kemih atau penyakit organ tubuh lainnya.

Sponsors Link
>
, , , ,