Sponsors Link

Penyebab Sindrom Alport – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Penyakit ginjal bisa mengenai atau menyerang siapapun dimanapun dan berbagai usia dari kecil hingga dewasa. Saat ini di Indonesia kasus penyakit ginjal terus meningkat sepajang tahunnya. Selain itu penyakit ginjal juga mempunyai berbagai jenis dan macam . Macam-macam penyakit ginjal antara lain Nefritis , ginjal kronis , ginjal rusak , sindrom alport dan lain sebagainya. Penyakit-penyakit ginjal tersebut akan mengakibatkan seseorang memiliki beberapa masalah yang akan timbul seperti masalah pada tubuhnya , selain itu uga akan menyebabkan tergganggunya seseorang melakukan aktivitas.

ads

Lalu bagaimana penjelasan mengenai sindrom alport,penyebabnya serta bagaimana cara mengatasi sindrom tersebut. Berikut mengenai penjelasan lebih lanjut.

Penyebab Sindrom Alport

Sebelum mengetahui apa saja penyebab dari sindrom alport ini , maka kita juga perlu mengetahui apasih sindrom alport itu sendiri. Pengertian dari Sindrom Alport adalah sebuah kondisi yang diturunkan atau merupakan kondisi warisan yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit ginjal. Saat seseorang terkena sindrom alport ini maka kan menyebabkan semakin buruknya fungsi ginjal.  Bisanya juga penyakit ini juga akan terus berkembang saaat masa kanak-kanak hingga dewasa anak saat seseorang terkena sindrom alport. Sindrom alport juga merupakan sindrom yang terdiri dari glomerunefritis, gangguan ginjal tahap akhir, gangguan penglihatan serta gangguan pendengaran. Gejala umum yang akan timbul pada sindrom alport ini adalah terdapatnya darah dan protein kronis dalam urin.

Selain itu pada sindrom alport juga dapat menimbulkan gejala antara lain hematuria , serta disertai dengan hipertensi. Sindroma Alport ini selain disebabkan keturunan juga disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa hal seseorang terkena sindrom alport :

1. Keturunan

Penyakit keturunan merupakan penyakit yang diwariskan dari orang tua. Dimana apabila kedua orang tuanya memiliki suatu penyakit maka akan beresiko lebih tinggi anaknya akan mempunyai penyakit yang sama. Sindrom alport merupakan salah satu penyakit ginjal yang dapat terjadi kepada seseorang melalui mutasi gen. Mutasi gen ini berarti adanya warisan orangtuanya.

Hal tersebut tidak dapat dicegah , karena apapun yang dikarenakan keturunan tidak dapat kita cegah. Yang dapat dilakukan yaitu mengatasi atau mengobati serta meminimalisir tanda dan gejala penyakit yang diderita karena keturunan. Sayuran untuk pembersih ginjal dapat kita konsumsi untuk meminimalisir seseorang cepat terserang sindroma alport ini , dengan kata lain memperlambatnya.

2. Nephritis atau Nefritis

Nefritis merupakan salah satu penyebab dari sindrom alport. Nefritis itu sendiri yaitu suatu penyakit yang ditandai dengan adanya peradangan pada ginjal. Nefritis selain ditemukan di ginjal , ternyata juga dapat ditemukan pada kondisi jantung. Nefritis akan menyebabkan ginjal mengalami kegagalan fungsi sehingga menyebabkan komponen organ lain didalam tubuh juga terganggu. Jadi nefritis ini akan meningkatkan resiko terjadinya sindroma alport kepada seseorang.

3. Kehilangan Pendengaran sebelum usia 30

Belum ada penelitian lebih lanjut mengenai kehilangan pendengaran sebelum usia 30 dapat menyebabkan sindrom alport ini. Akan tetepai pada jehidupan nyatanya seseorang yang mengalai kehilangan pendengaran ini akan jauh lebih tinggi terkena sindroma alport. Mungkin saja terdapat efek dari kehilangan pendengaran pada ginjal, hal tersebutlah yang membuat asumsi bahwa kehilangan pendengaran akan mengakibatkan sindrom ini. Meskipun demikian kehilangan pendengaran akan mengakibatkan seseorang kesulitan dalam melakukan segala aktivitasnya terutama terkait dengan aktivitas ang melibatkan komunikasi.

Sponsors Link

Dari penyebab tersebut , maka sindroma alport juga akan membuat tubuh berespon dan menampakkan gejala-gejala. Biasanya seseorang yang terkena sindrom alport ini akan ditemukan kandungan darah didalam urin atau yang biasa kita sebut dengan hematuria. Selain mengandung terdapat kandungan darah juga sering ditemukan kandungan protein, sel darah putih maupun cast (gumpalan-gumpalan kecil) didalam urin. Lalu untuk mengatasi hal tersebut kita dapat melakukan beberapa pengobatan. Cara mengobati ginjal bermasalah pun juga berbeda-beda tergantung jenis penyakit ginjal yang dialaminya.

ads

Cara Mengatasi Sindrom Alport

Setiap penyakit mempunyai cara untuk mengatasi berbeda-beda. Tergantung jenis dan tingkat keparahannya. Rata-rata penyakit ginjal mempunyai prosedur pelaksanaan pengobatan yang sama,hanya saja ada beberapa penyakit jenia ginjal yang tidak melakukan beberapa treatment tertentu karena masalah  penyakitnya belum parah. Sindroma alport merupakan penyakit keturunan, makapada pengobatannya pada dasarnya bertujuan untuk menyembuhkannya bukan untuk mencegah.Selain itu pengobatan yang dilakukan harus dapat mengatasi atau meminimalisir gejala-gejala yang ditimbulkan.  Pada sindroma alport ini hal yang dapat dilakukan antara lain :

  • Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Kondisi tekanan darah tinggi akan memperburuk kondisiginjal dan kondisi organ lainnya. Saat tekanan darah tinggi akan beresiko membuat pmbuluh darah pecah. Apabila pembuluh darah pecah maka akan mengakibatkan fungsi ginjal untuk menyaring darah pun terganggu.Selain itu juga pembuluh darah pecah ini dapat mengakibatkan gangguan organ lainnya seperti organ jantung dan hati. Hubungan gagal ginjal dan hipertensi memang sangat berpengaruh pada kondisi ginjal. Maka dari itu kita sangat dianjurkan untuk menjaga keseimbangan tekanan darah didalam tubuh.

  • Tanamkan Pola Hidup Sehat

Kesehatan merupakan kebutuhan utama pada manusi. Dimana apabila kita mempunyai tubuh yang sehat oomatis akan terhindar dari penyakit. Beberapa penyakit keturunan pun apabila kita idup sehat maka akan mengurangi tanda dan gejala dari penyakit keturunan tersebut. Contoh penyakit akibat keturunan yaitu sindrom alport. Maka menananmkan pola hidup sehat ini sangat dianjurkan sekali untuk mengatasi atau meminimalisir tanda dan gejala pada sindrom alport. Makanan yang baik untuk ginjal juga dapat kita erapkan dalam pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan ginjal.

  • Cuci Darah

Cuci darah ini dilakukan apabila penyakit ginjal yang diderita sudah tergolong pada stadium akhir. Dimana pada stadium akhir ini ginjal tidak mampu melakukan fungsi yaitu membuang atau menyaring kooran atau limbah yang terdapat pada darah. Maka cuci darah harus dilakukan secara rutin sesuai dengan anjuran dokter. Efek setelah cuci darah pada seseorang juga berbeda-beda tergantung pada kondisi orang tersebut.

  • Operasi Mata

Salah satu dampak adanya sindrom alport pada mata yaitu dapat mengalami kebutaan. Maka operasi mata ini akan ditindak lanjuti apabila sesuai dengan anuran dokter. Karena pada dasarnya selain kelainan ginjal adanya sindroma alport ini akan mempengaruhi beberapa indra di tubuh , seperti mata dan telinga.

Adanya sindroma alport tersebut ternyata menyababkan seseorang mengalami berbagai disfungsi pada tubuh. Dianjurkan untuk selalu menaga pola hidup secara sehat, serta lakukan olahragga teratur agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sponsors Link
>
, , ,